Pengertian Etika: Ciri, Fungsi, Manfaat, Jenis

Posted on

Pengertian Etika – Pada artikel ini akan membahas mengenai Pengertian Etika menurut Ahli, Ciri, Fungsi, Manfaat dan jenis-jenis etika serta perbedaan etika dan etiket.

pengertian etika

Pengertian Etika Secara Umum

Apa yang kita maksud dengan etika ? Memahami etika adalah norma atau aturan dalam kehidupan yang berfungsi sebagai panduan untuk berperilaku dalam masyarakat bagi seseorang yang terkait dengan sifat baik dan buruk.

Etika berawal ketika manusia sendiri merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat secara spontan. Kebutuhan akan refleksi akan dirasakan oleh kita jika pendapat  kita tidak jarang berbeda dari pendapat orang lain. Untuk alasan ini, etika diperlukan, yaitu untuk mengetahui apa yang harus dilakukan manusia dalam masyarakat.

Tetapi tidak seperti ilmu lain yang juga meneliti perilaku manusia, etika memiliki perspektif normatif. Faktanya adalah bahwa etika dilihat dari sudut pandang yang baik dan buruk pada tindakan dan perilaku manusia. Salah satu tujuan etika adalah untuk memperoleh konsep yang sama dalam mengevaluasi perilaku baik dan buruk manusia dalam waktu dan ruang tertentu.

 

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Selain pengertian etika secara umum seperti yang telah kita bahas diatas ada sudut pandang dari beberapa para ahli dan pakar dalam mendefinisikan apa pengertian etika yang akan diulas dibawah ini :

  • Menurut H. Burhanudin Salam.

    Etika adalah ilmu filsafat di mana berbicara tentang nilai dan moral serta norma yang dapat menentukan perilaku manusia dalam kehidupan seseorang.

  • Menurut H. A. Mustafa.

    Etika yang dijelaskan menurut mustafa adalah ilmu yang mempelajari perilaku seseorang baik dan buruk dengan memperhatikan tindakan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri dengan pikiran dan cara berpikir mereka.

  • Menurut W.J.S Poerwadarminto.

    Memahami etika adalah tentang suatu sikap atau tindakan manusia yang dapat dilihat langsung dari sisi baik dan sisi buruk karena dapat ditentukan oleh akal dan pikiran manusia.

  • Menurut DR. James J. Spillane SJ.

    Menurut James, memahami etika adalah cara untuk mempelajari perilaku manusia dengan membuat keputusan yang berkaitan dengan moralitas manusia.

 

Ciri-Ciri Etika

Terdapat beberapa karakteristik etika yang dapat membedakannya dengan norma-norma lainnya. Adapun ciri-ciri etika adalah sebagai berikut:

  • Etika tetap berlaku walaupun tidak ada orang lain yang menyaksikannya.
  • Etika sifatnya itu absolut atau mutlak.
  • Didalam etika terdapat cara pandang dari sisi batiniah manusia itu.
  • Etika sangat terkait dengan perbuatan serta perilaku pada manusia itu sendiri.

 

Fungsi Etika

Berikut ini ada tiga fungsi utama dari etika, sebagai berikut :

  1. Tempat untuk mendapatkan suatu orientasi kritis yang berhadapan di berbagai suatu moralitas yang membingungkan.
  2. Dapat menunjukan keterampilan intelktual  yaitu  suatu keterampilan untuk berargumentasi secara rasional serta sangat kritis.
  3. Untuk Orientasi etis ini diperlukan didalam mengambil suatu sikap yang wajar didalam suasana pluralisme.

 

Manfaat Etika

Manfaat dari Etika itu sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Dapat membantu pendirian kita dalam berbagai macam pandangan dan moral itu untuk menentukan keputusan.
  2. Dapat membedakan mana yang tidak diperbolehkan dirubah dan yang mana yang diperbolehkan dirubah.
  3. Dapat menyelesaikan banyak masalah moralitas ataupun suatu nilai sosial lainnya yang membingungkan suatu masyarakat dengan suatu pemikiran yang sistematis dan kritis.
  4. Dapat memakai nalar sebagai dasar acuan bukan dengan menggunakan  perasaan yang dapat bisa merugikan banyak orang , yaitu berpikir serta bekerja secara sistematis langkah demi langkah.
  5. Mengetahui suatu masalah sampai dengan akar permasalahanya tidak karena ingin hanya sekedar ingin tahu tanpa memperdulikan permasalahan yang terjadi.

 

Jenis-Jenis Etika

 Jenis-jenis dari etika adalah sebagai berikut: 

  • Etika Filosofis

    Etika filosofis adalah etika yang dapat menguraikan pokok-pokok dari etika atau moral yang dilakukan oleh manusia tersebut.

  • Etika Teologis

    Etika teologis adalah etika yang mengajarkan nilai atau norma yang baik maupun yang buruk berdasarkan agama ataupun ada istiadat.

 

Perbedaan Etika Dan Etiket.

 Etiket merupakan suatu sikap seperti sopan santun ataupun aturan lainnya yang mengatur hubungan antar kelompok manusia yang beradab dalam suatu pergaulan.

  • Etika adalah niat, perbuatan boleh atau tidak sesuai pertimbangan niat yang baik ataupun yang buruk sebagai akibatnya.
  • Etiket adalah cara melakukan suatu perbuatan yang benar sesuai dengan yang diharapkan
  • Etika adalah nurani (bathiniah), sikap etis dan baik yang timbul dari kesadaran diri manusia itu sendiri.
  • Etiket merupakan formalitas (lahiriah), sikap yang tampak sopan dan santun
  • Etika bersifat absolut, pujian untuk suatu kebaikan sanksi bagi kesalahan yang diperbuat.
  • Etiket mempunyai sifat yang relatif, dianggap tidak sopan pada kebudayaan tertentu akan tetapi belum tentu  berlakunya etika tersebut tidak tergantung pada ada ataupuntidaknya orang lain yang hadir
  • Etiket hanya berlaku jika ada orang lain yang hadir dan jika tidak ada orang lain maka etiket itu tidak akan berlaku ditempat lainnya.

 

Contoh Perbedaan Etika dan Etiket

Etiket :

  • Menyangkut cara perbuatan sesuatu yang akan dilakukan, misal ; memberi ataupun menerima dengan tangan kanan.
  • Berlaku dalam pergaulan, jika tidak ada orang lain tidak ada etiket
  • bersifat relatif

Etika :

  • Tidak terbatas cara yang akan dilakukan namun norma tentang pelaku itu sendiri, misal ; dengan tangan kanan atau kiri bila digunakan untuk mencuri tetap lah salah.
  • Tidak tergantung pada ada atau tidaknya orang lain
  • Bersifat absolut

Demikianlah artikel lengkap mengenai Pengertian Etika. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya ya.

Baca Juga:

 

(Visited 251 times, 2 visits today)
Baca Juga :  Pengertian Cerita Rakyat