Pengertian Kutipan

Posted on

Pengertian Kutipan – Halo sobat semua, kali ini dosenpintar.com akan membahas artikel mengenai Pengertian Kutipan, Fungsi, Tujuan, serta Manfaatnya. Pada penulisan sebelumnya juga pernah kita bahas bagimana penulisan saran dalam makalah beserta unsur beserta contohnya. Karena itu daripada sobat semua penasaran, yuk langsung aja simak artikel berikut.

pengertian kutipan

Pengertian Kutipan Secara Umum

Secara umum kutipan diartikan sebagai kalimat pinjaman dari seorang pengarang atau seorang tokoh terkenal yang terdapat didalam buku, surat kabar, majalah, maupun di media elektronik. Sementara pengertian dari kutipan sendiri yaitu pengulangan suatu kalimat terkenal  yang ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip.

Pengertian Kutipan Menurut Ahli

Menurut Keraf kutipan merupakan bagian dari suatu pernyataan maupun pendapat yang telah terdokumentasi. Kutipan dilakukan apabila penulis sudah memperoleh sebuah kerangka berpikir yang mantap. Meskipun kutipan dari seorang ahli itu diperkenankan, bukan berarti bahwa keseluruhan dari tulisan tersebut terdiri dari kutipan-kutipan. Sebuah kutipan hanya berfungsi sebagai bahan bukti untuk menunjang pendapat penulis.

Fungsi Kutipan

Fungsi dari suatu kutipan yaitu :

  • Sebagai landasan teori
  • Penguat bagi pendapat penulis
  • Penjelasan bagi suatu uraian
  • Bahan bukti untuk menunjang pendapat tersebut

 

Tujuan Kutipan

Kutipan selalu ada didalam suatu karya ilmiah, seperti dalam artikel, karya tulis, skripsi, maupun tesis. Sebab kutipan bertujuan sebagai pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Jadi penulis suatu karya ilmiah tidak perlu menghabiskan waktunya untuk menyelidiki hal yang telah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain, mereka cukup mengutip karya dari penulis lain tersebut.

Baca Juga :  Kumpulan Ucapan Idul Fitri 1441 H - Lengkap 2020

Manfaat Kutipan

Adapun manfaat dari suatu kutipan yaitu :

  • Menunjukkan mutu ilmih yang lebih baik.
  • Menampilkan ketelitian secara lebih tepat serta akurat.
  • Memudahkan dalam evaluasi penggunaan dari sumber dana.
  • Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
  • Mencegah terjadinya perulangan dalam  penulisan daftar pustaka.
  • Menaikan mutu estetika sebuah penyusunan penulisan.
  • Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.

 

Macam – Macam Kutipan

Terdapat tiga jenis kutipan, ketiga jenis kutipan tersebut antaralain :

Kutipan Tidak Langsung

Jenis yang pertama yaitu kutipan tidak langsung. Kutipan ini digunakan oleh penulis dengan mengambil pikiran/ide/gagasan orang lain, yang kemudian disampaikan dalam sebuah karya tulis dengan kalimat si penulis sendiri yang terkait dengan kutipan tersebut. Atau dapat dikatakan bahwa penulis tersebut tidak menulisnya dengan sama persis mengenai tulisan/kalimat yang ia kutip.

Kutipan Langsung

Selanjutnya ada kutipan langsung. Jenis kutipan ini dilakukan dengan cara menulis kembali pikiran/pendapat/ide orang lain sama persis dengan aslinya. Dengan kata lain si penulis mengcopas (copy paste) tulisan/kalimat tanpa merubahan kalimat aslinya tanpa menambah ataupun mengurangi tulisan/kalimat tersebut.

Kutipan Langsung Singkat

Dan jenis yang terakhir dilakukan oleh penulis dengan cara mengutip sumber bacaan  dengan jumlah kurang dari 4 baris, yang mana teks yang penulis kutip tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tulisannya sebagai kelanjutan tulisan (bukan paragraf baru) dengan menggunakan tanda kutipan (koma dua) di bagian atas kalimat yang dikutip. Kutipan langsung singkat ditulis menjadi satu didalam sebuah paragraf karya tulis. Tanda petik yang digunakan berfungsi untuk memisahkan kalimat kutipan dengan kalimat penulis, dimana sumber dari kutipan ditulis dekat dengan kalimat yang penulis kutip.

Baca Juga :  Translate Bahasa Sunda

Contoh Dari Kutipan

Berikut adalah contoh dari kutipan.

  • Kamu harus berjuang demi menggapai impianmu, namun kamu harus berkorban dan bekerja keras untuk mendapatkannya. (Lionel Messi)
  • Tidak masalah selambat apapun kamu bergerak, asalkan kamu tidak berhenti. (Confucius)
  • Yang akan bertahan hidup bukanlah spesies yang paling kuat, bukan pula yang paling pintar; akan tetapi yang paling mampu berubah. (Charles Darwin)

 

Demikianlah artikel lengkap mengenai Pengertian Kutipan, Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu teman-teman dosenpintar.com. Kalau begitu sampai ketemu lagi di artikel-artikel edukasi berikutnya.