Tari Mancanegara

Posted on

Tari Mancanegara – Sobat dosenpintar.com di kesempatan ini tentu kembali lagi penulis akan membagikan berbagai artikel dengan berbagai bahasan. Kali ini khusus penulis akan memberikan pembahasan tentang Tari Mancanegara. Untuk uraian yang terlengkap dari penulis sobat bisa simak berikut dibawah ini.

Tari Mancanegara
Tari Mancanegara

Pengertian Tari Mancanegara

Tari Mancanegara merupakan salah satu jenis tari-tarian yang dimana pada dasarnya tarian ini sebagai bentuk peranan dari tari adat yang berasal dari berbagai daerah yang ada didunia yang tentu dengan ciri khas masing masing yang akan menggambarkan suatu peristiwa, kejadian, adat budaya dan lain sebagainya.

Jenis Jenis Tari Mancanegara

Berikut dibawah ini merupakan berbagai Jenis Jenis Tari Mancanegara, diantaranya.

Tari Limbo (Afrika Barat)

Tarian limbo bukan menunjukkan kemahiran dalam menari dengan mengkombinasi dan mencampurnya dengan gerakan yang menjurus ke akrobatik. Mereka bisa melewati kayu sehingga melenturkan tubuh mereka ke arah belakang. Makin lama, mereka yang bertugas membakar kayu yang akan mudah untuk dilewati.

Tari Jawa (Indonesia)

Penari Jawa ini harus elegan serta berjalan anggun, karena tarian ini yang melambangkan spiritual serta kebijaksanaan dalam sebuah kerajaan.

Tari Naga (China)

Dalam mitologi orang China, naga ini yang menggambarkan kegagahan, keningratan serta sebagai kumpulan keberuntungan. Tari naga ini yang digunakan untuk mengusir setan lalu kemudian dipercaya membawa keberuntungan untuk banyak orang. Penarinya memiliki kemampuan dalam bela diri.

Baca Juga :  Rumah Adat Aceh

Tari Adat Akiu No Taue Odori (Jepang)

Gerakannya anggun serta untuk biasanya mementingkan unsur yang simetris. Tarian Jepang tidak hanya untuk ditarikan oleh kaum muda saja, namun dilakukan juga oleh mereka kaum tua.

Tari Adat Flamenco (Spanyol)

Tiga komponen yang utama penting dalam tarian Flamenco ialah nyanyian, tarian serta dilengkapi dengan gitar. Awalnya tarian ini dipertunjukkan dengan berbagai tepukan tangan serta nyanyian yang akan mulai mengiringi tarian.

Tarian Samba (Brazil)

Gerakannya cepat dengan bisa seperti halnya tarian yang ada di Amerika Selatan, mereka memiliki akar yang berasal dari Afrika dan Karibia.

Tari Bali (Indonesia)

Pengajar tari Bali tidak hanya akan mengajarkan berbagai gerakan dalam tari Bali, namun juga akan membetulkan posisi dengan badan supaya tercapai bentuk yang jauh sangat sempurna.

Tari Tradisional Morris (Inggris)

Tarian ini yang dipertunjukkan apabila ada festival-festival. Biasanya kostum yang telah mereka gunakan adalah baju berwarna putih, topi dengan berbagai jenis hiasan bunga dengan adanya selempang dua warna yang akan masuk dan disematkan bel kecil.

Tari Kipas (Korea)

Penari kipas dari Korea ini menggunakan kipas yang berukuran besar dengan berwarna warni. Lalu mereka menyatukan kipas yang mereka gunakan dengan menggerakkannya secara teratur lalu mengayun ke atas kemudian lanjut ke bawah.

Tarian Kathak (india)

Tarian dari India ini yang dinilao sangat enerjik dengan penarinya dengan lihai selalu bisa mengembangkan tarian dalam per gerakan kaki serta tangan mereka bergantian. Penari akan dapat berkomunikasi dengan berbagai pemusik seiring tariannya ini sedang berlangsung.

Tarian Haka (New Zealand)

New Zealand biasa untuk menarikan tarian Haka sebelum mereka akan berperang dan sesudah memenangkan suatu peperangan.

Tari Yunani.

Penari ini yang berpegangan tangan atau dengan merangkul pinggang, atau bahkan bahu kemudian mereka berputar-putar hingga mereka mengangkat kaki mereka.

Baca Juga :  Kebudayaan Dongson

Tari Negara Kamboja

Gerakannya yang sangat lambat, seperti akan menghipnotis, mencerminkan berbagai  gerakan tarian dari tanah asalnya Negara Kamboja. Tubuh dari penari diharuskan fleksibel dan juga seperti tidak bertulang.

Macam Tarian Tradisional Indonsia

Berikut dibawah ini merupakan kumpulan macam tarian tradisional di Indonesia, yaitu.

Tari Belian Bawo

Tari Beliant Bawo adalah tari berkelompok yang terdiri dari lima penari laki-laki yang hingga sampai pada saat sekarang hidup serta berkembang dakan masyarakat suku Dayak Tonyooi Benuaq di Kecamatan Barong Tongkok untuk Kabupaten Kutai Barat.

Tari Kuyang

Tari Kuyang, semacam tarian Belian dari suku Dayak Benuaq untuk dapat mengusir hantu-hantu yang akan menjaga pohon-pohon besar serta tinggi supaya tidak mengganggu manusia atau orang yang telah menebang pohon tersebut.

Tari Pecuk Kina

Tari Pecuk Kina ialah tarian yang akan menggambarkan perpindahan suku Dayak Kenyah yang dengan berpindah dari daerah Apo Kayan (Kab. Bulungan) ke dalam daerah Long Segar

Tari Datun

Tari datun merupakan tarian yang biasa dilakukan untuk menyambut pelawat datang ke rumah panjang.

Tari Ngerangkau

Tari Ngerangkau ialah tarian yang khusus untuk dilaksanakan dalam upacara adat kematian kwangkay, Tari Ngerangkau laki, yang akan ditarikan oleh pria atau sesepuh desa yang dimana telah ditunjuk oleh Sentangis atau Pawang.

Tari Baraga

Tari Baraga Bagantar merupakan sebuah tarian dari daerah Kalimantan Tengah. Awalnya Baraga’ Bagantar adalah sebuah upacara belian untuk mereka merawat bayi dengan memohon bantuan dari pihak Nayun Gantar.

Tari Gantar

Tari Gantar ialah jenis tarian pergaulan antara mereka muda mudi yang berasal dari Suku Dayak Benuaq dengan Dayak Tunjung di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Tari Perang

Tari Perang adalah tarian yang akan ditarikan oleh seseorang, dua orang atau sekelompok orang dengan maksud dan tujuan menggambarkan semangat serta cara-cara berperang dengan mengunakan tangan kosong atau dengan senjata tradisional.

Baca Juga :  Suku Bangsa di Indonesia

Tari Kancet Ledo

Ari Gong merupakan sebutan lain dari Tari Kancet Ledo ialah salah satu tari tradisional suku Dayak di daerah Kalimantan Timur. Tari Gong ini dimainkan dengan menggunakan menggunakan alat musik gong sebagai suara pengiringnya.

Tari Kancet Lasan

Tari Kancet Lasan dengan tarian yang menggambarkan kehidupan sehari-hari dari burung Enggang, burung yang akan dimuliakan oleh suku Dayak Kenyah karena telah dianggap sebagai tanda keagungan dengan kepahlawanan.

Tari Leleng

Tarian Leleng adalah tarian tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan Timur. Pengertin kata “Leleng” ini dalam bahasa Kenyah ialah “berputar-putar”. Suatu ekspresi dari berbagai sosok Utan Along (sebutan untuk dilakukan seorang gadis yatim) yang dimana sedang bimbang karena kekasihnya pergi serta belum kembali.

Tari Hudoq

Hudoq adalah sebuah sejenis festival yang berupa tarian sebagai ungkapan syukur yang telah digelar oleh sub-etnis yaitu Dayak di provinsi Kalimantan Timur. Hudoq adalah suatu kesenian tarian yang menggunakan aksesoris topeng dan kostum, oleh karena itu Hudoq termasuk pada golongan kesenian barongan.

Tari Serumpai

Tari Serumpai adalah sebuah  tarian daerah Kalimantan Timur dimana salah satu bagian dari budaya nusantara ini. Tari serumpai mempunyai banyak keunikan serta ciri khas jika dibandingkan dengan tarian yang ada  dari daerah lain.

Demikianlah artikel yang kali ini telah membahas penjelasan tentang Tari Mancanegara dan Indonesia. Dalam hal ini penulis sangat berharap artikel yang telah dibaca dapat menambah wawasan kita bersama untuk memperoleh ilmu baru.

Baca Juga :