Alat Musik Harmonis

Posted on

Alat Musik Harmonis – Kembali penulis dosenpintar akan membagikan sebuah artikel kali ini akan membahas tentang  Alat Musik Harmonis meliputi Pengertian Alat Musik Harmonis, Contoh Alat Musik Harmonis Modern, Jenis-Jenis dan Contoh Alat Musik Harmonis, Fungsi Alat Musik Harmonis dan Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional. Untuk pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Alat Musik Harmonis
Alat Musik Harmonis

Pengertian Alat Musik Harmonis

Secara garis besar, alat musik harmonis merupakan sebuah alat musik yang umumnya digunakan untuk memainkan sebuah harmoni yang ada pada suatu lagu. Karena alat musik ini memainkan harmoni, maka dapat memainkan tiga nada bahkan dapat lebih dengan cara bersamaan.

Jenis dari alat musik harmonis yaitu sebuah alat musik yang memiliki nada, namun tidak dapat untuk dibentuk. Pada umumnya memiliki fungsi sebagai melodi dalam suatu nada dengan lagu. Selain dari itu alat musik ini juga tidak dapat memainkan sebuah chord secara sendirian serta harus dibantu dengan alat yang lainnya juga.

Fungsi Alat Musik Harmonis

Fungsi dari alat musik harmonis adalah sebuah alat musik yang akan digunakan untuk lebih mampu memperindah sebuah lagu dengan menjadi pengiring dari sebuah melodi serta musik. Contoh dari alat musik harmonis tradisional adalah gambus, sinter, bonang da lain lain. Sedangkan dari contoh alat musik harmonis modern seperti gitar, biola, recorder, keyboard, piano, harpa dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis dan Contoh Alat Musik Harmonis

Berikut dibawah ini merupakan jenis beserta contoh dari alat musik harmonis, antara lain

Baca Juga :  Contoh Alat Musik Ritmis : Pengertian, Fungsi & Gambar Lengkap

Contoh Alat Musik Harmonis Modern

Berikut merupakan pembahasan alat musik harmonis modern, berikut merupakan contoh alat musik harmonis modern :

Recorder

Alat Musik Harmonis

Alat musik Recorder sering diajarkan saat kita masih duduk di bangku sekolah. Alat musik bentuknyai sekilas mirip dengan suling tetapi yang akan membedakan merupakan Recorder yang mempunyai lubang dari jempol yang letaknya mulai berlawanan arah dari 7 lubang yang terletak pada dibagian atas.

Recorder ini sendiri mulai terbuat dari bahan sintetis yang biasanya memiliki warna putih.

Piano

Alat Musik Harmonis

Piano rasanya tidak asing ditelinga sobat. Mereka yang akan memainkan alat musik beruoa Piano disebut Pianis. Dalam berbagai jenis alat musik, Piano sering digunakan sebagai satu genre dari musik instrumental.

Gitar

Alat Musik Harmonis

Gitar tergolong sebagai salah satu jenis alat musik harmonis modern. Selain dari itu juga dikategorikan sebagai sebuah alat musik yang memiliki dawai dan melodis. Seperti yang telah diketahui bahwa cara dari memainkan gitar yaitu dengan dipetik dan biasanya juga menggunakan jari tangan atau plektrum.

Biola

Alat Musik Harmonis

Biola merupakan alat musik yang terkenal pada berbagai belahan di dunia, selain itu karena bentuknya yang cukup unik, alat musik modern ini mampy menghasilkan suara yang indah, sering juga banyak orang yang ingin mendengar suara biola yaitu dimainkan dengan tunggal tanpa penonton.

Cello (Violoncello)

Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis salah satunya adalah cello yang merupakan alat musik harmonis yang jarang dimainkan di Indonesia karena musik yang dihasilkan kurang sesuai dengan musik tradisional Indonesia. Alat musik klasik yang sering dimainkan di Eropa.

Pianika (Melodika)

Alat Musik Harmonis

Pianika merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup serta tekan, Pianika bentuknya menyerupai alat musik piano, dengan ukuran yang lebih kecil serta dapat dibawa kemana mana, lebih fleksibel dibanding piano.

Baca Juga :  Rumah Adat Minangkabau

Contoh Alat Musik Harmonis Tradisional

Indonesia Ternyata mempunyaii berbagai alat musik harmonis yang sering dimainkan pada saat ada acara adat atau ada hiburan. Berikut merupakan contoh dari alat musik harmonis tradisional Indonesia antara lain :

Siter dan Celempung

Alat Musik Harmonis

Celempung dan Siter adalah jenis alat musik petik yang berasal dari Jawa yang dimainkan pada pertunjukan Gamelan Jawa.

Meski cara untuk memainkannya dengan cara yang sama seperti dengan cara dipetik tetapi bunyi yang akan dihasilkan antara Celempung dan Siter ini berbeda, Celempung umumnya disetel satu okaf dari bunyi Siter.

Kecapi

Alat Musik Harmonis

Alat musik kecapi adalah alat musik harmonis yang akan berasal dari Daerah Jawa Barat, alat musik ini kemudian dimainkan dengan cara dipetik pada suatu bagian dawainya.

Kecapi mempunyai tangga nada sebanyak 5 (pentasionis), yaitu memiliki nama : Da, Mi, Na, Ti dan La. Umumnya alat musik kecapi yang dimainkan bersama dengan alat musik seruling pada sebuah pertunjukan.

Sampek

Alat Musik Harmonis

Sampek adalah alat musik asalnya dari Daerah Kalimantan, dimainkan dengan cara dipetik dawainya.

Alat musik suku Dayak memang cukup dikenal oleh masyarakat di negara Indonesia karena mempunyai bunyi yang sangatlah indah, ketika sobat mendengarnya seolah-olah sobat akan dibawa ke suatu tempat dimana alat musik ini berasal.

Sasando

Alat Musik Harmonis

Alat musik Sasando merupakan alat musik asalnya dari Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Cara untuk memainkan Sasando ini dengan memetik dua hingga tiga dawainya dengan cara bersamaan.

Sasando ini terbuat dari bambu untuk wadah resonansi serta dikelilingi bantalan kayu yang akan melingkar dari bawah.

Gambus

Alat Musik Harmonis

Gambus merupakan salah satu jenis alat musik petik yang berasal dari Daerah Riau, alat musik Gambus ini adalah alat musik yang telah mengadopsi alat musik yang berasalnya Arab ialah alat musik Al’ud. Masyarakat Riau memainkan alat ini sendiri sendiri yang dilakukan oleh para nelayan untuk hiburan saat mencari ikan, pada saat ini gambus digunakan sebagai pengiring Zapin.

Baca Juga :  Rumah Adat Aceh

Trigon (Rebab)

Alat Musik Harmonis

Rebab merupakan alat musik harmonis yang diperkenalkan dari Negara Timur Tengah saat melakukan perdagangan di Negara Indonesia, alat musik harmonis sering digunakan ketika diberbagai daerah yang ada di Indonesia untuk dapat mengiringi kegiatan adat atau hanya sebagai hiburan.

Demikianlah artikel kali ini dengan pembahasan mengenai  Alat Musik Harmonis, harapan penulis semoga artikel ini dapat memberikan berbagai manfaat serta dapat memberikan pengetahuan lebih bagi kita semua.

Baca Juga :