Pengertian Seni : Manfaat, Fungsi, Macam

Posted on

Pengertian Seni – Hallo sobat dosenpintar.com, pastinya kita semua sering mendengar istilah seni akan tetapi kurang memahami lebih mendalam istilah dan pengertianya tersebut, dalam artikel ini kita akan membahas pemahaman ahli tentang seni, manfaat, fungsi, jenis seni, cabang seni, nilai seni dan contoh seni.

Pengertian Seni Secara Umum

Seni telah lama menjadi bagian dari kehidupan manusia dari waktu ke waktu, dari prasejarah hingga saat ini. Keberadaan seni melekat dalam setiap artikulasi kehidupan dan jiwa manusia, sehingga tidak dapat dipisahkan sampai sekarang.

Ini adalah segala sesuatu yang telah diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan dirinya dan orang lain. Berdasarkan definisi ini, seni adalah produk keindahan, di mana manusia mencoba menciptakan sesuatu yang indah dan dapat membawa kesenangan.

Seni ini berasal dari bahasa Sansekerta Sani yang berarti persembahan.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Begitu banyak makna dan definisi seni, dan perkembangan zaman itu sehingga banyak pakar mengemukakan pendapat mereka tentang makna dan definisi seni. Berikut adalah beberapa definisi seni menurut para ahli:

  • Aristoteles

    Memahami seni menurut Aristoteles, para filsuf Yunani kuno adalah “bentuk-bentuk yang ekspresi dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni yang meniru alam”.

  • Plato

    Memahami Seni Menurut Plato, para filsuf Yunani kuno adalah “karya seni hanyalah tiruan dari realitas yang ada. Realitas yang ada adalah tiruan dari yang asli atau disebut Mimesis. Yang asli terkandung dalam ide. Gagasannya jauh lebih unggul, lebih baik dan lebih banyak. “

  • Drs. Popo Iskandar

    Memahami seni menurut Drs. Popo Iskandar, seorang kritikus sastra Sunda adalah “Seni adalah hasil dari ekspresi emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup dalam komunitas / kelompok.”

  • Hillary Bell

    Memahami seni menurut Drs. Hilary Bel, seorang penulis Australia adalah “Seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat mengilhami hati untuk menemukan siapa penciptanya.”

  • Lev Nikolayevich Tolstoy

    Memahami seni Menurut Leo Tosltoy, penyair Rusia itu adalah “Seni adalah ekspresi perasaan pencipta yang ditransmisikan kepada orang lain sehingga mereka dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis.”

  • Ki Hajar Dewantara

    Memahami seni Menurut Ki Hajar Dewantara, yang juga merupakan pahlawan nasional dan bapak pendidikan Indonesia, adalah “Seni adalah hasil dari keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah dari orang-orang yang melihatnya, oleh karena itu seni adalah tindakan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menyebabkan perasaan yang indah. “

 

Manfaat seni

Apa Manfaat Seni Rupa Secara Umum?

Idealnya, sebuah karya seni tentu tidak akan terlepas dari unsur keindahan dan juga dari unsur manfaatnya. Berikut beberapa manfaat seni secara umum, antara lain:

  • Memenuhi kebutuhan emosional

    Seni ini adalah salah satu hal yang sangat kuat sebagai cara memenuhi kebutuhan emosionalnya. Ini tentu terkait dengan perasaan manusia yang beragam dan berbeda satu sama lain.

    Sebut saja ketika Anda merasa emosional, marah, bahagia, sedih dan berbagai jenis perasaan lainnya, maka seni ini benar-benar dapat membantu seseorang menenangkan perasaan mereka.

  • Sebagai sarana komunikasi

    Seperti kita ketahui, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan manusia lain dan tentu saja membutuhkan manusia lain.

    Dan juga, dalam kasus interaksi seperti itu, seseorang tentu membutuhkan media komunikasi untuk menghubungkan interaksi ini, dan salah satu media yang diperlukan adalah keberadaan seni semacam itu.

  • Sebagian Kebutuhan Fisik

    Secara alami, seseorang cenderung menyukai tipe-tipe bahagia dan jenis-jenis hal yang indah dalam hidupnya, sehingga ia merasa bahwa ia akan mendapatkan ketenangan dan kepuasan batin. Dan salah satu kesenangan atau kepuasan dapat diperoleh dari seni.

 

Fungsi Seni

Menurut antropologi, seni dan juga seni adalah unsur budaya yang dimiliki manusia. Kita bisa merasakan dalam pengalaman kehidupan sehari-hari, betapa kita benar-benar membutuhkan medium dan menikmati keindahan dalam berbagai bentuk yang indah, unik dan menyentuh.

Berdasarkan beberapa fungsi Seni, Seni sebagai kepuasan kebutuhan, fungsinya dibagi menjadi dua bagian:

Fungsi seni untuk individu

Fungsi individu adalah seni yang dapat dihargai dan bermanfaat bagi satu atau lebih orang. Manusia sebagai individu terdiri dari unsur-unsur fisik dan psikologis. Salah satu elemen psikis adalah emosi. Kemudian fungsi individual dibagi menjadi dua, yaitu:

Fungsi Seni Untuk Psikologis

Secara fisik banyak fungsi dipenuhi melalui penggunaan seni fisik. Seperti pakaian, barang, rumah, musik senam,
Psikologis / Emosional: fungsi dipenuhi oleh seni murni baik dalam hal pencipta / komposer dan konsumen konsumen. Misalnya, melukis, desain, novel, musik, tari, film, dll.

Fungsi Seni Untuk Sosial

Fungsi sosial berarti seni yang dapat dihargai dan bermanfaat bagi kepentingan banyak orang dalam waktu yang relatif sama. Fungsi ini dikelompokkan menjadi beberapa area, yaitu:

Hiburan / hiburan: Seni dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan kebosanan dan mengurangi kesedihan (Sendu). Itu bisa terjadi ketika kita menonton dan mendengarkan hal-hal seperti musik, tarian, film, dan lelucon.
Komunikasi: Seni juga dapat digunakan untuk berkomunikasi atau menyampaikan sesuatu seperti pesan, ulasan, kebijakan, ide, dan produk kepada banyak orang. Contoh lagu balada, poster, komedi, dan baliho.
Pendidikan: Dalam dunia pendidikan, seni juga menggunakannya sebagai alat pengenalan. Contohnya adalah ilustrasi dari buku teks, film atau dokumenter ilmiah, poster ilmiah, lagu dan foto anak-anak.

Jenis Jenis Seni

Secara umum, seni dibedakan menurut arah penerapannya, yaitu seni audio, seni visual dan seni audiovisual.

  • Seni Audio

    adalah seni yang diserap oleh indera pendengaran (telinga) atau yang terbatas untuk didengar, tetapi yang bisa dirasakan. Misalnya: musik seni atau suara, siaran teater di radio, siaran puisi di radio dan lainnya.

  • Seni Visual

    adalah seni yang diserap oleh indra penglihatan (mata). Umumnya dikenal sebagai seni rupa, seperti lukisan.

  • Seni Audiovisual

    adalah seni yang dapat diserap oleh indera pendengaran (telinga) dan indera penglihatan (mata). Misalnya: tari, teater / teater, film, sandiwara dan lainnya.

    Selain itu, ada seni lain yang tidak digarisbawahi dalam jenis penerapannya, seni sastra. Seni sastra itu sendiri adalah seni dalam bentuk prosa seperti nomaden romansa, novel, cerpen dan lain-lain. Dan seni dalam bentuk puisi seperti puisi, pantun, gurindam dan puisi dalam bentuk bebas lainnya.

 

Macam-macam pengelompokan seni :

1. Seni Musik

Seni musik atau seni suara adalah seni yang diserap oleh indera pendengaran, yaitu telinga. Rangkaian suara yang didengar dapat memberikan kesenangan dan perasaan puas kepada mereka yang mendengarnya karena keharmonisan dalam pengaturan deretan skala suara.

Secara umum, ada dua jenis musik di dunia, yaitu lagu dan instrumental. Suara-suara adalah musik yang hanya didasarkan pada suara manusia seperti paduan suara misalnya, sedangkan instrumental adalah musik yang diperoleh dengan memainkan alat musik seperti gitar, biola, piano, dll.

2. Seni Rupa

Seni rupa adalah suatu bentuk karya manusia yang mengandung unsur keindahan artistik yang merusak penglihatan. Keindahannya diserap oleh indera penglihatan seperti: lukisan (patung), patung (sculpture), patung (sculpture), seni grafis (grafis), seni lingkungan (lingkungan), seni instalasi, seni pertunjukan (tontonan) ), event art (Happening)) dan banyak lainnya. Kesenangan muncul dari integrasi elemen-elemen bentuk karya seperti warna yang berbeda, garis bolak-balik, berbagai bentuk bidangnya, kesamaan bentuk objek yang ia gambarkan dengan lukisannya, aspek tematik yang ia miliki. mengekspresikan, keunikan, tekstur, dll.

Sedangkan keindahan dalam arti paling sederhana adalah sesuatu yang memberi kepada seseorang yang melihatnya secara altruistis. Kesenangan yang diciptakannya bukan karena ada minat lain yang membuatnya bahagia, tetapi langsung muncul karena keindahan dan daya tarik karya itu sendiri.

3. Seni Tari

Tarian adalah seni yang juga bisa diserap oleh dan melalui indra penglihatan (mata). Tarian adalah seni menggunakan gerakan tubuh secara ritmis dan pada waktu-waktu tertentu yang berguna untuk mengekspresikan perasaan, niat, dan pikiran. Dan merupakan kombinasi antara tubuh, ritme dan rasa.

Ada juga gagasan tarian yang secara literal merupakan proses pembentukan gerakan tubuh yang memiliki ritme dan dalam penyajiannya diiringi alunan berdasarkan rasa dan niat. Ada beberapa pendapat ahli tentang konsep tarian. Suara-suara dimainkan, disebut musik pengiring tarian, mengatur gerakan penari dan memperkuat niat untuk ditransmisikan ke publik.

4. Seni Sastra

Seni sastra berasal dari dua kata yaitu “Seni” dan “Sastra”. Seni memiliki makna ekspresi perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan. Sedangkan sastra memiliki makna kata serapan yang berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti pedoman, pedoman atau perintah dalam bentuk teks, kalimat atau suara. Karena itu kita dapat menyimpulkan bahwa seni sastra adalah tulisan atau cerita yang berasal dari ekspresi perasaan manusia yang memiliki nilai keindahan. Seni sastra itu sendiri dapat diserap oleh indera pendengaran dan penglihatan.

5. Seni Drama dan Teater

Ada perbedaan antara drama dan seni teatrikal, drama adalah pelimpahan perasaan seseorang karena digambarkan dalam bentuk gerakan naratif yang dicampur dengan musik disesuaikan dengan cerita.

Sementara itu, seni teater adalah bentuk drama atau drama yang lebih fokus pada pementasan. Secara umum, itu adalah gambar dari suatu peristiwa (legenda) atau imajinasi duniawi yang disajikan kembali di atas panggung dan yang dapat dihargai oleh publik. Keindahan drama terletak pada ketepatan skenario yang disajikan dan dimainkan oleh para pemain di atas panggung.

Saini KM dalam bukunya ‘Peristiwa Theater’, menulis bahwa seni teater adalah seni dari dunia ‘ambang’, yang merupakan ambang untuk melihat sensor pengalaman sehari-hari dan beralih juga ke dunia nilai.

Demikian uraian mengenai tentang Pengertian Seni, beserta urian lengkapnya semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda sekalian para pembaca, dan selalu nantikan artikel kami yang pastinya menarik dan update.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Jasa : Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh