Alat Musik Tradisional

Posted on

Alat Musik Tradisional – Halo sobat semua, kali ini dosenpintar.com akan membahas artikel mengenai alat musik tradisional lengkap beserta penjelasannya. Pada artikel sebelumnya kita telah mengulas mengenai Contoh Alat Musik Ritmis, baiklah daripada sobat penasaran, langsung aja yuk simak artikelnya di bawah ini ya.

Alat Musik Tradisional
Alat Musik Tradisional

Pengertian Alat Musik Tradisional

Pengertian dari alat musik tradisional yaitu alat-alat musik yang dikembangkan secara turun-temurun antar generasi pada suatu daerah. Alat musik tradisional ini digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah asal berkembangnya alat musik tersebut.

Pengertian Alat Musik Tradisional Menurut Ahli

Adapun menurut ahli pengertian alat musik tradisional yaitu alat musik yang lahir dan berkembang di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

  • Menurut Sedyawati

    Pengertian musik tradisional menurutnya musik digunakan sebagai perwujudan serta nilai budaya sesuai tradisi.

  • Menurut Tumbijo

    Apa yang dikatakan bahwa musik tradisional adalah seni budaya yang telah lama turun temurun telah hidup dan berkembang di daerah-daerah tertentu.

  • Norman Dello Joio

    Memahami seni musik adalah seni yang dapat memperluas pengetahuan dan perspektif, baik tentang musik itu sendiri atau tentang hal-hal lain di luar musik.

  • David Ewen

    Seni musik adalah ilmu dan seni yang berurusan dengan kombinasi ritme dan nada yang memasukkan melodi dan harmoni sebagai bentuk ekspresi dari segala sesuatu yang ingin mengekspresikan dirinya, terutama secara emosional.

 

Fungsi Alat Musik Daerah

Fungsi alat musik daerah tidak hanya sebagai pengiring sebuah pertunjukan, tetapi beberapa alat musik daerah ini ternyata memiliki fungsi sebagai bukti sejarah maupun sarana edukasi bagi masyarakat khususnya kaum pelajar.

Jenis-Jenis Alat Musik Berdasarkan Bunyi

Berdasarkan bunyinya, terdapat lima jenis alat musik, antaralain :

Aerofon

Jenis alat musik jenis ini memanfaatkan sumber bunyi berupa udara,  bunyi yang dari alat musik ini dihasilkan melalui getaran udara di dalam alat musik. Alat musik jenis ini biasa dimainkan dengan cara ditiup atau dipompa. Contohnya seperti flute, terompet, harmonika, dan akordion.

Idiofon

Selanjutnya ada alat musik jenis idiophone yang mana bunyi yang dihasilkan berasal dari getaran pada badan alat musik. Alat musik jenis ini biasa dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan, dipukul, ditepukkan, dan sebagainya. Contohnya seperti bel, kulintang, simbal, marakas, dan gong.

Kordofon

Jenis yang ketiga yaitu chordophone. Alat musik jenis ini memiliki sumber bunyi berupa dawai yang dibentangkan secara kuat antara dua titik tertentu. Kemudian dawai tersebut digetarkan untuk menghasilkan suara. Contohnya seperti gitar, biola, harpa, dan piano.

Membranofon

Berikutnya ada alat musik jenis membranophone. Alat musik jenis ini menggunakan lapisan tipis yang di salah satu sisinya digetarkan guna menghasilkan sumber suara/bunyi. Biasanya alat musik jenis membranofon dimainkan dengan cara dipukul. Contohnya seperti drum atau rebana.

Elektrofon

Yang terakhir ada electrophone. Sesuai namanya, jenis ini menggunakan komponen elektronik sebagai sumber bunyinya. Dimana bunyi yang dihasilkan dari jenis alat musik ini dapat mengendalikan getaran ataupun hanya sebagai penguat bunyinya saja. Contohnya seperti keyboard dan gitar elektrik.

Macam-Macam Alat Musik Daerah Di Indonesia

Berikut adalah alat-alat musik daerah yang ada di Indonesia.

Angklung

Angklung merupakan alat musik yang berbahan dasar bambu. Alat musik ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Selain dimainkan sendiri, angklung juga bisa dipadukan dengan alat musik seperti dalam orchestra atau pertunjukan seni.

Gamelan

Berikutnya ada Gamelan, yaitu alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Jawa. Alat musik ini terdiri dari beberapa alat musik instrumen dasar maupun pengiring. Hingga sekarang alat musik ini masih sering digunakan dalam acara-acara tradisional seperti wayang maupun kuda lumping.

Kendang

Selanjutnya ada alat musik bernama Kendang. Alat musik ini biasanya sering sekali digunakan untuk menggelar pertunjukan-pertunjukan yang mengangkat tema masyarakat Jawa. Kendang merupakan alat musik khas dari Jawa (Jawa Timur) yang dimainkan dengan cara dipukul.

Sasando

Sasando sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Alat musik ini memiliki suara yang merdu. Sasando dibuat menggunakan bahan alami berupa daun lontar, dan merupakan alat musik khas Tanah Rote (Nusa Tenggara Timur). Cara memainkan Sasando yaitu dengan cara dipetik layaknya gitar.

Bonang

Bonang merupakan alat musik dari tanah Jawa (Jawa Timur) yang dimainkan dengan cara dipukul pada satu sisi atasnya. Biasanya bonang digunakan dalam acara perkawinan atau acara adat khususnya di Jawa.

Kecapi

Alat musik ini adalah dari Sulawesi barat dengan bentuk sederhana. Meski begitu nada yang dihasilkan mampu memberikan kepuasan bagi para pendengarnya. Suara yang dihasilkan alat musik ini sangat cocok untuk sarana relaksasi diri.

Tifa

Tifa ialah perlengkapan musik atau alat musik khas paling utama untuk masyarakat Maluku serta Papua, yang dimainkan dengan metode  dipukul. Perlengkapan musik ini kerap dibeli buat oleh oleh ataupun cinderamata

Genggong

Selanjutnya ada Genggong yang berasal dari Sumatra Selatan. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup layaknya harmonica. Meski terbilang sederhana, nada yang dihasilkan dari alat musik genggong terbilang merdu. Apalagi alat musik ini menyimpan sejarah kearifan lokal bagi masyarakat di Sumatra selatan.

Saluang

Dari Sumatra Barat terdapat alat musik bernama saluang. Secara umum alat ini mirip dengan suling, namun terdapat perbedaan pada lubang udaranya. Tak hanya sebagai sebuah alat musik tradisional,  saluang diyakini mampu menghipnotis penontonnya.

Gong

Gong merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul. Alat musik ini sampai sekarang masih sering digunakan dalam berbagai pertunjukan. Gong terbuat dari kuningan, alat ini mampu memberikan efek suara yang unik. Biasanya gong digunakan dalam pergelaran wayang atau kesenian masyarakat Jawa.

Demikianlah artikel lengkap mengenai Alat Musik Tradisional  Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya yang lebih menarik sob.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Bisnis : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Jenis