Jenis Daun

Posted on

Jenis Daun Adalah – Dengan berbagai jenis tumbuhan dimuka bumi ini sudah sangat jelas dari tampilan fisiknya saja kita tahu bahwa daun mempunyai berbagai jenis, untuk itu pada kesempatan ini dosenpintar.com akan membagikan sebuah artikel mengenai tentang Jenis daun yang meliputi Pengertian Daun, Fungsi Daun, Struktur Daun, Macam-macam Jenis Daun dan Contoh Daun dan tentunya akan dibahas satu persatu oleh penulis, untuk itu mari simak terus arikel ini hingga selesai.

Jenis Daun
Jenis Daun

Pengertian Daun

Daun merupakan salah satu organ pokok dari tumbuhan yang terletak pada tangkai batang, umumnya tipis dan melebar dan kaya akan unsur dan zat klorofil, oleh sebab itulah daun umumnya memiliki warna hijau. Sesuai dari bentuk daun yang berbentuk tipis dan melebar, warna yang hijau dan terletak pada batang serta menghadap ke atas dan itu selaras dengan berbagai fungsinya.

Fungsi Daun

Adapun beberapa fungsi dari daun terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai Alat Bantu Reproduksi Vegetatif

    Daun ini berfungsi untuk membantu jalannya proses terjadinya proses reproduksi alat bantu reproduksi vegetatif.

  • Posisi pembentukan

    Daun juga berfungsi sebagai posisi terjadinya pembentukan dala proses pertumbuhan.

  • Sebagai alat pernapasan

    Daun juga memiliki fungsi sebagai alat pernafasan, selain dari dua fungsi diatas. Sama halnya dengan manusia tumbuhan juga memiliki alat untu dapat bernafas melanjutkan kehidupan.

  • Proses mutasi

    Mutasi merupakan salah satu proses dalam proses pertumbuhan yang merupakan fungsi dari daun tumbuhan.

 

Struktur Daun

Berikut merupakan bagian dari daun yang penulis uraikan untuk sobat sekalian, antara lain.

Struktur Bagian Luar Daun

Struktur dari daun bagian dalam ini terbagi menjadi beberapa poin yaitu.

  1. Pelepah daunyang mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mendudukkan daun pada tangkai batang.
  2. Tangkai daunyang berfungsi untuk menghubungkan antara pelepah yang dengan kata lain adalah batang dengan helaian daun.
  3. Laminaatau helai daun adalah salah satu bagian yang terpenting dari daun umumnya. Karena dari lamina daun mempunyai fungsi utama yaitu daun sebagai tempat proses fotosintetis paling dominan untuk bekerja pada tumbuhan. Bentuk dari helai daun atau lamina ini sangat beraneka ragam, tetapi biasanya berupa beberapa helaian, bisa ada yang tebal atau juga tipis.

Struktur Bagian Dalam Daun

Berikut merupakan susuan bagian dalam dari daun pada tumbuhan, antara lain.

Epidermis

Jaringan epidermis adalah jaringan dengan bentuk sel berlapis satu yang pada dindingnya akan mengalami penebalan lignin.

Jaringan Mesofil

Jaringan mesofil tersusun atas sel-sel parenkim yang telah tersusun dengan cukup longgar sehingga mempunyai ruang antarsel atau bentukan rongga antarsel. Jaringan mesofil terbagi menjadi 2 yaitu Jaringan Palisade dan Jaringan Spons Berkas.

Pembuluh Angkut

Berkas dari pembuluh angkut ini terdapat pada bagian tulang daun dan juga fungsinya, pembuluh angkut ini adalah alat transpor serta sebagai penguat daun. Berkas dari pembuluh angkut ini juga terbagi menjadi 2 bagian, yaitu.

  • Xylem– Xylem adalah pembuluh kayu yang mempunyai fungsi untuk dapat mengalirkan air dan zat haranya menuju ke bagian daun.
  • Floem– Floem merupakan pembuluh tapis ini mempunyai fungsi untuk dapat menyalurkan hasil dari fotosintesis tumbuhan pada bagian daun ke bagian berbagai tumbuhan yang lain.

Stomata

Stomata memiliki fungsi jalan masuk dan juga jalan keluarnya udara pada bagian daun, mengingat dari stomata merupakan bagian elemen penting di dalam proses respirasi pada tumbuhan dan juga mempunyai sel penjaga yang berfungsi untuk dapat mengontrol proses yang terbuka dan juga tertutupnya stomata.

Macam-macam Jenis Daun

Berikut merupakan macam macam daun yang terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain.

  • Daun Melengkung

    Daun melengkung adalah jenis daun dengan memiliki tulang daun yang berbentuk seperti garis-garis yang melengkung. Dapat kita jumpai daun seperti ini pada tumbuhan  misalnya pada daun gadung, daun sirih, dan daun genjer.

  • Daun Menyirip

    Daun menyirip adalah daun dengan bentuk berbentuk tulang yang berbulu seperti pada barisan para ikan. Daun ini berbulu yang teratur dengan baik dari batang hingga ke ujung ekstremitas. Dapat kita temui daun jenis ini pada tanaman Kuweni, buah-buahan berbentuk  bintang, daun durian,daun  jambu biji Dersono, daun kacang mede, daun jambu biji, daun mangga dan juga tulang daun rambutan.

  • Daun Berduri

    Daun duri memiliki bentuk yang umum. Daun duri ini termasuk kedalam jenis spesies tanaman konifer yang tidak sama seperti pinus, pohon cemara, pohon laurel, dan lain sebagainya.

  • Daun Sejajar

    Daun sejajar juga mempunyai sebutan lain yaitu daun paralel. Daun paralel adalah daun yang mempunyai bentuk tulang dalam dengan garis paralel. Di setiap bagian ujung tulang dari daun paralel ini menyatu. Daun ini dapat ditemukan pada tanaman jagung, rerumputan, daun tebu, daun padi dan juga pada daun kelapa.

  • Daun Menjari

    Tanaman yang berdaun menjari ini memiliki bentuk daun dengan ukuran tulang daun yang besar dan juga bentuk jari-jari tangan, ada juga yang mirip dengan bentuk tangan manusia. Jenis daun ini dapat ditemukan pada tumbuhan singkong, pepaya, kapas dan lain sebagainya.

 

Contoh Daun

Berikut merupakan susunan dari contoh daun yang merupakan jenis dari contoh daun yang telah penulis uraikan diatas, antara lain.

Pohon Pandan (Sejajar)

Tumbuhan pandan ialah tumbuhan yang mampu untuk mengeluarkan aroma wangi di setiap daunnya, pohon pandan sendiri mudah untuk di jumpai. Karena tanaman ini sering tumbuh dipekarangan rumah, halaman liar bahkan didekat selokan. Daun pandan biasanya digunakan untuk memberi aroma wangi pada setiap makanan salah satunya pada proses pembuatan kue atau memasak nasi. Memiliki ciri sebagai berikut :

  • Mempunyai warna hijau.
  • Daun yang tersusun rapat dan berurutan.
  • Memiliki akar yang tunggang dan besar.
  • Panjang daun mencapai 60 cm.

Pohon Jambu (Menyirip)

Ada banyak jenis pohon jambu yang ada di setiap benua atau negara, hanya saja di kawasan Indonesia kebanyakan yang dapat kita jumpai adalah jambu biji dan jambu air. Daun jambu ini sendiri mempunyai nama daun menyirip, karena daunnya sama persis menyerupai sirip para ikan. Dengan ciri-ciri :

  • Mempunyai bentuk akar tunggang.
  • Memiliki berbagai cabang akar yang kecil.
  • Memiliki batang dengan ukuran yang besar.
  • Daun memiliki berbentuk jorong.

Pohon Singkong (Menjari)

Daun pada pohon singkong ini termasuk daun yang berkumpul dan tersebar, mempunyai beberapa cabang dari setiap batang. Maka dari itu jari-jari merupakan cabang-cabang dari berbagai cabang atau yang bisa disebut daun. Dengan ciri :

  • Melebar dan memanjang layak seperti jari jemari.
  • Memiliki bagan atau struktur tulang.
  • Tangkai yang berukuran kecil dan bercabang.

Pohon Gandung (Melengkung)

Pohon Gadung ini tergolong dalam jenis umbi-umbian, jenis ini mereka kurang begitu di lirik. Tunas yang menghasilkan umbi-umbian yang bisa dimakan namun bisa beracun jika dalam pengolahannya kurang benar, sehingga akan menimbulkan efek muntah dan juga rasa pusing. Dengan ciri

  • Berwarna hijau.
  • Ditumbuhi berbagai duri-duri halus.
  • Daunnya yang berselang -seling dan juga menjalar.

Pohon Kaktus (Berduri)

Kaktus adalah tumbuhan sukulen-sukulen yang bisa menyerap dan juga menyimpan air di dalam jumlah besar. Karena itu mereka hidup pada daerah kering seperti di gurun, kaktus mempunyai daun yang berubah untuk menjadi duri. Dan duri tersebut berfungsi untuk mengurangi berbagai penguapan air melalui daun. Yang memiliki ciri :

  • Memliki banyak duri.
  • Berwarna hijau muda dan tua.
  • Memiliki daun seperti bentuk bantalan.
  • Menghasilkan bunga-bunga seperti oval dan memiliki warna kuning.

Demikianlah artikel mengenai tentang Jenis Daun semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel berikutnya.

Baca Juga :

Baca Juga :  √Ciri-Ciri Virus : Reproduksi dan Klasifikasinya