Jenis Jenis Sampah Plastik

Posted on

Jenis Jenis Sampah Plastik – Kembali lagi bersama dosenpintar.com nah kali ini artikel yang dibagikan mengenai tentang Jenis Jenis Plastik, sudah menjadi rahasia umum, hampir setiap produk menggunakan plastik bukan yang tentunya selain berdampak positif ada juga dampak negatifnya. Untuk pemaparannya mari langsung saja simak artikel dibawah ini.

Jenis Jenis Sampah Plastik
Jenis Jenis Sampah Plastik

Pengertian Plastik Secara Umum

Plastik adalah benda yang berbahan sintetik dimana kegunaannya sangat banyak dalam kehidupan manusia, plastik ini dapat didaur ulang sehingga menjadi barang baru yang siap pakai lagi.

Pengertian Plastik Menurut Para Ahli

Menurut definisi dari (Apriyanto,  Agustina Putri Serly dan Aryanti )

Plastik merupakan benda sebagai material dari polimer atau dari  bahan pengemasan yang dapat dicetak kembali menjadi bentuk-bentuk benda yang diinginkan dengan cara mengeraskan bahan setelah melalui proses pendinginan atau juga proses pelarutnya bahan yang diuapkan.

(Steven dan Sari Permata Dian)

Plastik adalah polimer dari molekul yang sangat besar dan yang telah mengambil banyak peran yang sangat penting dalam bidang teknologi karena proses dibentuknya yang mudah dari satu bentuk benda  ke bentuk benda yang lainnya serta juga mempunyai sifat dan struktur yang dibuat rumit.

(Ningsih SW dan Azizah)

Plastik adalah polimer yang berbentuk rantai yang panjang dari berbagai atom yang saling mengikat satu dengan yang  lain. Plastik ini sendiri mencakup polimerisasi sintetik dan alami yang tentunya ekonomis.

Baca Juga :  √ Pengertian Konsumsi : Tabungan, Investasi dan Hubungannya

(Darni)

Plastik merupakan benda tau baha yang sangat banyak digunakan dimasa kini, baik sebagai pembungkus bahan baku, makanan dan lain sebagainya. Namun yang menjadi masalah adalah sampah dari plastik ini yang sampai saat ini juga belum bisa diatasi.

Sejarah Plastik

Produk yang berbahan plastik pertama kali dibuat atau ditemukan pada tahun 1862 oleh seoarang Alexander Parkes yang pada saat itu berbahan dari selulosa. Bahan dari temuan Parkes ini memiliki sebutan Parkesine.

Dan pada tahun 1907, seorang ahliwan kimia dari negara New York bernama Leo Baeklend juga berhasil membuat plastik dari bahan dasar sintetis pertama kalinya. Dia mengembangkan Bakelite merupakan bahan resin cair.

Plastik juga merupakan bahan material yang baru diperkenalkan pada tahun 1975 oleh Montgomery Ward, Jodan Marsh, J.C. Penny, Sears dimana mereka merupakan tokoh retail besar(Marpaung, 2009).

Bahan polimer ini dapat berkembang secara luas biasa digunakan hanya dengan beberapa ratus ton pada tahun 1930-an dan meningkat menjadi 150 juta ton/tahun dan lagi meningkat di tahun 1990-an dan mencapai 220 juta ton/tahun di tahun 2005 (Putra dan Yuriandala 2010).

Jenis-Jenis Plastik dan Kegunaanya

  1. Polyethylene Terephthalate (PETE)

Plastik ini memiliki sifat yang  kuat serta kedap air dan juga gas. Plastik jenis ini bisa melunak di suhu 80 oC. Umumnya digunakan sebagai pengemas selai, botol dan plastik kemasan sambal dan kecap, ,botol dari soft drink , plastik minyak goreng, botol air mineral sehari hari serta kemasan biskuit.

  1.  High Density Polyethylene (HDPE)

Memiliki sifat yang kuat, dan mudah diproses serta mudah dalam  tahap pembentukan. Plastik ini juga kedap dan tahan terhadap  lembab serta mampu menahan reaksi kimia yang muncul. Biasanya digunakan sebagai plastik belanjaan,  botol susu cair dan jus, tempat margarin, tutup plastik, galon air minum.

  1.  Polivinil klorida (PVC)

Plastik serbaguna, mudah dibentuk tahan minyak ini sebaiknya jangan digunakan sebagai pembungkus makanan karena dapat merusak fungsi hati dan ginjal.

  1.  Low Density Polyethylene (LDPE)

Jenis plastik satu ini sangat baik untuk digunakan sebagai wadah tempat makanan/minuman. Dan juga mudah untuk diproses daur ulang.

  1.  Polipropilen (PP)

Bahan plastik PP merupakan jenis bahan plastik yang dapat mencegah terjadinya reaksi kimiawi serta juga kedap dan tahan minyak serta panas. Ingat pastikan tempat makan dan minummu berkode PP.

  1.  Polistiren (PS)

Bersifat foam (styrofoam), mudah dibentuk dan lentur.  PS dan EPS (Polistiren busa) merupakan kode untuk jenis plastik ini. Digunakan sebagai wadah tempat makanan beku, garpu serta sebagai styrofoam makanan.

  1.  Other (O)

Acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC), dan Nylon merupakan empat jenis plastik yang terkumpul di bagian other ini, selain dari keenam jenis plastik diatas. Plastik jenis ABS dan SAN dianjurkan untuk dijadikan wadah tempat makanan karena dapat mencegah bahan kimia masuk. Sedangkan kebalikannya jenis plastik PC amat sangat berbahaya jika digunakan sebagai wadah makanan karena banyak mengandung Bisphenol A mengakibatkan rusaknya kromosom dan hormon, dan juga berpengaruh pada menurunnya kualitas sperma, dan juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Pengertian Administrasi, Unsur, Jenis dan Fungsi

Dampak Plastik Terhadap Lingkungan

Plastik ini sangat besar dampaknya terhadap lingkungan dengan menjadi penyebab pencemaran lingkungan karena plastik yang bersifat sangat kuat, dampak juga pada faktor banjir dan mengganggu kesehatan manusia apabila plastik menjadi sampah yang menumpuk menjadi sarang kuman dan penyakit.

Negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar

  1. Tiongkok

    Tiongkok ditaksir menghasilkan sekitar 11,5 juta ton sampah plastik disetiap tahun berjalan. Dan 78% (8,8 juta ton) dari seluruh total sampah tersebut terbengkalai dilautan lepas tak diolah.

  2. Indonesia

    Negara Indonesia mengkonstribusi atas 3,2 juta ton sampah di lautan lepas setiap tahun. Hal itu membuat Indonesia merupakan penghasil sampah terbesar di Asia Tenggara ini terjadi karena masyrakat yang minim akan rasa peduli terhadap lingkungan.

  3. Filipina

    Negara Filipina memroduksi kurang lebih 2,2 juta ton sampah plastik per tahun dilautan lepasnya, dan di mana 83% sampah ada dilautan.

Demikian artikel mengenai Jenis Jenis Plastik semoga bermanfaat dan tunggu artikel berikutnya sobat yang pastinya lebih menarik serta menambah wawasan para pembaca setia.

Baca Juga :