Bagian-Bagian Bunga

Posted on

Bagian-Bagian Bunga – Siapa sih yang tidak menyukai tanaman ini, cantik untuk dipandang kasihan rasanya jika dipetik namun sangat ingin dibawa pulang, iya itu bunga banyak sekali jenis bunga yang tumbuh disekitar lingkungan kita, dengan berbagai jenis, warna den juga bau harum yang berbeda-beda.

Baiklah kali ini dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai Pengertian Bunga, Jenis Jenis Bunga, Fungsi Bunga Bagi Tumbuhan, dan Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya, sebagai jembatan penambah wawasan kita semua, mari kita baca artikel berikut bersama-sama.

Bagian-Bagian Bunga
Bagian-Bagian Bunga

Pengertian Bunga

Bunga (flows) adalah salah satu bagian dari tumbuhan yang menjadi sumber perkembangbiakan generatif lewat penyerbukan. Kesimpulannya bunga adalah suatu bentuk modifikasi dari tunas batang ataupun dari tunas daun yang memiliki berwarna, bermacam bentuk bentuk, serta berbagai susunan yang disesuaikan dengan semua kepentingan yang berkaitan dengan tumbuhan itu sendiri.

Baca Juga : Gambar Bunga Cantik dan Indah Lengkap

Jenis Jenis Bunga

Bunga ini dibagi atas dua jenis berdasarkan kelengkapan bagian bunga dan jenis kelamin, untuk lebih jelas berikut uraiannya.

  1. Berdasarkan Kelengkapan Bagian Bunga

Berdasarkan kelengkapan bagian bunga terbagi lagi menjadi dua yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap, berikut dibawah ini.

  • Bunga Lengkap

Bunga lengkap maksudnya adalah suatu tumbuhan bunga yang lengkap memiliki kelopak bunga, mahkota dari bunga, benang sari, dan mempunyai putik. Dengan dua kelamin atau ganda (hermafrodit) yang menjadi ciri bunga lengkap. Namun bunga yang memiliki dua kelamin belum tentu bunga yang lengkap. Contoh bunga sepatu, bunga terung, bunga mawar dan melati.

  • Bunga Tidak Lengkap

Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu bagian dari bunga. Terbagi menjadi dua yaitu:

  1. Perhiasan Bunga Tidak Lengkap

    Perhiasan bunga tidak lengkap merupakan bunga yang tidak memiliki mahkota atau kelompak. Umumnya disebut bunga telanjang sebagai sebutan lainnya. Contoh bunga jepung bali, bunga ramutan dan bunga kelapa.

  2. Alat Kelamin Tidak Lengkap

    Bunga ini maksudnya bunga yang hanya memiliki satu jenis kelamin yaitu bunga betina atau buga jantan. Contoh terdapat pada bunga mentimun dan bunga buah salak. Ada juga bunga mandul (bunga yang tidak memiliki jenis kelamin), contoh bunga matahari.

  3. Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin

Dilihat dari kelengkapan alat kelamin bunga juga terbagi menjadi:

  • Bunga Sempurna, yang dimaksud dengan bunga sempurna adalah bunga yang memili lengkap dua jenis kelamin, berupa benang sari dan putik pada bunga. Pada bunga berkelamin lengkap tidak semua mahkota dan kelopak memiliki bau yang harum. Beberapa contohnya adalah bunga mawar, bunga alamanda, bunga kamboja, dan juga bunga matahari.
  • Bunga Tidak Sempurna, Bunga yang hanya memiliki satu jenis kelamin merupakan bunga yang tidak sempurna, hanya punya jenis kelamin benang sari saja atau putik saja. Ada pula jenis yang disebut monoesis dan diesis, monoesis adalah suatu jenis bunga yang hanya memiliki satu jenis alat kelamin jantan atau jenis bunga yang mempunyai suatu jenis alat kelamin betina dengan kedua jenis bunga ini berkembangbiak sendiri melalui penyerbukan, contohnya adalah tumbuhan jagung. Sedangkan diesis ialah jenis dari bunga jantan dan juga bunga betina yang terdapat pada suatu  tumbuhan yang berlainan jenis, dengan sebutan lain adalah bunga berumah dua. Contohnya seperti pada tumbuhan buah salak dan siwalan.

Fungsi Bunga Bagi Tumbuhan

Berikut beberapa fungsi bunga.

  • Sebagai alat kelamin, atau organ seksual sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan bunga.
  • Sebagai organ pertahanan saat mengalami keadaan yang kurang menguntungkan.
  • Menarik minat serangga, untuk membantu melakukan proses penyerbukan.

Bagian Bagian Bunga dan Fungsinya

Berikut ini merupakan uraian dari bagian yang ada pada bunga.

Mahkota bunga

Mahkota bunga atau sebutan lainnya yaitu corolla. Mahkota bunga merupakan salah satu bagian yang terdapat pada bunga umumnya dikenal dengan sebutan bunga itu sendiri. Mahkota bunga merupakan bagian bunga paling luar dengan warna yang menarik. Setiap jenis bunga memiliki mahkota yang berbeda sebagai pembeda untuk menarik perhatian.

Kelopak bunga

Kelopak bunga merupakan salah satu bagian bunga yang terpenting sebagai penyanggah mekarnya bunga, kelopak bunga sendiri seperti bunga dari kuncup lalu mengembang sebagaimana bunganya yang mekar.

Benang sari

Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin bagi bunga, namun tidak semua jenis bunga memiliki benang sari.

Terdapat 3 bagian dari benang sari yang harus diketahui :

  • Antheral sebutan lainnya adalah kepala sari
  • Polen kata lain dari serbuk sari
  • filament umumnya disebut dengan Tangkai sari

Putik

Putik pada bunga terbagi menjadi dua bagian, berikut uraiannya.

  • Kepala Putik (Stigma)
    Kepala puti (stigma) memiliki fungsi sebagai tempat dan jalan melekat serta masuknya polen yang berasal dari bagian kepala sari untuk kemudian diletakkan ke bagian ovarium/inti telur dengan melalui jalan tabung serbuk sari.
  • Tangkai Putik (Stilus)
    Tangkai putik (stilus) mempunyai fingsi sebagai menyangga kepala putik supaya tetap berada di posisi yang tepat. Tangkai putik mempunyai saluran atau rongga sebagai jalan polen masuk untuk diteruskan menuju ovarium yang tujuannya untuk menghasilkan pembuahan.

Bakal Buah (Ovarium)

Dimana tempat terjadinya peleburan dimana diharapkan akan terbentukalah pembuahan.

Bakal Biji (Ovulum)

Tempat menghasilkan biji yang matang, sebagai bibit bunga yang baru.

Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian bunga paling bawah, berfungsi sebagai penyangga bunga dan sebagai penghubung bunga dengan ranting.

Dasar Bunga

Adalah bagian bunga diatas kelopak bunga, dasar bunga juga mempunyai fungsi untuk meletakan ataupun tempat bertumpunya mahkota pada bagian bunga,.

Daun Pelindung (Brachtea)

Daun pelindung adalah daun yang terletak tepat dibawah bunga, yang terdekat dengan tangkai bunga, berfungsi untuk melindungi bunga .

Daun tangkai bunga

Brachteola  merupakan sebutan lain dari daun tangkai bunga. Daun tangkai bunga adalah suatu bagian dari bunga yang berupa daun befungsi sebagai pelindung bunga juga.

Sekian pembahan tentang Bagian-Bagian Bunga, tumbuhan cantik yang dapat memanjakan mata. Jangan lupa rawat dan sayangi tanaman kalian guys, mereka butuh tuannya. Semoga bermanfaat salam baca dan sampai jumpa lagi nanti diartikel lainnya guys.

Baca Juga :

(Visited 43 times, 1 visits today)
Baca Juga :  RNA : Pengertian, Fungsi dan Struktur