Pengertian Direktur : Tugas dan Tanggung Jawab

Posted on

Pengertian Direktur – Halo sobat dosenpintar.com, kali ini kami akan mengulas artikel tentang Pengertian Direktur beserta tugas dan tanggung jawabnya. Pada artikel sebelumnya kita telah mengulas mengenai  Pengertian produksi, Tujuan, Fungsi serta jenisnya. Yuk langsung aja sobat simak artikel lengkapnya di bawah ini.

pengertian direktur

Pengertian Direktur Secara Umum

Direktur merupakan seseorang yang telah ditunjuk untuk memimpin Perseroan terbatas (PT). Baik karena seseorag itu memiliki perusahaan/pt tersebut ataupun karena ditunjuk oleh pemilik usaha untuk emimpin perusahaan/pt. Atau secara singkatnya direktur merupakan seseorang yang memimpin dalam sebuah perusahaan.

Untuk menetapkan direktur telah diatur dalam UU No. 40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas dimana dijelaskan dan menentukan fungsi, wewenang serta tanggung jawab seorang direktur. Dalam sebuah perusahaan setidaknya ada satu orang yang ditunjuk menjadi seorang direktur dengan metode yang telah ditentukan dalam Anggaran Dasar Perusahaan untuk menentukan seorang direktur.

Pengertian Direktur Menurut ahli

  • Menurut KKBI

    Pengertian direktur menuut KBBI yaitu pemimpin tertinggi dalam suatu perusahaan yang bertugas memberikan bimbingan melalui pengarahan, nasihat, bantuan, penerangan, dan lain sebagainya.

  • Menurut Wikipedia

    Merupakan orang yang diberikan wewenang dan ditunjuk dalam rangka memimpin suatau perusahaan baik swasta/pemerintah

 

Tugas Direktur Secara Umum

Tugas direktur ternyata bukan hanya menghadiri sebuah rapat saja karna tugas dan tanggung jawab direktur dibagi menjadi beberapa bagian. Adapun tugas direktur secara umum yaitu :

  • Mengimplementasi visi dan misi dari perusahaan yang dipimpin
  • Menyusun strategi bisnis untuk memajukan perusahaan
  • Melakukan evaluasi terhadap perusahaan yang dipimpin
  • Melakukan rapat dengan semua jajaran yang ada pada perusahaan tersebut
  • Menunjuk orang yang mampu memimpin
  • Mengawasi suatu bisnis dan proses bisnis perusahaan yang dia pimpin

 

Tugas Direktur Secara Khusus

Setelah anda mengentahui pengertian tugas direktur secara umum, maka selanjutnya adalah tugas direktur secara khusus tugas direktur antaralain :

Direktur Utama

Direktur utama memiliki tugas yang penting seperti menjadi koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pengelola, sekaligus pemimpin dalam perusahaan yang ia pimpin.

Direktur Operasional

Sementara tugas direktur operasional yaitu bertanggung jawab terhadap semua kegiatan operasional perusahaan, mencakup proses perencanaan hingga pelaksanaan operasional. Direktur operasional sangat berkaitan pada bidang perusahaannya.

Direktur Keuangan

Tugas direktur keuangan tentu saja hanya meliputi bagian keuangan. Seperti mengawasi laporan keuangan, maupun menyusun strategi keuangan bagi sebuah perusahaan.

Direktur Pemasaran

Sementara direktur pemasaran bertanggungjawab pada operasi pemasaran secara keseluruhan perusahaan seperti merencanakan, mengarahkan dan mengawasi seluruh kegiatan pemasaran perusahaan.

Direktur Personalia

Adapun direktur personalia memiliki tugas untuk mengelola seluruh karyawan yang berada di dalam perusahaan. Dimana direktur personalia membantu karyawan untuk menyesuaikan diri dengan perusahaan tersebut.

Tanggung Jawab Direktur

Direktur memiliki tanggung jawab yang cukup berat karena harus mengatur perusahaan secara menyeluruh. Adapun tanggung jawab direktur perusahaan secara garis besar antaralain :

  1. Membuat kebijakan-kebijakan dalam perusahaan yang dipimpin.
  2. Memilih, menentukan, dan mengawasi pekerjaan setiap karyawan.
  3. Menyetujui anggaran tahunan perusahaan dan melaporkan laporan pada pemegang saham.
  4. Bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh perusahaan

 

Perbedaan Direktur dan Manajer

Meskipun kedua jabatan ini hampir memiliki persamaan, tetapi terdapat perbedaan mendasar dalam definisi keduanya, dimana Manajer adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengendalikan organisasi. Sedangkan direktur merupakan anggota organisasi yang dipilih dan ditunjuk untuk menjaga aktivitas organisasi/perusahaan.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Direktur : Tugas dan Tanggung Jawabnya. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi sobat dosenpintar.com, jangan lupa untuk terus kunjungi dosenpintar.com untuk artikel-artikel edukasi lainnya.

Baca Juga :

 

(Visited 1,468 times, 20 visits today)
Baca Juga :  Teori Pembentukan Tata Surya