Pengertian Produk

Pengertian Produk – Halo sobat dosenpintar.com semuanya, kali ini kami akan membahas sebuah artikel mengenai pengertian produk beserta ulasan lengkapnya. Nah bagi sobat yang penasaran bisa langsung simak artikel berikut.

pengertian produk
 

Pengertian Produk Secara Umum

Apa sih pengertian produk itu sendiri? Yaitu suatu hasil dari sebuah proses produksi yang dikerjakan atau dihasilkan dari pihak produsen yang nantinya hasil tersebut akan dijual kepada konsumen yang membutuhkan.

Proses pada sebuah produksi seringkali disebut dengan kegiatan mengolah bahan baku dengan memanfaatkan peralatan sehingga dapat menghasilkan suatu produk yang lebih bernilai dari bahan awalnya.
 

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Sedangkan menurut para ahli pengertian produk antaralain :

  • Menurut Tjiptono

    Beliau mengatakan bahwa pengertian produk yaitu barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh pihak produsen kepada pihak konsumen untuk diperhatikan, dibeli, serta digunakan.

  • Menurut KKBI

    Sedangkan menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditambah gunanya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu.

  • Menurut Philip Kotler

    Adapun menurut beliau, produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan, dimiliki, dipergunakan atau dikonsumsi oleh konsumen sehingga dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan termasuk didalamnya fisik, jasa, orang, tempat organisasi dan gagasan.

 

Karakteristik Produk

Produk yang baik di mata konsumen memiliki karakteristik antaralain seperti:

1. Awet Atau Tahan Lama

Para konsumen tentunya sangat menyukai produk yang tahan lama dan awet sehingga tidak mudah rusak, misalnya seperti ponsel yang harganya murah tapi memiliki daya tahan yang baik. Dengan daya tahan yang bagus, memungkinkan produk telepon genggam sangat disukai hingga laku di masyarakat Indonesia.

2. Perawatan Yang Mudah

Selain menyukai produk yang awet dan tahan, konsumen juga menyukai produk yang mudah untuk dirawat, contohnya seperti pakaian atau sepatu, banyak sekali masyarakat yang menyukai pakaian dan sepatu yang nyaman digunakan karena selain mudah digunakan sepatu tersebut biasanya mudah untuk dibersihkan.

3. Murah

Tentu saja produk dengan harga yang relatif murah akan sangat disukai oleh para konsumen, namun meskipun harganya terjangkau tentunya produk tersebut harus memiliki kualitas yang cukup baik agar bisa diterima oleh para konesumen. Seperti produk ponsel pintar, dimana konsumen lebih memilih produk yang relatif murah tapi memiliki kualitas yang cukup baik.
 

Tujuan Produk

Adapun tujuan dari adanya sebuah produk bagi masyarakat yaitu :

1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Tujuan yang pertama dari suatu produk tentunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Walaupun setiap elemen masyarakat memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk dapat melangsungkan kehidupannya. Hal ini lah yang membuat para produsen melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan produk supaya kebutuhan masyarakat tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

2. Memperoleh Keuntungan

Dengan produk yang mereka jual kepada para konsumen atau masyarakat yang membutuhkan, tentunya para produsen ini mengaharpakan adanya suatu keuntungan dari semua kegiatan produksi yang mereka lakukan.
 

Klasifikasi dan Jenis-Jenis Produk

Adapun jenis-jenis dan klasifikasi sebuah produk antaralain :

A. Produk Konsumsi

Produk konsumsi merupakan produk yang dibeli oleh para konsumen lalu digunakan langsung sehingga tidak dijual kembali. Masyarakat pada umumnya mengonsumsi produk antaralain:

  1. Produk kebutuhan sehari-hari.
  2. Produk belanjaan.
  3. Produk khusus.

B. Produk Industri

Produk industri merupakan produk yang dibeli oleh produsen atau perusahaan dan produk tersebut nantinya akan dijual kembali.

C. Produk Berdasarkan Wujud

Produk berdasarkan wujudnya dapat diklasifikasikan kedalam dua kelompok, antaralain:

  1. Barang, yaitu sebuah produk yang memiliki fisik, sehingga dapat dilihat dan diraba.
  2. Jasa, yaitu produk yang berupa aktivitas dan memberikan suatu manfaat dan kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Contohnya seperti bengkel, salon kecantikan, hotel dan sebagainya.

D. Produk Berdasarkan Daya Tahan

Produk berdasarkan daya tahan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu

  1. Barang tidak tahan lama, yaitu barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam satu atau beberapa kali pemakaian. Contohnya: sabun, pasta gigi, minuman kaleng, dan sebagainya.
  2. Barang tahan lama, merupakan kebalikan dari barang tak tahan lama, dimana barang ini memiliki ketahanan seperti umur untuk pemakaian normal adalah satu tahun lebih. Contohnya: lemari es, mesin cuci, pakaian dan lain-lain.

 

Tingkatan Produk

Terdapat lima tingkatan yang terdapat pada sebuah produk, antaralain :

  1. Manfaat yang terdapat dalam produk yang ditawarkan kepada konsumen.
  2. Bentuk dari suatu produk yang dapat dilihat dan dirasakan oleh konsumen.
  3. Serangkaian atribut-atribut produk dan kondisi-kondisi yang diharapkan oleh pembeli pada saat membeli suatu produk.
  4. Terdapat perbedaan antara produk yang ditawarkandengan produk yang ditawarkan oleh pesaing.
  5. Terdapat gambaran mengenai perubahan bentuk yang akan dialami oleh produk dimasa yang akan datang.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Produk beserta penjelasan lengkapnya. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi sobat dosenpintar.com semua. Terimakasih atas perhatiannya sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

 

(Visited 55 times, 5 visits today)
Baca Juga :  Pengertian Administrasi, Unsur, Jenis dan Fungsi