Contoh Penutup Makalah

Posted on

Contoh Penutup Makalah – Makalah sering kali menjadi tugas kita saat mengenyam pendidikan, maka dari kita tentunya menginginkan hasil tugas yang kita kerjakan ini sempurna bukan ? penutup makalah salah satunya kita harus menyusunnya dengan benar, maka dari itu dosenpintar.com kali ini akan membagikan artikel mengenai Contoh Penutup Makalah, yang meliputi Cara Membuat Kata Penutup dalam Makalah, Contoh Penutup Makalah yang Baik dan Benar selengkapnya mari kita uraikan dibawah ini.

Contoh Penutup Makalah
Contoh Penutup Makalah

Cara Membuat Kata Penutup dalam Makalah

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menutup makalah adalah sebagai berikut.

Berisi tentang penjelasan singkat

Penutup makalah memang hendaknya berisi penjelasan singkat mengenai semua bahasan dalam makalah dan juga penyampaian permohonan maaf apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan serta ucapkan juga terima kasih.

Fokus Merangkum Isi Makalah

Maksudnya isi penutup fokus pada penggambaran menyeluruh dari semua isi artikel yang telah dibahas sehingga tidak menimbulkan pertanyaan baru lagi.

Memberikan Saran yang Tepat

Setiap bagian penutup makalah tentunya akan ada saran, berikan saran yang tepat sesuai dengan tema makalah yang memang benar dirasa saran yang diberikan dapat memberikan hal yang positif atau memberikan masukan yang akan membuat suatu hal menjadi lebih baik lagi.

Contoh Penutup Makalah yang Baik dan Benar

Adapun contoh penutup makalah yang baik dan benar dapat kita lihat sebagai berikut.

Contoh Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah

Kesimpulan

Baca Juga :  Pengertian Latar Belakang Penelitian dan Makalah

Dari sini kita menyadari bahwa dampak sampah sangatlah banyak maka dari itu kita harus pandai untuk mengatasi masalah sampah ini, baik secara individu maupun bersama sama orang orang yang satu lingkungan dengan kita. Untuk menghindari bencana alam, wabah penyakit serta kenyamanan tempat tinggal.

Jangan menyepelekan masalah sampah ini, karena dalam kurun waktu satu hari saja hitungan peningkatan sampah dapat sangat pesat hal ini lama kelamaan akan mengalahkan manusia, maksudnya dampaknya akan kembali lagi pada manusia. Jadilah individu yang peduli terhadap lingkungan untuk kebaikan semua.

Saran

Seharusnya masalah sampah ini ditangani secara bersama sama baik dari masyarakat maupun dari pihak peerintahan, mungkin bisa dengan mendirikan tempat sampat dibeberapa tempat dengan pekerja yang dapat mengolahnya untuk mengurangi populasi sampah yang bertebaran dimana mana.

Contoh Penutup Skripsi

Baca Juga : Contoh Proposal Skripsi

Contoh Penutup Skripsi

Kesimpulan

Dari penelitian dapat kami simpulkan bahwa:

  1. Masih banyak anak bangsa yang tidak mengenyam pendidikan dikarenakan faktor biaya dan belu adanya kesadaran orang tua bahwa pendidikan itu penting bagi anak pedalaman.
  2. Masih banyak sekali ketertinggalan yang mereka alami meskipun tidak terlalu berdampak pada mereka karena mereka sudah terbiasa dengan kondisi dan lingkungan mereka.
  3. Banyak terjadinya pernikahan dini dan anak yang membutuhkan gizi.

Keterbatasan Penelitian

Keterbatasan dari peneitian ini terletak pada susahnya untuk mengakses tempat tinggal masyarakat pedalaman, kurangnya narasumber yang berwawasan sehingga hanya dapat menggali informasi seadanya saja, dan juga dengan meneliti sendiri apa saja yang menjadi beban masyarakat pedalaman.

Saran

Ada baiknya mengutamakan kesejahteraan masyarakat pedalaman bangsa ini, untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melengkapi fasilitas yang dapat mempermudah kehidupan masyarakat pedalaman seperti akses jalan, mendirikan sekolah, membangun jembatan, klinik kesehatan air bersih dan sumber listrik.

Baca Juga :  Pengertian Assessment

Contoh Penutup Laporan Prakerin

Contoh Penutup Laporan Prakerin

Kesimpulan

Setelah penyusun membahas pada bab sebelumnya mengenai General Network Operational di PT. Perdamaian distrik Barat IT Section penyusun dapat menyimpulkan bahwa PT. Perdamaian distrik Barat merupakan salah satu kontraktor pertambangan batubara. Untuk costumer PT. Abadi Persero yang bergerak dibidang pertambangan. Sistem pengoperasian proses data di PT. Perdamaian distrik Barat menggunakan media komputer yang berada terpisah dimasing-masing ruangan atau department. Untuk mempermudah pengoperasian proses data, maka digunakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lain ditempat yang berbeda seperti antar satu departement ke departement yang disebut dengan jaringan LAN dan WAN. Di PT. Perdamaian distrik Barat jaringan LAN menggunakan media kabel (Wire Network), sedangkan jaringan WAN menggunakan jaringan tanpa kabel (Wireless Network). Wire Network adalah jaringan yang menggunakan kabel dan Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lain menggunakan sinyal radio sebagai perantara untuk berbagi data, perangkat lunak, dan perangkat keras.

Saran

Adapun beberapa saran yang penyusun ajukan sebagai berikut.

  1. Saran Kepada Pihak Sekolah
  2. Supaya Sekolah lebih giat lagi dalam meningkatkan mutu, baik dari staf pengajar maupun pelajar.
  3. Supaya Sekolah meningkatkan lagi sosialisasi mengenai materi dan proses prakerin.
  4. Mengharapkan agar pembimbing/staf pengajar lebih ditingkatkan lagi agar nantinya siswa-siswi lebih siap mental dan materi yang dapat menunjang keberhasilan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
  5. Saran Kepada Pihak Dunia Usaha/Dunia Industri
  6. Demi terwujudnya tujuan prakerin yang saling menguntungkan kedua belah pihak, diharapkan adanya jalinan komunikasi yang baik, teratur dan berkeseimbangan antara pihak industri dan siswa.
  7. Kepada pihak Dunia Usaha/Dunia Industri agar selalu memberikan bimbingan-bimbingan yang dapat menunjang kreativitas pelajar saat melaksanakan prakerin.
Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi

Contoh Penutup Makalah Kewirausahaan

Contoh Penutup Makalah Kewirausahaan

Kesimpulan

Berwirausaha ini membutuhkan tekad, niat, keberanian dan yakin. Menentukan apa yang akan diwirausahakan merupakan langkah yang baik untuk memulai berwirausaha, menentukan pasar mana yang akan menjadi tujuan dari wirausaha yang didirikan, serta banyak mengikuti pelatihan apapun itu untuk menambah wawasan mengenai wirausaha.

Saran

Sebaiknya rencanakan dengan matang apa yang akan diwirausahakan dan cari solusi atas resiko yang mungkin akan terjadi dimasa mendatang dari usaha yang didirikan.

Demikianlah artikel mengenai Contoh Penutup Makalah semoga dapat menjadi referensi kalian untuk menyusun makalah. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel artikel berikutnya ya guys.

Baca Juga :