Propaganda Adalah

Posted on

Propaganda Adalah – Halo sobat dosenpintar.com penulis akan memberikan kembali sebuah artikel mengenai tentang Propaganda yang meliputi Pengertian Propaganda, Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli, Tujuan Propaganda, Jenis-Jenis Propaganda dan Contoh Propaganda. Untuk itu mari kita simak artikel berikut ini.

Propaganda Adalah

Pengertian Propaganda

Propaganda adalah suatu skema untuk menumpahkan sebuah propaganda dengan suatu doktrin dan tindakan kepada seseorang atau juga sekelompok orang yang akan disebarkan melalui beberapa kata-kata, dengan suara, sebuah iklan komersial, jenis musik, gambar dan juga simbol-simbol lain.

Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

Adapun pengertian dari propaganda menurut dari definisi beberapa ahli adalah sebagai berikut.

  • Menurut KBBI

    Propaganda adalah suatu penerangan atau paham, pendapat, dan lain sebagai yang menjadi benar dan salah yang mungkin dikembangkan dengan sebuah tujuan untuk meyakinkan orang supaya menganut sebuah aliran, sikap, dan juga arah dari tindakan tertentu.

  • Menurut Ralph D. Casey

    Propaganda adalah sebuah bentuk usaha yang akan dilakukan secara sengaja serta sadar untuk menetapkan sebuah sikap dan mengubah suatu pendapat yang telah berkaitan dengan doktrin atau juga program dari dipihak lain merupakan sebuah yang sadar dari berbagai lembaga-lembaga komunikasi untuk dapat menyebarkan fakta di dalam semangat obyektivitas dan juga kejujuran.

  • Menurut Barnays

    Propaganda yang modern merupakan usaha yang memiliki sifat yang konsisten dan juga secara terus menerus untuk dapat menciptakan dan membentuk berbagai peristiwa dengan tujuan mempengaruhi sebuah hubungan publik terhadap sebuah penguasa serta kelompok.

  • Menurut R.A santoso sastropoetro

    Propaganda adalah bentuk penyebaran dari pesan yang telah lebih dulu direncanakan dengan cara teliti untuk dapat mengubah sikap, padangan, pendapat serta tingkah laku dan penerima dari komunikasi sesuai dengan sebuah pola yang ditetapkan oleh para komunikator.

  • Menurut Lasswell

    Propaganda secara luas ialah suatu teknik untuk dapat mempengaruhi semua kegiatan manusia dengan sebuah memanifulasikan representasinya.

Tujuan Propaganda

Berikut merupakan tujuan dari adanya propaganda adalah sebagai berikut.

Mempengaruhi Opini Publik

Propaganda ini tidak saja bertujuan untuk dapat mengkomunikasikan berbagai fakta-fakta kepada publik, namun juga fakta-fakta yang akan mempengaruhi opini publik terhadap sebuah isu tertentu. Perubahan dari pendapat umum dapat berupa positif dan juga negatif.

Memanipulasi Emosi

Propaganda dapat dilakukan dengan melalui beberapa teknik dengan manipulasi emosi, bahkan juga sering dilakukan dengan berbagai  cara yang membahayakan. Melalui beberapa teknik propaganda propagandis dapat memanipulasi kata, dari suara, berbagai simbol, pesan non verbal supaya dapat membangkitkan emosi para audience.

Jenis-Jenis Propaganda

Sedangkan jenis dari propaganda terbagi mejadi beberapa jenis berikut ini, antara lain.

  1. White propaganda
    yaitu propaganda tertutup atau dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Dimana progandis tidak secara terang-terangan menyerang orang yang dikenai propaganda.
  2. Black propaganda
    yaitu propaganda terbuka dimana menyerang narasumber yang dikenai propaganda secara terang-terangan atau terbuka.
  3. Grey propaganda
    yaitu propaganda yang belum diketahui pasti dari mana sumbernya maka dapat dengan menimbulkan sebuah keraguan.
  4. Ratio propaganda
    Propaganda jenis ini lebih kepada perpaduan serta membuat nama yang terbaik, menawarkan sebuah hubungan persahabatan dan juga meningkatkan moral dari suatu perkara.

Teknik-teknik Propaganda 

Berikut merupakan beberapa teknik dari propaganda, antara lain

  • Name calling

Dengan memberikan cap buruk terhadap suatu individu, kelompok, kepercayaan dan lain sebagainya.

  • Glittering Generalities

Mengesankan sebuah kebijakan dengan perasaan, pengalaman dan berbagai hal yang mengandung unsur perasaan serta kebijakan.

  • Testimonial

Teknik ini memberikan sebuah kesaksian tentang  kebaikan serta keburukan. Sebagai bahan mempengaruhi masa untuk ikut dengan yang mereka lakukan.

  • Card Stacking

Teknik dengan mengarahkan masyarakat pada keadaan pemikiran yang turut dikehendaki. Dalam teknik ini akan digunakan seni untuk mengelabui kepentingan kelompok, sebuah bangsa, suatu perbuatan, dengan kepercayaan, dan cita-cita.

  • Band Wagon technique

Teknik dengan tujuan untuk menjadikan orang supaya mengikuti tindakan dari banyak orang yang telah sesuai dengan kehendak dari pembuat propaganda.

  • Reputable Mouthpiece

Teknik yang akan dilakukan dengan dapat mengemukakan sesuatu yang tidak mungkin sesuai dengan kenyataan. Teknik ini umumnya digunakan oleh seorang yang akan menyanjung seorang pemimpin, namun tidak tulus.

  • Using All Form of Persuations

Teknik ini untuk membujuk semua orang dengan memberikan rayuan, himbauan, dan juga iming-iming. Teknik dari propaganda ini juga sering digunakan di dalam pemilu.

Contoh Propaganda

Contoh Propaganda

Contoh propaganda misal RRI dan juga TVRI kedua media tersebut dari dahulu hingga sekarang masih tetap digunakan sebagai alat komunikasi pemerintah dengan menyampaikan informasi mengenai kebijakan pemerintah pada rakyat indonesia dengan luas.

Contoh lain propaganda yaitu ketika ada seorang yang berperan sebagai moderator acara dari silahturahmi sebuah organisasi yang akan mengatakan bahwa dari pembicara yang mereka undang tidak dapat datang karena ada penculikan oleh BIN “Badan Intelegen Negara” namun tuduhan tersebut tidak terbukti sama sekali.

Demikianlah artikel yang mengenai tentang Propaganda, dengan tujuan untuk berbagi informasi dan menambah ilmu pengetahuan sobat sekalian. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Baca Juga :

Baca Juga :  Teknik Pengumpulan Data