Pantun Perpisahan

Posted on

Pantun Perpisahan – Kata orang tidak ada pertemuan yang tidak merasakan perpisahan, berarti  suatu pertemuan sudah pasti akan merasakan perpisahan, baik itu karena perpindahan, pekerjaan, cinta dan lain sebagainya. Bukan hanya barisan kalimat sedih saja tempat untuk meluapkan rasa akan pedihnya perpisahan, harus kalian ketahui dengan pantun kalian juga bisa ungkapkan kata untuk perpisahan.

Nah berhubungan dengan perpisahan yang bisa diungkapkan melalui pantun maka dari itu dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai Pantun Perpisahan dengan bahasan yang meliputi Pantun Perpisahan Cinta Tak Direstui, Contoh Pantun Perspisahan, Pantun Perpisahan Sekolah, Pantun Perpisahan Teman Kerja, Perpisahan Dari Guru Untuk Siswa, Pantun Perpisahan Pimpinan Kantor, Pantun Perpisahan Kerja Lucu, Pantun Perpisahan Bagi Pasangan, Pantun Perpisahan Karena Kematian, Pantun Menyembuhkan Patah Hati, Pantun Hari Terakhir Perjumpaan untuk lebih jelasnya mari kita simak uraiannya dibawah ini.

Pantun Perpisahan
Pantun Perpisahan

Pantun Perpisahan Cinta Tak Direstui

Cinta yang tidak direstui merupakan faktor kesedihan dan patah hati atas dua insan yang saling mencintai namun tak bisa bersama. Meninggalkan cinta dengan alasan cinta juga, restu orang tua memang masih diatas segalanya bagi seorang anak untuk melakukan sesuatu dalam semua hal termasuk cinta. Dengan keadaan ini ada beberapa pantun yang merupakan gambaran atas keadaan cinta yang tidak direstui berikut ini.

Contoh Pantun Perpisahan Cinta Tak Direstui

Kalau pergi ke kota Palembang

Jangan lupa jalan jalan ke jembatan ampera

Cukup sampai disini jalinan sayang

Supaya tidak lebih dalam hati terluka

Pempek palembang gurih rasanya

Makannya pakai kuah cuka

Tak kan bahagia kisah kita

Jika restu orang tua jadi nomor dua

Contoh Pantun Perspisahan

Pantun Perpisahan Sekolah

Pelajar dari TK-SMA akan mengalami perpisahan diakhir pendidikan nanti, tentunya bukan hal menyenangkan berpisah dengan teman teman yang telah bertahun tahun bersama untuk belajar, bermain, dan sering juga bersama diluar sekolah. Mengenai hal ini berikut kami berikan beberapa contoh pantun perpisahan sekolah.

Contoh Pantun Perpisahan Sekolah

Seribu bunga tumbuh ditaman

Kaki tak leluasa untuk menginjak

Hari ini biarkan kita berpisah kawan

Kembali bersama saat tuhan berkehendak

Lemari kaca licin bersih mengkilat

Ingin rasanya bersender berkaca

Walau pertemuan ini cukup singkat

Harap jangan lupakan kisah kita bersama

Pantun Perpisahan Teman Kerja

Bukan hanya dilingkungan sekolah, dilingkungan kerja pun kita akan mengalami perpisahan, baik kita yang meninggalkan atau kita yang ditinggalkan. Untuk itu berikut kami berikan contoh mengenai pantun perpisahan teman kerja.

Contoh Pantun Perpisahan Teman Kerja

Bulan datang dimalam hari

Meski satu ditemani berjuta bintang

Maafkan salah ku selama ini

Sampai jumpa diwaktu mendatang

Seminggu waktu berjalan tak terasa

Sebulan lalu aku sudah lupa

Disini aku berdiri tertawa bahagia

Memandangi kamu berjaya disana

Perpisahan Dari Guru Untuk Siswa

Disaat akhir semester atau untuk siswa siswi yang hanya akan menghitung hari lagi berada disekolah, tentunya guru pun merasa berat melepaskan muridnya namun mereka biarkan mereka tak halangi karena mereka tahu diluaran sana muridnya akan berjaya akan berhasil dan turut membuat para guru bangga. Untuk itu disini kami berikan contoh pantun dari guru untuk siswa.

Perpisahan Dari Guru Untuk Siswa

Ikan pari lebar ukurannya

Ikan lumba lumba hobi melompat

Kami rela kalian murid mengembara

Jika berjaya hampiri kami masih ditempat

Tarian Indonesia elok gerakannya

Musiknya menyejukkan hati

Jika nanti sudah berjaya

Jangan lupakan tempat menimba ilmu ini

Pantun Perpisahan Pimpinan Kantor

Bukan hanya karyawan saja yang keluar atau pindah pekerjaan sehingga terjadi perpisahan, namun juga pada pimpinannya. Ada pimpinan yang berpindah karena ditugaskan ditempat lain ada juga pimpinan yang berpindah karena kan mendirikan usaha sendiri dan banyak lagi alasan lainnya. Dalam keadaan ini kami berikan contoh pantun mengenai perpisahan pimpinan kantor.

Pantun Perpisahan Kerja Lucu

Perpisahan kerja ini memang sulit untuk dilakukan karena tidak mudah menemukan rekan kerja yang sepemikiran dengan kita, saling menghargai, saling mengerti untuk bisa menyelesaikan tugas yang diberikan atasan. Bukan tak sedih jika harus berpisah namun dengan guyonan mungkin sedikit mengesampingkan rasa sedih karena teringat akan usia yang tak lagi muda hehe. Untuk lebih mudahnya kami berikan dua contoh pantun perpisahan kerja lucu berikut ini.

Contoh Pantun Perpisahan Kerja Lucu

Meja ini digunakan untuk tempat makanan

Meja disana khusus untuk buku

Nanti dilain waktu kita berjumpa kawan

Kuharap kamu sudah tak lagi bau

Sempat tidak sempat diusahakan sempat

Orang lain datang kawan semakan tak jumpa

Bukan ku iri kamu yang mendapat

Pintaku kamu tetap disini aku yang disana

Pantun Perpisahan Bagi Pasangan

Setiap pasangan tentunya tak ingin mengalami perpisahan, kenapa mau bersama jika akhirnya mengharapkan pisah. Meski berat jika suatu keadaan tak memungkinkan lagi untuk satu pasangan bersama lagi perpisahan akan terjadi. Dari perpisahan dapat kita dapatkan dua contoh pantun bagi pasangan berikut ini.

Pantun Perpisahan Bagi Pasangan

Andai pelangi tak terhalang awan

Biarkan warnanya berbagi keindahan

Jika tak ada lagi pilihan selain perpisahan

untuk terakhir kalinya ku pandang keindahan

Benang merah dijahit dengan dasar merah

Kancingnya diberi warna hitam

Sungguh keadaan membuatku marah

Namun aku tak punya kekuatan untuk menikam

Pantun Perpisahan Karena Kematian

Perpisahan sesungguhnya itu adalah kematian, seberapa kuat yang ditinggalkan meminta yang meninggalkan kembali tidak akan bisa lagi. Penulis membagikan 2 contoh pantun perpisahan karena kematian sebagai berikut.

Pantun Menyembuhkan Patah Hati

Pantun ini biasanya dibuat untuk menyampaikan bahwa hati tak lagi patah, telah sembuh dan telah menemukan obatnya. Dititik ini sesorang benar akan menemukan kisah baru atau masih akan terperangkap kisah lama. Berikut contoh mengenai pantun menyembuhkan patah hati.

Pantun Menyembuhkan Patah Hati

Keras karang kalah akan ombak

Keras hati kalah akan keikhlasan

Kubiarkan kau bertindak

Aku benar ikhlas tak beralasan

Minyak wangi harum dipakai

Baju baru harum sendiri

Kamu harus tahu aku ikhlas dini

Tertawa melihat kalian kembali

Pantun Hari Terakhir Perjumpaan

Ada dua kemungkinan untuk hari terakhir berjumpa ini, terakhir berjumpa dan tak tahu kapan akan reuni kembali atau benar benar hari terakhir berjumpa karena pulang pada sang pencipta. Benar bukan hal menyenangkan bukan membahas perpisahan ini namun ini hanya sebagai pengetahuan dan informasi kita semua jangan baper. Berikut kami akan berikan 2 contoh lagi untuk pantun hari terakhir perjumpaan.

Contoh Pantun Hari Terakhir Perjumpaan

Andai badai bisa dilawan

Andai langit bisa digapai

Jika ini hari terakhir kawan

Kunjungi aku meski hanya lewat mimpi

Kentang goreng sup kentang

Sambel wortel jus mentimun

Jika diberi umur panjang

Usahakan berjumpa dalam lamun

Demikianlah artikel mengenai Pantun Perpisahan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga yang pernah ditinggal akan menjadi lebih kuat. Kembali ke realita hidup masih terus berjalan. Sampai jumpa diartikel selanjutnya.

Baca Juga :