Pengertian Proxy Server

Posted on

Hallo para pencari ilmu yang tak pernah lelah untuk membaca hehe, jumpa kembali dalam artikel di dosenpintar.com  Artikel kali ini akan membahas mengenai Proxy Server. Ada yang sudah pernah mendengar mengenai istilah Proxy server? Atau pernah menggunakan proxy server? Atau bahkan belum pernah sama sekali mendengarnya, jangan khawatir langsung saja simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

Pengertian Proxy Server

Pengertian Proxy Secara

Proxy Server adalah sebuah server atau induk  komputer yang menyediakan banyak layanan untuk meneruskan semua permintaan para user ke server-server lainnya yang berada di ruang lingkup internet. Dengan adanya proxy server ini maka satu komputer dengan komputer lainnya dapat terhubung melalui sistem iternet.

Pengertian Proxy Server Menurut Para Ahli

Wagito

Proxy Server menurut  Wagito merupakan gerbang atau induk komputer yang diletakkan di antara aplikasi client dan aplikasi server-server lain  yang dihubungi. Aplikasi client berupa client FTP, browser web, , dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server FTP, sever web, , dan sebagainya. Proxy Server dapat digunakan sebagai pengendali dan pemonitoring jalannya paket data atau lalu lintas paket data yang akan melewatinya.

Menurut Wikipedia

Proxy server memiliki pengertian sebuah komputer induk atau suatu program komputer yang memiliki kemampuan untuk bisa berperan sebagai komputer yang lain untuk melakukan dan merespon permintaan terhadap konten-konten dari intranet dan juga internet.

Cara Kerja Proxy Server

Prinsip cara kerja proxy server dari pengertian proxy server kita dapat menyimpulkan bahwa proxy server memiliki peran sebagai penghubung banyak komputer dengan internet, jadi cara kerja program proxy server ini yaitu user(pengguna) menggunakan layanan pada proxy server selanjutnya melakukan permintaan (request) data atau file yang ada di internet. Kemudian proxy server akan melanjutkan permintaan yang ada ke internet dengan pengibaratan server  yang memintanya. Jika user (pengguna) telah mendapatkan permintaan dari proxy server akan memberi tanggapan kepada user (pengguna) dimana proxy server yang menjadi server public. Kesimpulannya proxy server dapat menyembunyikan identitas alamat IP seseorang atau suatu perusahaan.

Baca Juga :  Pengertian BIOS

Fungsi Proxy Server

Berikut ini pemaparan 3 fungsi utama dari proxy server yang harus kita diketahui:

  1. Connection Sharing

Disini proxy server memiliki fungsi secara teknis untuk menjadi sebuah gerbang dan juga berperan untuk memberi batas kepada penggunaan jaringan lokal serta jaringan luar. Sehingga jaringan komputer suatu perusahaan dapat mengakses sambungan gerbang dari jaringan lokal ke jaringan internet (luar)  secara bersamaan.

  1. Fungsi Filtering

Dalam fungsi ini, proxy server berperan seperti Firewall sebagai sistem penyaringan atau filtering sebuah jaringan internet supaya semua paket-paket data yang akan ditransmisikan discan dan difiltering untuk mengurangi kemungkinan gagal. Selain itu tujuan lainnya untuk melindungi jaringan lokal suatu perusahaan dari serangan jaringan luar seperti diretas. Selain itu proxy server  juga bisa membantu meminimalis serangan dari virus atau malware yang akan sangat merugikan.

  1. Fungsi Caching

Ketika anda melakukan suatu pencarian pada sebuah situs tertentu maka data-data tersebut akan tersimpan dalam bentuk cache. Semua data yang anda minta dan anda akses akan tersimpan pada proxy server. Kesimpulann dari fungsi ini dapat dimanfaatkan sebagai pendeteksi semua dokumen yang sering anda akses di suatu komputer yang terhubung ke proxy server.

Manfaat Proxy Server

  1. Dapat menghemat bandwith

Proxy server dapat dimanfaatkan sebagai penghemat penggunaan bandwith, dari koneksi internet pengguna karena ada proses caching yang akan menyimpan cookies dari beberapa situs web yang anda akses.

  1. Dapat meningkatkan kinerja Internet

Proxy server juga dapat membantu kinerja suatu jaringan internet pengguna, karena adanya manfaat penghemat bandwith.

  1. Bisa memblokir situs tertentu

Proxy server mampu secara otomatis memblokir beberapa situs web yang mengandung unsur sara, atau situs web yang tidak diinginkan menggunakan fitur filtering. Dengan adanya manfaat tersebut, dapat mencegah orang yang akan membuka situs web terlarang.

  1. Keamanan pada jaringan komputer

Proxy server mampu meningkatkan sistem keamanan komputer dari berbagai serangan virus juga gangguan malware.

  1. Akses internet menjadi lebih cepat

Proxy server juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja lingkup internet. Maka akan mempermudah pengaksesan internet menjadi lebih efektif dan cepat.

Baca Juga :  Pengertian Komputer

Jenis-Jenis Proxy Server

1. Proxy Anonim (Anonymous Proxy)

Proxy anonim  adalah  salah satu  jenis proxy yang tidak melakukan pembuatan alamat IP asli pengguna yang  terdeteksi dan hanya akan terlihat  alamat IP samaran yang tidak mengandung unsur mencurigakan di ruang lingkup dunia maya. Proxy anonim  ini digunakan  ketika seorang pengguna mengakses website, dengan otomatis website yang diakses  akan mengetahui alamat IP  pengguna. Tetapi jika menggunakan proxy anonim, website itu hanya akan melihat alamat IP samaran. Kesimpulannya jenis proxy  ini dapat digunakan untuk menampilkan samaran alamat IP asli bahkan  dengan menggunakan  proxy anonim dapat dipercayai mampu  meningkatkan sistem  keamanan data yang miliki pengguna.

2. High Anonymity Proxy

Jenis Proxy yang  ini tidak mengartikan dirinya sebagai suatu proxy server, hingga proxy ini tidak menyediakan sebuah alamat IP. Ketika user  mengakses  situs web, proxy ini  tidak akan membaca atau tidak terbaca alamat  IP pengguna oleh situs web yang  bersangkutan, dan akan  terbaca sebagai sebuah klien. Dapat diartikan bahwa high anonymity proxy amat  sangat merahasiakan alamat IP pengguna.

3. Proxy Transparan (Transparent Proxy)

Proxy transparan ialah salah satu jenis proxy yang sebaiknya tidak digunakan. Karena proxy  ini  sama  sekali tidak merahasiakan alamat IP pengguna, dengan demikian  alamat IP pengguna  terlihat jelas oleh publik di ruang lingkup dunia maya.  Penggunaan jenis proxy transparan  juga biasa disebut bisa membuat sebuah  alamat IP pengguna akan terblokir permanen, kondisi  ini juga mengakibatkan pengguna tidak memiliki akses untuk membuka beberapa situs-situs tertentu.

4. Reverse Proxy

Reverse proxy pada umumnya digunakan untuk menyediakan jalan dari bermacam  permintaan pengguna dari sistem  internet melalui sebuah firewall yang melalui jaringan  pribadi. Fungsinya sendiri, reverse proxy biasa diaplikasikan  untuk mencegah pengguna terhubung ke internet yang tidak termonitor. Selain itu, jenis proxy ini sering dipakai pada perusahaan yang membatasi usernya untuk membuka situs web tertentu  pada jaringan lokal seperti intranet.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Informasi

Kegunaan Web Proxy

Kegunaan Web Proxy adalah sebagai komputer server (utama) yang mampu bertindak sebagai komputer lain. Web proxy juga memiliki fungsi untuk melakukan permintaan terhadap konten (data) dari suatu jaringan internet dan intranet. Web proxy ini  dapat melakukan hal berikut ini:

  • Dapat menyembunyikan sebuah alamat IP komputer.
  • Memiliki kemampaun unutuk mengakses situs yang terblokir oleh ISP.
  • Bisa memblokir akses terhadap situs sensitif, negatif atau berbahaya.
  • Mampu menyaring cookies yang tidak diinginkan user.
  • Dapat meningkatkan sistem keamanan (privacy) pengguna internet.

Baiklah demkian artikel mengenai proxy server kali ini, semoga bermanfaat dan jangan pelit berbagi ilmu, serta jangan bosan membaca. Tunggu artikel artikel berikutnya yaa guyss. Sampai jumpa.

Baca Juga :