Pengertian TIK

Posted on

Pengertian TIK – Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan ilmu yang berpengaruh sangat penting di era sekarang ini. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Teknologi Informasi, Coba lihat disekeliling kita banyak hal yang dipermudahkan oleh adanya perkembangan teknologi ini.

Tetapi kalian tahu tidak apa sebenarnya pengertian dari TIK ini? Tidak usah risau kali ini dosenpintar.com akan membahas Pengertian TIK Menurut ahli, Sejarah, Manfaat, dan Contoh. Jadi, langsung saja simak artikel dibawah ini.

Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
 

Pengertian TIK

TIK adalah ilmu pengembangan dari beberapa aplikasi yang terdapat pada suatu alat, bisa juga mesin, serta material dan juga mampu membantu manusia memecahkan masalah. TIK ini merupakan perwujudan dari sebuah sistem yang bertujuan mempermudah pekerjaan manusia dengan mengikuti kemajuan perkembangan teknologi dunia.
 

Pengertian TIK Menurut Para Ahli

Williams dan Sawyer (2003)

Menurut mereka ilmu TIK adalah perkembangan teknologi merupakan penggabungan dari beberapa Komputer melalui jalur komunikasi dengan memiliki kecepatan tinggi yang mampu membawa data atau video.

Menurut Eric Deeson

Eric Deeson berpendapat bahwa TIK adalah solusi bagi manusia untuk digunakan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam mengambil, mengolah, memproses dan memindahkan serta berbagi data informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan beberapa pihak yang bersangkutan.

 Puskur Diknas Indonesia

Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi (TIK) adalah suatu bentuk  yang tidak dapat dipisahkan serta memiliki kandungan makna yang luas mengenai tentang semua kegiatan yang dikaitkan dengan semua kegiatan pemrosesan, saat manipulasi, proses pengelolaan, dan pada saat transfer atau memindahkan informasi kepada antar media.

Baca Juga :  Pengertian Teknologi Informasi

Anatta Sannai

Anatta Sannai mengemukakan pendapat bahwa dengan TIK seseorang akan sangat mudah  untuk mendapat informasi atau data orang lain.
 

Sejarah Singkat Perkembangan TIK

  1. Sejak zaman dahulu, dari manusia terlahir kemuka bumi ini manusia sudah mulai berkomunikasi dengan isyarat dan menggunakan simbol.
  2. Selanjutnya diciptakan alat yang dimaksudkan sebgai alat komunikasi seperti terompet, atau asap sebagai isyarat memberitahukan ada bahaya.
  3. Tahun 3000 M, Sejarah menyatakan pertama kali ditemukan tulisan berupa simbol yang digunakan oleh bangsa Humaria.
  4. Selanjutnya pada tahun 1774 SM, Yunani mulai memperkenalkan sistem cara penulisan dari kiri ke kanan menggunakan abjad fonetik.
  5. Tahun 1455, Johann Gutenberg mulai mengembangkan alat berupa mesin cetak yang masih menggunakan huruf plat dari besi dengan bingkai kayu yang bisa diganti.
  6. Pada tahun 1714, Henry Mill seorang ilmuan Inggris berhasil menciptakan sebuah mesin ketik.
  7. Pada tahun 1830, Augusta Lady Byron dan Charles Babbage menulis program komputer menggunakan ide dari mesin Analytical. Pada masa inilah tercipta mesin komputer digital.
  8. Tahun 1837, Samuel Morse Mengembangkan telegraf dan Kode morse sehingga mampu bertukar informasi.
  9. Dan di Tahun 1861, gambar bergerak yang ditampilkan pada sebuah layar, ini menunjukan terciptanya proyektor.
  10. Pada tahun 1972, di masa ini Ray Tomlinson tercipta program E-mail (surat elektronik) untuk pertama kalinya untuk komunikasi jarak jauh.
  11. Kemudian di tahun 1986, IETF dikembangkan sebuah server untuk difungsikan sebagai koordinasi diantaranya ARPANET, DARPA, DDN, serta Internet Gateway.
  12. Sedangkan di Indonesia TIK mulai dikenal dengan masuknya sistem perangkat keras berupa perangkat komputer. Yang berkembang mulai tahun 1970-sekarang masih saja terus mengalami pembaharuan baik secara software maupun hardware.
  13. Kemudian di tahun 1990 mulai muncul dan berkembang suatu sistem internet sebagai media belajar.Dan pada saat itu kemampuan internet masih hanya sebatas teks dan gambar. Dan pada tahun 2000 dengan tercipta situs yang bertema e-learning gratis yang bisa diakses pelajar dan guru.
  14. Dan selanjutnya Indonesia merealiasikan ide pembelajaran lewat simulasi seperti e-learning, e-labolatory, e-book dan lain sebagainya.
  15. Dan ada juga masa TIK siaran radio maupun televisi Dengan siaran yang bersifat searah dari narasumber/fasilitator kepada pelajar. Media ini kekurangannya adalah tidak dapat di berhentikan saat sedang tayang, tayangan sudah lewat tidak bisa kita putar lagi dengan media gambar, suara dan teks.
  16. Dan saat ini perkembangan TIK sudah sangat pesat dimasa industri 4.0 ini semua kegiatan hampir ditangani oleh TIK, mulai dari sistem belajar, perbisnisan, komunikasi, layanan jasa dan lain sebagainya. Ini menandakan perkembangan TIK sangat berkembang pesat siapa yang tidak ingin mengikuti maka akan ketinggalan. Selain pengaruh positif yang dapat mempermudah kerja manusia ada juga nilai negatif yang harus kita hindari dari perkembangan TIK ini.
Baca Juga :  Database : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh

 

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Berfungsi sebagai alat (tools) untuk membantu penanganan kegiatan yang terjadi sehari hari dengan menggunakan perangkat komputer.
  2. Berfungsi sebagai sumber dari ilmu pengetahuan (science).
  3. Berfungsi sebagai alat dan bahan pembelajaran (literacy).

 

Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi

  1. Informasi yang dibutuhkan semakin cepat dan tepat sesuai kebutuhan sangat mudah untuk diperoleh.
  2. Berkonsultasi dengan seorang pakar atau seorang ahli pada suatu bidang lebih mudah walau terhalang jarak.
  3. Ada perpustakaan digital atau disebut perpustakaan online.
  4. Dapat melakukan diskusi secara online.
  5. Inovasi e-learning yang mempermudah proses belajar.
  6. Teleconference dimana pertemuan dilakukan secara virtual tidak mengharuskan pertemuan yang harus bertatap muka didalam sebuah ruangan.
  7. Sebagai sistem administrasi suatu instansi berbasis online (komputer).

Demikianlah pembahasan materi mengenai  Penggertian TIK, dengan TIK banyak sekali kemudahan dalam melakukan pekerjaan yang kita peroleh, namun kita juga harus bisa menghindari dampak negatifnya. Salam baca sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Baca Juga :