Pengertian Software

Posted on

Pengertian Software – Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan perangkat lunak atau perangkat lunak?, pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Teknologi Informasi, kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Software, Fungsi, Jenis dan contoh perangkat lunak.

pengertian software

Pengertian Software Adalah

Pengertian perangkat lunak adalah bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik dan tidak terlihat karena merupakan kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer dalam bentuk sebuah program yang dapat menjalankan perintah.

Perangkat lunak adalah jembatan koneksi yang menghubungkan pengguna ke perangkat keras sehingga mereka dapat menjalankan perintah tertentu. Dengan demikian, tanpa perangkat lunak, komputer hanya mesin yang tidak dapat menjalankan perintah pengguna apa pun.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti perangkat lunak, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

  • Melwin Syafrizal Daulay

    Melwin Syafrizal menjelaskan dari  pengertian perangkat lunak adalah perangkat yang berfungsi untuk mengatur proses kerja komputer dari semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menghubungkan interaksi antara pengguna dan komputer.

  • Imam Prayogo Pujiono

    Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa sehingga, jika dijalankan, itu akan memberikan perintah kepada komputer / perangkat keras / perangkat lunak lain untuk melakukan tugas, pekerjaan, dan juga beberapa permintaan yang diharapkan oleh pengguna.

  • Wiwit Siswoutomo

    Menurut Wiwit Siswoutomo, perangkat lunak adalah kehidupan perangkat keras atau komputer karena tanpa perangkat lunak, komputer hanya perangkat keras mati dan tidak dapat digunakan.

  • Roger S. Pressman

    Menurut Roger S. Pressman (2002), konsep perangkat lunak adalah perintah suatu program pada komputer yang, ketika dijalankan oleh pengguna, akan menyediakan fungsi dan kinerja yang diharapkan oleh pengguna. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberikan perintah kepada komputer agar berfungsi optimal sesuai dengan perintah pengguna.

  • Wilman dan Riyan

    Menurut Wilman dan Riyan, konsep perangkat lunak adalah perangkat operasi yang berfungsi untuk mengeksekusi berbagai komponen pada bahan yang memiliki sifat virtual (tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi penggunanya.

 

Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak

Meskipun fungsi utama dari perangkat lunak adalah untuk menyediakan hubungan antara perangkat keras dan pengguna, penggunaan perangkat lunak ternyata dibagi menjadi beberapa jenis. Klasifikasi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

Software Berdasarkan Distribusinya

Perangkat lunak berbayar
Perangkat lunak berbayar adalah perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersial, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau memperoleh perangkat lunak dengan membeli atau membayar kepada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan perangkat lunak berbayar umumnya tidak diizinkan untuk mendistribusikan perangkat lunak secara bebas tanpa izin dari penerbit

Freeware
Freeware, merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan dengan gratis tanpa adanya batas waktu tertentu. Secara umum perangkat lunak jenis ini memiliki fungsi yang tidak lengkap dan tidak optimal.

Adware
Adware, yaitu perangkat lunak yang dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tetapi dengan kompensasi untuk iklan yang muncul di komputer pengguna.

Spyware
Spyware, yaitu perangkat lunak yang dibuat khusus untuk memata-matai semua aktivitas pengguna komputer. Biasanya, perangkat lunak jenis ini banyak digunakan secara tidak benar, misalnya mencuri data dari komputer lain.

OpenSource
OpenSource, yang merupakan perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka, dimodifikasi, ditingkatkan dan didistribusikan. Biasanya perangkat lunak ini dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan oleh orang lain dengan GPL (General Public License).

Shareware
Shareware, yang merupakan perangkat lunak untuk keperluan tertentu yang didistribusikan secara gratis, umumnya untuk tujuan demonstrasi dengan fungsi terbatas dan penggunaannya untuk jangka waktu terbatas (misalnya 30 hari).

Perangkat lunak berdasarkan jenis

Sistem operasi

Sistem operasi (operating system), yaitu perangkat lunak yang berfungsi mengatur dan mengoordinasikan setiap komponen dan fungsi komputer. Berikut adalah beberapa contoh sistem operasi; Windows, Linux, UNIX, DOS.

Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman (Programming Language ), yang merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai penyedia instruksi standar yang melibatkan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer. Berikut adalah beberapa contoh bahasa pemrograman; PHP, Java, Microsoft Visual Basic.

Program aplikasi

Program aplikasi (Application Program), yaitu perangkat lunak yang memiliki fungsi tertentu, misalnya perangkat lunak presentasi, perangkat lunak akuntansi, dll. Berikut adalah beberapa contoh program aplikasi; Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel, MYOB, OpenOffice.org dan lainnya.

Contoh Perangkat Lunak

Ada banyak contoh perangkat lunak yang digunakan oleh pemilik komputer untuk kegiatan sehari-hari mereka, baik gratis maupun berbayar. Berikut beberapa contoh perangkat lunak:

  • Microsoft Windows, yang merupakan sistem operasi komputer baris perintah.
  • Microsoft Office Word, perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat dan mengedit dokumen.
  • Microsoft Office PowerPoint, yang merupakan perangkat lunak untuk membuat presentasi, video, dan lainnya.
  • Google Chrome, perangkat lunak yang berfungsi seperti browser Internet.
  • Photoshop, yang merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit gambar atau foto.
  • VCL Media Player, yang merupakan perangkat lunak pemutaran video.
  • FastStone Image Viewer, yang merupakan perangkat lunak untuk membuka dan mengedit file gambar di komputer.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Software beserta beberapa ulasan lengkapnya. Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca dosenpintar.com dalam menambah ilmu serta wawasannya. sampai ketemu lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca Juga :

 

Baca Juga :  Gambar Vektor : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan