Pengertian Brainware

Posted on

Pengertian Brainware – Halo sobat artikel dosenpintar.com jumpa lagi, Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Pengertian Software, Jenis dan Contoh Perangkat lunak, jadi kali ini kita akan membagikan artikel mengenai Pengertian Brainware, Pengertian Brainware Menurut Para Ahli, Fungsi Brainware, Dan Komponen Brainware Bisnis dan Perusahaan. Oke baiklah langsung saja simak artikel dibawah ini teman-teman.

Pengertian Brainware
Pengertian Brainware
 

Pengertian Brainware

Brainware adalah orang-orang yang mengoperasikan atau menjalankan sistem perangkat komputer memakai serta menjelajahi kemampuan komponen hardware atau software dengan tujuan tertentu sehingga menghasilkan informasi yang bermanfaat. Brainware ini juga disebut user terdiri dari berbagai sebutan berdasarkan fungsinya yaitu seorang programmer, ada juga netter, administrator dan lain-lain.
 

Pengertian Brainware Menurut Para Ahli

  • Azhar Susanto (2004)

    Azhar susanto menyampaikan pendapatnya bahwa brainware merupakan seorang pengguna  yang memiliki kemampuan mengatur, menciptakan, dan menguasai sistem informasi.

  • Edi Purwono (2004)

    Menurut Edi Purwono disampaikan pendapat beliau bahwa brainware ialah seorang yang sudah ahli dibidangnya secara profesional serta terlibat langsung dalam pengolahan atau menjalankan proyek sistem informasi. Orang yang ahli dimaksud seperti analisis dan progremmer.

 

Fungsi Brainware

  1. Jadi yang pertama seorang brainware memiliki fungsi sebagai seorang yang bertugas menjalankan pekerjaan administrator sistem seperti stayer, dugaan cheater, atau menerima laporan leaver dari beberapa user yang ada di suatu channel dan yang memproses baned sesuai bukti.
  2. Bertugas sebagai seorang yang menjaga dan mengatur sistem dan menertibkan lalu lintas data serta menjadi penanggung jawab jika terjadi kekeliruan didunia maya.
  3. Berfungsi untuk mencegah terjadinya flooding, yang dimaksud dengan flooding adalah terjadinya pengulangan kata yang tidak ada bedanya dalam waktu yang sama, dengan mencegah flooding berarti kita telah mencegah terjadinya pendoublean data sehingga tidak banyak memakan disk penyimpanan server.
  4. Bertugas sebagai pencegah terjadinya flaming, flaming adalah suatu keadaan atau situasi terjadinya kericuhan diruang lingkup sebuah diskusi didunia maya, dengan kejadian ini brainware bertugas untuk menyaring data yang masuk untuk menghindari beberapa konflik yang akan terjadi, hal ini merupakan salah satu tanggung jawab dari brainware.

 

Komponen Brainware Bisnis dan Perusahaan

  1. Sistem Analisis

Sistem analisis adalah seorang yang memiliki tanggung jawab terhadap semua perencanaan dan bentuk penelitian pada saat memilih perangkat lunak yang akan digunakan beserta dengan perkiraan kebutuhan yang dianggap sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari organisasi bisnis atau perusahaan tersebut. Seorang analis umumnya harus memiliki keahlian dibidang teknisi, analisis data, interpersonal dan juga manajerial.

  1. Programmer

Seseorang programmer adalah seorang yang ditekankan memiliki beberapa kemampuan dan keahlian dalam bidang menguasai bahasa pemograman didalam sistem komputerisasi. Progammer memiliki tugas sebagai pembuat atau perancang dan mempersiapkan semua program-program yang dirancang mampu mendukung sistem kerja komputer yang akan digunakan suatu instansi atau perusahaan. Fungsi penting programmer adalah untuk mengatasi apabila database perusahaan diretas atau dihack.

  1. Administrator

Administrator adalah seorang yang diberi tugas dan ditekankan untuk memiliki kemampuan dalam melakukan pengelolaan suatu sistem pengoperasian beserta program-program yang dijalankan didalam sebuah komputer atau jaringan dalam suatu perusahan. Ada pula yang disebut database administrator yang memiliki tugas dan tanggung jawab secara langsung terhadap sistem-sistem database suatu perusahaan untuk mengatur, mengelola, memperbaiki dan menyimpan data sebagai arsip dari perusahaan yang tidak diperbolehkan hilang.

  1. Konsultan

Konsultan adalah seorang yang memiliki pengetahuan komputer diatas rata-rata yang tidak turun secara langsung menangani masalah yang terjadi namun menjadi seorang penasihat, memberi saran solusi untuk memperbaiki sistem yang ada masalah kerusakan yang memerlukan perbaikan. Perusahaan membutuhkan konsultan sebagai penasihat manajemen sistem informasi dan meminimalisir terjadinya sistem data yang tidak terkelola secara baik.

  1. Project Manajer

Project Manajer dipimpin seorang manajer yang bisa disebut mandor yang berperan penting dalam bidang pengawasan.

Jadi demikianlah artikel mengenai pengertian brainware kali ini, terima kasih telah mengunjungi dosenpintar.com semoga artikel yang disajikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda semua para pembaca setia. Sampai jumpa diartikel keren berikutnya.

Baca Juga :

 

(Visited 65 times, 1 visits today)
Baca Juga :  Pengertian Software