Pengertian Sistem Informasi

Posted on

Pengertian Sistem Informasi – Hallo sobat dosenpintar.com sedang apa sekarang ? Sistem informasi merupakan hal yang sangat luas cakupannya sekarang ini, menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan berbagai aktivitas saat ini, dari keaadan ini maka di kesempatan kali ini author akan membagikan artikel mengenai tentang sistem informasi.

Adapun materi yang akan diulas seperti Pengertian Sistem Informasi Secara Umum, Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli, Fungsi Sistem Informasi, Tujuan Sistem Informasi, Ciri Ciri Sistem Informasi, Komponen Sistem Informasi, dan Contoh Sistem Informasi sebagai berikut.

Pengertian Sistem Informasi
Pengertian Sistem Informasi
 

Pengertian Sistem Informasi Secara Umum

Sistem informasi adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk menyediakan berbagai informasi untuk bidang manajemen dalam hal mengambil suatu keputusan dan sebagai alat untuk menjalankan operasional di dalam perusahaan. Sistem Informasi ini terdiri atas kombinasi teknologi informasi, prosedur yang sistemats dan orang-orang yang bersangkutan.
 

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Selain pengertian Sitem Informasi secara umum, terdapat pula beberapa ahli yang mengemukankan definisi sistem informasi, berikut dibawah ini.

  • Menurut John F Nash

Sistem Informasi ialah bentuk kombinasi dari beberapa manusia, juga alat teknologi, media online, prosedur yang tersusun, serta sebuah pengendalian yang bertugas untuk mengatur jaringan komunikasi, untuk melakukan beberapa transaksi yang rutin, proses manajemen intrn dan ekstrn, sebagai dasar untuk mengambil keputusan.

  • Menurut Erwan Arbie

Sistem informasi adalah sebuah sistem yang terbentuk dalam organisasi yang bertugas untuk mempertemukan berbagai kebutuhan untuk mengolah transaksi yang terjadi harian, untuk melakukan bantuan, dan juga dukungan saat operasi. Bersifat manajerial dari sebuah lembaga serta menyediakan fasilitas laporan sesuai kebutuhan.

  • Menurut O’Brien

Sistem informasi berdasarkan pendapat O’Brien merupakan sebuah sistem kombinasi berdasarkan setiap unit yang kelola oleh banyak orang, gabungan perangkat keras, penggunaan perangkat lunak, adanya jaringan komputer, jaringan komunikasi dan pengolah database yang saling mengumpulkan, adanya proses mengubah, dan membagikan informasi mengenai bentuk organisasi.

  • Menurut Mc Leod

Dari Mc Leod dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem yang mempunyai kemampuan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta untuk menampilkan informasi digunakan berbagai media.

  • Menurut Agus Mulyanto

Sistem informasi ialah sebagai sebuah komponen yang tersusun atas prosedur-prosedur kerja yang melakukan proses, menganalisa, menyimpan, dan membagikan informasi, susunan alat teknologi dan pengguna untuk mencapai sebuah target.

  • Menurut Tafri D. Muhyuzir

Dikemukankan oleh D. Muhyuriz bahwa Sistem informasi adalah  kumpulan data yang diolah, dan dilakukan pengklasifikasian sehingga tercipta sebuah informasi entitas yang saling terkait maupun tunggal dan tercipta sebuah sistem informasi.

  • Menurut Raymond Mcleod

Sistem Informasi yaitu sistem yang memiliki kemampuan sebagai media pengumpulan informasi dari sumber yang berbeda-beda dan ditampilkan sebagai informasi yang fakta.

  • Menurut Gelinas dan Dull

Menurut mereka sistem informasi ialah sistem yang dibangun oleh manusia dengan kumpulan berbagai komponen berbasis komputer yang ditujukan untuk mengumpulkan data yang diolah serta dioutput dalam bentuk informasi.

Baca Juga :  Sejarah Komputer

 

Fungsi Sistem Informasi

Adapun beberapa fungsi yang terdapat dalam sistem informasi yaitu.

  • Memiliki fungsi untuk meningkatkan akses data secara efisien dan efektif tanpa perantara.
  • Tersedia jaminan kualitas sistem informasi yang kritis.
  • Produtivitas yang membantu pengembangan dan pembangunan sistem informasi
  • Investasi yang mengarah pada suatu sistem informasi
  • Konsekuensi ekonomi yang dapat dicegah.
  • Sistem informasi dapat mengidentifikasi kebutuhan pengguna
  • Terbentuknya sistem pengembangan perencanaan yang efektif.

 

Tujuan Sistem Informasi

Tujuan dari sistem informasi adalah menghasilkan informasi dari pengolahan data, informasi yang dihasilkan akan dapat dgunakan apabilah telah memiliki tiga pilar seperti berikut:

  1. Relevance, informasi yang tetap sasaran sesuai kebutuhan pengguna.
  2. Timeliness, informasi yang tepat waktu ini maksudnya informasi yang masih hangat terjadi bukan informasi yang telah lama berlalu.
  3. Accurate, informasi yang akurat maksudnya informasi yang telah dibenaarkan sebagai fakta dan dapat diterima akal sehat.

 

Manfaat Sistem Informasi

Sistem informasi ini memiliki berbagai manfaat diantaranya

  1. Mempermudah untuk mendapat informasi terbaru
  2. Mempermudah melakukan komunikasi
  3. Mempermudah mendapat ilmu pengetahuan terbaru
  4. Memperudah membangun relasi.
  5. Mempermudah kegiatan sehari-hari
  6. Mempermudah kegiatan kerja
  7. Berpeluang untuk menjadi lapangan kerja

 

Ciri Ciri Sistem Informasi

Adapun ciri-ciri dari sistem informasi ini adalah sebagai berikut.

  • Baru

Maksudnya informasi yang dibagikan masih baru baru ini terjadi, bukan informasi dari masa lampau yang diangkat kembali.

  • Tambahan

Sebagai penambah atau yang mempengaruhi informasi yang telah hadir sebelumnya, dengan tambahan sebuah informasi akan menjunjukan sebuah fakta atau opini, seperti sebuah bentuk klarifikasi.

  • Kolektif

Sebagai pengkoreksi informasi yang sebelumnya belum ditetapkan kebenarannya, sehingga tidak lagi terjadi kekeliruan.

  • Penegas

Sebagai penegas atau memberi bukti bahwa informasi sebelumnya merupakan fakta atau hanya sebuah informasi opini.

Baca Juga :  Pengertian File

 

Komponen Sistem Informasi

Ada beberapa bagian dari komponen pembentukan sebuah sistem informasi, antara lain.

  1. Komponen input:Bentuk dari berbagai data sebagai masukan, yang belum diolah sehingga masih mebutuhkan berbagai tahapan berikutnya sehingga menjadi informasi yang bermutu tinggi.
  2. Komponen model: Kombinasi dari beragai prosedur, operasi logika, dan pengaplikasian model matematika yang melakukan proses basis data pada data yang telah terkumpul dan disimpan dengan cara sesuai ketentuan.
  3. Komponen output: Bentuk dari hasil pengolahan data yang telah memiliki kualitas dan telah dapat digunakan ataupun dikembangkan.
  4. Komponen teknologi: Alat teknologi merupakan alat yang digunakan sebagai alat yang bekerja menyelesaikan proses input, penganalisa, pengolah dan output data sehingga menjadi informasi yang berkualitas.
  5. Komponen basis data: Tempat berkumpulnya data data yang disimpan dalam sebuah komputer menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol: Sebagai pengendali atau pengawas data yang terdapat didalam sebuah komputer, sehingga tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan bahkan keilangan data penting yang tidak diinginkan.

 

Contoh Sistem Informasi

Berikut dibawah ini merupakan contoh dari sistem informasi.

  1. Transaction Processing System

Sistem informasi jenis ini umumnya digunakan atau mengaplikasikan pada sebuah organisasi, lembaga atau instansi yang memiliki sistem yang sistem kerjanya secara rutin. Seperti contohnya melakukan transaksi keuangan, administrasi, laporan, serta registrasi secara berkala.

  1. Office Automation System

Office Automation System merupakan sistem yang menghubungkan beberapa komponen alat IT sehingga salig terhubung menjadi sebuah jaringan yang dapat berbagi informasi, dengan tujuan supaya setiap anggota dimudahkan untuk bekerja dan efisien dalam melakukan komunikasi.

  1. Knowledge Work System

Dari namanya kita sudah tahu sistem ini merupakan bagian yang memberi ilmu pengetahuan terbaru, yang dapat diakses dan dijangkau oleh pengguna yang membutuhkannya, dengan pengetahuan yang memiliki kualitas tinggi menjamin terpenuhinya keinginan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Baca Juga :  Pengertian Sistem : Karaktersitik, Contoh, Komponen

Demikian artikel mengenai Pengertian Sistem Informasi, dengan adanya sistem informasi ini sangat menuntungkan bagi kita semua dimana kita dapat memperoleh informasi dengan mudah dan efisien, semoga artikel yang author bagikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jangan pernah bosan tunggu artikel berikutnya ya.

Baca Juga :