Tulisan Arab Innalillahi

Posted on

Tulisan Arab Innalillahi – Assalamualaikum sobat dosenpintar.com semoga kabar baik selalu menghampiri kita. Seperti pada kesempatan sebelumnya penulis kembali untuk membagikan sebuah artikel yang kali ini membahas tentang Tulisan Arab Innalillahi. Untuk itu pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Tulisan Arab Innalillahi
Tulisan Arab Innalillahi

Tulisan Arab Innalillahi

Tulisan arab innalillahi merupakan potongan dari ayat Al-Qur’an yang terdapat di dalam surat Al-Baqarah ayat 156. Adapun tulisannya sebagai berikut.

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

Artinya:

Orang-orang yang apabila ditimpa musibah, maka mereka mengucapkan inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.

Tulisan tersebut dikenal dengan kalimat Istirja atau tarji’. Istirja merupakan kalimat umat Islam yang sering diucapkan ketika mendengar musibah atau duka cita seseorang.

Namun sebagai manusia kita harus meyakini, bahwa ini semua terjadi karna atas kehendak Allah yang Maha Esa. Itu semua hanyalah sebagai bentuk ujian kepada umat manusia.

Oleh karna itu, kita sebagai hamba harus menyerahkan semua urusannya kepada Allah. Sehingga di dalam syariat Islam apabila manusia di timpa musibah kemudia bersabar serta mengucapkan kalimat innalillahi, maka Allah akan memberika pahala.

Tulisan Arab Innalillahi Dalam Al-Qur’an

Mungkin masih banyak dari kita yang salah dalam menyebutkan kalimat tulisan arab innalillahi yang benar. Karena apabila keliru akibatnya sangat fatal, salah dalam penulisan, maka akan salah dalam artinya.

Baca Juga :  Ceramah Singkat Ramadhan

Supaya tidak salah dalam menulis tulisan innalillah, berikut ini adalah tulisan arab innalillah yang benar berdasarkan Al-Qur’an

اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

Artinya:

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepada Allahlah tempat kami kembali.

Tulisan Arab Innalillahi Dalam Hadits

Berdasarkan hadits yang diriwayat oleh Imam Muslim

مَا مِنْ مُسْلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللَّهُ: {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} [البقرة: 156] ، اللَّهُمَّ أَجِرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلُفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا، إِلَّا أَخْلَفَ اللَّهُ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا

Artinya:

Apabila ada seorang Muslim yang sedang mengalami musibah, kemudian mengucapkan kalimat yang Allah perintahkan innalillahiwainnailaihirojiun. Ya Allah berikanlah pahala untuk musibahku, dan gantilah untukku dengan sesuatu yang lebih baik darinya. Maka Allah akan mengganti untuknya dengan yang lebih baik.

Tulisan Arab Innalillahi Menurut Imam Qurtubi

Menurut Imam Imam Qurtubi kalimat innalillahi merupakan salah satu firman Allah yang harus diucapkan ketika sedang terjadi musibah.

Karna Allah menjadikan kalimat innalillahi sebagai sandaran bagi orang-orang yang sedang terkena musibah. Sehingga kalimat ini menjadi pelindung bagi orang yang menjalani ujian.

Selain itu, kalimat innalillahi merupakan kalimat tauhid serta pengakuan terhadap ubudiyah (status kita sebagai hamba).

Sedangkan kalimat wa inna ilaihi raaji’uun adalah sebagai pengakuan, bahwa kita akan binasa meninggalkan dunia yang fana ini. Sehingga menjadi yaqin, bahwa nanti kita akan dibangkitkan dari alam kubur.

Tulisan Innalillahi Latin

Berikut juga merupakan bacaan innalilahi latin yang bisa kalian ucapkan ketika mendengar musibah atau duka cita yang menimpa seseorang.

Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji’un

Tulisan Arab Innalillahi Per-kata

Sesunggunya kami adalah إِنَّا
Milik Allah لِلّهِ
Dan وَ
Sesungguhnya kami إِنَّا
Hanya kepada Allah إِلَيْهِ
Tempat kembalinya رَاجِعُوْنَ
Baca Juga :  Yaumul Jaza Artinya

Arti Tulisan Innalillahi

Arti dari bacaan innalillahi adalah sebagai berikut ini:

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan kepada Allahlah tempat kami kembali.

Doa ini memiliki arti yang indah bukan? Tak hanya artinya, kandungan yang terdapat dalam kalimat ini juga amat sangat besar. Kalimat yang singkat dan simple juga menjadi kelebihan, sehingga kalimat ini diamalkan oleh umat Muslim ketika terjadi musibah. Adapun arti tulisan innalillahi di dalam bahasa inggris sebagai berikut.

“indeed we belong to Allah and to him we return”

Keutamaan Membaca Innalillahi

Mengucapkan kalimat innalillahi ini tentunya memiliki keutamaan, khususnya dalam menghadapi musibah. Berikut adalah beberapa keutamaan dari membaca kalimat innalillahi:

Terhindar Dari Emosional

Mengucapkan kalimat innalillahiwainnailaihirojiun membuat kita tidak akan terlalu berlebihan dalam menghadapi ujian dan emosional.

Sehingga tidak akan marah apabila kita sadar, bahwa frame hidup kita segalanya milik Allah. Karna meratapi nasib tidak akan memecahkan masalah dalam hidup.

Dengan itu, ikhlas dan kesabaran akan membantu kita untuk lebih kuat dan tegar dalam menghadapi musibah. Maka dari itu ucapkanlah kalimat innalillahi ketika sedang tertimpa musibah.

Tidak Memberatkan Hati

Terkadang manusia merasa berat dalam menghadapi musibah atau cobaan. Padahal, sejatinya ada Allah yang selalu memberikan pertolongan dan solusi.

Karna orang-orang yang meragukan pasti akan memberatkan hati dan dirinya. Oleh karna itu ucapkanlah kalimat innalillahi agar hatinya menjadi ringan. Sehingga kita tidak terbebani dengan adanya musibah.

Ikhlas dan Tawakkal Kepada Allah

Dengan mengucapkan kalimat innalillahiwainnailaihirojiun maka kita telah mengerti, bahwa apa yang ada di dalam diri kita semuanya milik Allah.

Apabila kita memiliki paradigma dan persepsi yang sama, maka kita akan bersabar atas semua ujian hidup. Ujian hidup bisa datang kapan dan dimanapun kita berada, tanpa harus di duga-duga. Dengan itu bacalah kalimat innalillahiwainnailaihirojiun, agar kita lebih sabar dalam menghadapi ujian.

Baca Juga :  Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Waktu Yang Tepat Mengucapkan Innalillahi

Tulisan arab innalillahi bukan hanya diucapkan saat ada orang meninggal saja, tapi bisa juga ketika ada yang tertimpa musibah, mengalami ujian yang berat, dan sebagainyaKarna di atas sudah jelas di dalam surat Al-Baqarah ayat 156, bahwa Allah telah merintahkan bagi setiap orang yang mengalami musibah untuk mengucapkan kalimat innalillahiwainnailaihirojiun.

Selain itu, kapanpun dan dimanapun tidak ada larangan dalam mengucapkan kalimat innalillahiwainnailaihirojiun. Yang terpenting adalah kita bisa memahami kalimat ini dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana di dalam hadits.

Artinya:

Hendaklah kalian mengucapkan kalimat istirja’ (Innalillahi) terhadap segala sesuatu, bahkan terhadap tali sandal yang putus. Karna itu termasuk juga musibah.

Demikianlah artikel yang membahas bagaimana Tulisan Arab Innalillahi. Semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan kita semua yang telah membacanya. Wassalamualaikum wr.wb.

Baca Juga :