Pengertian Penduduk

Posted on

Pengertian Penduduk – Penduduk merupakan unsur negara yang merupakan unsur sebuah negara yang dimana jika seuatu negara tidak memiliki penduduk maka tidak dapat dibentuk sebuah negara itu, untuk lebih lanjut di artikel dosenpintar.com ini akan kita bahas artikel mengenai Pengertian Penduduk dengan penjelasan atau uraian meliputi Pengertian Penduduk Secara Umum, Pengertian Penduduk Menurut Para Ahli, Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk, Komposisi Penduduk, dan Populasi Pendududuk di Dunia dari beberapa liputan materi ini dapat diuraikan sebagai berikut.

Pengertian Penduduk
Pengertian Penduduk

Pengertian Penduduk Secara Umum

Penduduk merupakan sekumpulan manusia, individu yang tinggal disuatu wilayah yang hidup saling mengayomi, melindungi untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera bersama-sama yang merupakan salah satu unsur dasar negara.

Pengertian Penduduk Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian penduduk yang dikemukakan oleh beberapa ahli, sebgai berikut bunyinya.

  • Menurut P. N. H. Simanjuntak

Penduduk merupakan sekumpulan orang yang menempati sebuah wilaya sebagai tempat tinggal yang berdomisili disuatu negara.

  • Menurut Srijanti dan A. Rahman

Menurut mereka penduduk adalah sekumpulan orang yang menempati sebuah wilayah yang tidak mempermasalahkan status kewarganegaraan.

  • Menurut Jonny Purba

Penduduk adalah orang yang menjadi dirinya sendiri, anggota masyarakat dan warga negara, anggota keluarga yang menempati suatu wilayah dalam waktu tertentu.

  • Menurut Kartomo Wirosuhardjo

Penduduk ialah sejumlah orang yang mendiami sebuah wilayah tertentu, disebut penduduk terlepas dari status warga negara.

Baca Juga :  Pengertian Profesional

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Adapun faktor yang mempengaruhi terjadinya pertumbuhan penduduk, sebagai berikut.

  • Kelahiran (Fertilitas)

Kelahiran merupakan faktor yang berpengaruh besar dalam perkembangan jumlah penduduk yang pesat karena angka kelahiran menjadi faktor yang besar dalam kehidupan untuk jumlahnya

  • Kematian (Mortalitas)

Sedangkan kematian merupakan faktor berkurangnya pertumbuhan penduduk, namun tidak terlalu berpengaruh karena angka kelahiran juga tidak jauh jumlahnya dengan angka kematian ini sendiri.

  • Perpindahan (Migrasi)

Perpindahan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan penduduk baik itu perpindahan individu, keluarga atau kelompok tertentu.

Komposisi Penduduk

Adapun beberapa komposisi penduduk, akan kita uraikan dibawah ini.

  • Komposisi Penduduk Berdasarkan Usia dan Gender

Sistem pengelompokkan usia dan gender digambarkan dalam sebuah grafik berbentuk batang secara garis horizontal. Pengelompokan dengan usia ini terbagi menjadi:

  1. Struktur penduduk anak muda dengan usia 15 tahun mencapai angka 35% sedangkan angka penduduk dewasa atau tua yang usianya mencapai 65 tahun keatas hanya mencapai trafik 3%
  2. Struktur dari penduduk yang tua mencapai kebalikan dari penduduk yang muda.
  • Komposisi Penduduk Berdasarkan Angkatan Kerja

Umumnya usia penduduk yang 15 tahun ke atas aktif melakukan kegiatan ekonomi yang meliputi:

  1. Penduduk yang masih aktif bekerja
  2. Ada golongan penduduk yang usianya bekerja namun untuk sementara waktu tidak bekerja.
  3. Terdapat golongan peduduk yang aktif untuk berusaha mencari pekerjaan.

Terdapat analisis atau hal yang perlu diketahui saat akan mencari kerja yaitu TPAK (Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja).

TPAK = Jumlah Angkatan Kerja/Jumlah penduduk usia kerja x 100%

  • Komposisi Penduduk Berdasarkan Ketergantungan

Angka perbandingan yang dapat menunjukkan ukuran atau kapsitas besar beban yang menjadi tanggungan kelompok golongan usia yang produktif atas kelompok usia tidak atau belum produktif. Golongan penduduk yang merupakan golongan penduduk yang produktif antara lain usia penduduk 15 sampai dengan 64 tahun, sedangkan usia golongan penduduk yang tidak produktif mulai dari usia 15 tahun kebawah merupakan golongan penduduk yang belum produktif dan 65 tahun keatas merupakan golongan penduduk yang tidak lagi produktif.

Baca Juga :  Arti Fii Amanillah

Adapun rumus hitungannya sebagai berikut.

DR = Penduduk dengan usia (0-14 tahun) + Penduduk dengan usia (>65 tahun)/Penduduk dengan usia (15-64 tahun) x 100

Berdasarkan ketergantungan komposisi penduduk ini terdiri atas tiga bagian yaitu

  1. Penduduk tingkat Rendah (< 30)
  2. Penduduk tingkat Sedang (30 – 40)
  3. Penduduk tingkat Tinggi (>41)

Populasi Pendududuk di Dunia

Menurut Yayasan untuk Populasi Dunia Jerman (DSW) diakhir 2019 kemarin populasi keberadaan penduduk didunia diperkirakan mencapai angka 7,75 milyar. Dengan berbagai macam ras, perbedaan, persamaan yang tersebar diseluruh bagian dunia.

Dari perkiraan jumlah penduduk yang mencapai 7,75 milyar mengalamai peningkatan sebesar 83 juta dihitung sejak 1 Januari 2019. Dan angka ini menyakan dengan jumlah penduduk yang ada di Jerman.

Diperkirakan angka peningkatan populasi dunia meningkat dengan jumlah 156 setiap menit berjalan. DSW juga memperkirakan populasi yang ada di dunia akan terus meningkat dengan melampaui angka 8 miliar  dalam kurun  waktu 4 tahun kedepan.

Sedangkan dibelahan dunia bagian Afrika yayasan DSW memperkirakan jumlah populasi penduduknya akan berlipat ganda selama waktu berjalan 20 tahun ke depan. Karena rata rata seorang ibu yang ada di Afrika melahirkan  4,4 anak dibandingkan dengan rata rata global seorang ibu melahirkan dengan skala 2,4 anak.

Dilihat dari laporan “Prospek Populasi Dunia” PBB yang diketahui liris pada bulan juni thaun kemarin populasi penduduk dunia diperkirakan mencapai  9,7 miliar di tahun 2050 nanti.

Terdapat juga laporan yang juga memprediksi bahwa di 30 tahun yang akan mendatang, lebih dari setengah populasi penduduk di dunia akan terkonsentrasi atau dominan di negara India, Nigeria, Indonesia,  Pakistan, Ethiopia, Tanzania, Mesir, Republik Demokratik Kongo dan Amerika Serikat.

Terakhir ada laporan bahwa pada tahun 2027, negara India akan menyaingi jumlah populasi penduduk yang ada di negara Cina.

Baca Juga :  Contoh Perubahan Sosial

Demikian artikel mengenai Pengertian Penduduk, kita sendiri sekarang salah satu penduduk yang ada didunia, termasuk peduduk produktif atau tidak tergantung usia penduduk itu sendiri. Baiklah sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :