Perbedaan Ceramah dan Pidato

Posted on

Perbedaan Ceramah dan Pidato – Hallo Sobat dosenpintar.com kembali lagi berjumpa dengan penulis yang kali ini akan membahas materi sesuai dengan judul diatas, pastinya kita sering mendengarkan Ceramah, pidato atau khutbah saat shalat jumat, mungkin dari sobat sekalian ada yang penasaran atau ingin mengetahui apa sih perbedan dari ketiga hal tersebut maka dari itu sobat dapat menyimak penjelasan dari penulis dibawah ini.

Perbedaan Ceramah dan Pidato Secara Umum

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara dengan suara nyaring atau terdengar secara luas yang di lakukan di depan umum untuk mengemukakan pendapatnya, atau memberikan penjelasan tentang suatu hal yang sifatnya umum.
Pidato juga bisa di katakan sebagai orasi di depan umum.

Ceramah adalah suatu kegiatan berbicara di depan para pendengar dengan isi yang berkenaan dengan agama berupa nasehat dan petunjuk-petunjuk Ilmu Agama

Perbedaan Ceramah dan Pidato
Perbedaan Ceramah dan Pidato

Perbedaan Dari Sisi Tema atau Isi

  • Pidato
    Isi dari pidato adalah tentang masalah umum yang sedang di hadapi atau memberikan gambaran tentang suatu masalah yang sifatnya pemberitahuan.
  • Ceramah
    Isi dari ceramah adalah tentang nasihat agama berupa hukum hukum syar’i dan ajakan agar kita bisa mengamalkan agama sesuai dengan petunjuk dari Allah dan Rasul-Nya sallallahu alaihi wassalam.

Perbedaan dari Sisi Tempat

  • Pidato
    Bisa di adakan di semua tempat kecuali di masjid, karena di masjid dilarang membicarakan masalah duniawi.
  • Ceramah
    Bisa di lakukan di mana saja, dan bahkan di anjurkan di masjid.
Baca Juga :  Otonomi Daerah : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Dasar Hukum

Perbedaan Dari Sisi Tujuan

  • Pidato
    Tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan pribadi atau golongan, dan sifatnya baru hasil pemikiran sendiri ataupun hasil dari pemikiran bersama.
  • Ceramah
    Tujuan ceramah adalah untuk menyampaikan nasihat agama juga hukum halal haram, dan sifatnya khusus untuk kaum muslimin berdasarkan dalil dari Al Quran, hadits, ijma ulama dan qiyas.

Perbedaan Dari Sisi Siapa Yang Menyampaikan

  • Pidato
    Yang bisa menyampaikan pidato adalah siapapun berhak dan bisa berpidato asalkan mempunyai ilmu tentang yang akan di sampaikannya.
  • Ceramah
    Yang bisa menyampaikan ceramah adalah orang yang berkompeten dibidang Agama,seperti ustadz, kiyai ataupun Ulama, tidak semua orang bisa berceramah.

Kesimpulan Perbedaan Ceramah dan Pidato

Pidato adalah menyampaikan gagasan ide hasil pemikiran pribadi atau kelompok kepada khalayak umum yang mana gagasan tersebut sifatnya baru yang tujuannya adalah untuk memberi tahu tentang gagasannya tersebut.

Ceramah adalah menyampaikan nasihat dan ilmu agama oleh seorang yang berkompeten, seperti ustad kepada umat Islam yang mau menjadi pendengarnya, yang di sampaikan adalah perkara yang sudah ada di dalam Al Quran, Hadits, Ijma Ulama dan qiyas, bukan hasil pemikiran pribadi, dan tujuannya adalah agar pendengar mau mengamalkan agama secara sempurna dan menjadi insan yang bertaqwa.

Demikian uraian dan penjelasan perbedaan ceramah dan pidato secara lengkap ini dapat menjadi referensi sobat sekalian dalam memahami perbedaan tersebut.

Baca Juga :