Arti Tafadhol

Posted on

Arti Tafadhol – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah, kali ini penulis dosenpintar.com akan berbagi pengetahuan mengenai Arti Tafadhol Tulisan Arab, Terjemahan serta Cara penggunaan kata tersebut yang Sesuai dan tepat baiklah langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Kalimat tersebut sudah umum di ucapkan, terutama di masyarakat Indonesia pada umumnya. Kalimat tersebut dalam bahasa arab seperti yang tertulis ini ( تفضّل ) dan kalimat ini juga sering dijumpai di berbagai acara yang  sedang mengadakan kegiatan keagamaan seperti, isro miraj, acara pengajian, maulid Nabi dan lain-lain, yang diadakan di masjid ataupun majlis taklim.

Arti Tafadhol
Arti Tafadhol

Tafadhol Artinya ( تفضّل  )

Di mana kalimat ini ditulis dalam bahasa Arab, sehingga banyak orang yang ingin mencari tau arti dan makna dari kalimat tersebut beserta artinya ?

Tafadhol adalah kata tertulis yang berasal dari bahasa Arab, yang mempunyai arti sebagai berikut :

Tafadhol ( تفضّل )
Artinya :  “Silakan”, Kalimat ini digunakan untuk mempersilakan atau memerintah orang dengan lembut.

Contoh :  Tafaddhol ijlis yaa Ustadz ( تفضل اجْلِسْ يا استاذ ): “Silakan duduk wahai guru”

Adapun Contoh dari Kalimat diatas adalah berbentuk dari kata perintah akan tetapi sangat lembut dikarenakan disertai dengan kata Tafadhol.

Contoh Penggunaan Kata Tafadhol

Tafadhol adalah kata yang cukup populer di Indonesia. Jika seorang ustadz atau seorang pembicara naik ke panggung, biasanya seseorang mengatakan tafaddhol ustadz.

Alhamdulilah, kata-kata Arab yang baik dan yang memiliki rasa kesopanan dan doa, baru-baru ini banyak digunakan dalam kehidupan sosial dan saat ini kata-kata ini populer di Indonesia.

Contohnya seperti kata-kata

  • Arti Wa Iyyakum
  • Arti Yaumul Milad
  • Arti Barakallah Fiik
  • Arti Yaumul Jaza

Dan masih banyak kata ataupun kalimat yang digunakan dalam setiap kegiatan, untuk contoh penggunaan dari kata Tafadhol ada dibawah ini :

Baca Juga :  Arti Wa Iyyakum

Contohnya:

Contoh Penggunaan dari Kata Tafadhol

A: Bisakah atau Bolehkah saya masuk?
Bahasa Arab: هل يمكنني الدخول؟
Latin: Hal yumkinuni aldukhul?

B: Silakan,..
Bahasa Arab: تفضّ
Latin: Tafadhol

Contoh lain, saat acara, baik di masjid, masjid atau di tempat lain. Kegiatan dalam bentuk Maulid Nabi, Pengajian, Haul, Kultum atau kegiatan yang lainnya.

Acara apa yang mengundang Ustadz atau Alim, maka Panitian tau Penyelenggara memerintahkan kepada Ustadz atau Alim untuk memulai tugasnya, umumnya panitia akan mengatakan Tafadhol sebagai isyarat untuk memungkinkan dimulainya acara yang sedang berlangsung.

Biasanya kata Tafadhol akan ditambahkan dengan kata Masykuuro, menjadi “Tafadhol masykuro” / تفضل مشكورا yang berarti “Disambut dengan segala hormat”.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Tafadol , semoga artikel tersebut dapat bermanfaat serta semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk dapat memahami kata tersebut dengan baik dan benar, jangan selalu kunjungi website ini untuk membaca artikel terbaru lainnya untuk menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :