Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Posted on

Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa – Halo sobat dosenpintar.com di kesempatan ini akan membahas tentang Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang meliputi Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menurut Ahli, Pengertian Persatuan dan Kesatuan, Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Ciri perilaku kesatuanpersatuan, Manfaat Persatuan dan Kesatuan dan Pengamalan Nilai-Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Artidari kesatuan dengan persatuan yang berasal dari dua kata antara lain:

  • Persatuan
    Persatuan kata yang berarti utuh serta tidak akan terpecah-belah.Arti yang lebih luasnya adalah berkumpulnya berbagai corak dari berbagai kalangan, ras, budaya serta adat istiadat dalam lingkungan masyarakat yang bersatu dengan sangat serasi.
  • Kesatuan
    Kesatuan adalah hasil dari persatuan yang telah menjadi utuh sempurna. Hal ini yang dilakukan untuk dapat terhindar dari lingkaran disintegrasi, maka sangat dibutuhkan persatuan dari negara Indonesia.

Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa Menurut Ahli

Menurut Syarbaini dan WJS.Poerwadaminta

Menurut Syarbaini (2010: 43) yang menyatakan bahwa “Persatuan mengandung arti dari bersatunya banyak corak yang beraneka ragam yang akan menjadi satu kebulatan yang utuh serta sangat serasi”. Kesatuan adalah bentuk ke–Esaan, sifat tunggal atau bentuk keseutuhan yang dikemukaan oleh WJS.Poerwadarminta, (2003: 30).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia persatuan adalah suatu gabungan (ikatan dan kumpulan) dengan bagian yang sudah utuh bersatu, perserikatan dan serikat. Sementara untuk pengertian kesatuan berarti suatu perihal satu, keesaan, sifat yang tunggal, dan ke satuan.

Baca Juga :  Contoh Norma Hukum

Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Prinsip-prinsip yang tersebut antara lain :

  • Prinsip Bhinneka Tunggal Ika
    Bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama serta dengan adat kebiasaan yang beragam (majemuk). Hal itu yang mewajibkan kita untuk saling bersatu padu jangan terpecah oleh keberagaman.
  • Prinsip Nasionalisme Indonesia
    Nasionalisme atau cinta tanah air, ini bukan berarti bahwa kita merasa paling unggul dibandingkan bangsa lain. Namun kita berusaha menjadi yang terbaik untuk memajukan negara kita sendiri.
  • Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab
    Manusia mempunyai kebebasan serta tanggung jawab yang tertentu terhadap dirinya, bertanggung jawab terhadap diri dan hubungan dengan tuhan.
  • Prinsip Wawasan Nusantara
    Dengan wawasan nusantara, manusia yang terlahir dan tinggal di Indonesia merasa mereka satu, senasib dengan rasa sepenanggungan, sebangsa dengan rasa setanah air serta ada semangat dalam mencapai cita-cita untuk mewujudkan pembangunan nasional.
  • Prinsip dengan Persatuan Pembangunan dalam Mewujudkan Cita-cita Reformasi
    Kita harus bisa mengisi kemerdekaan serta bisa melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang hidup adil dan makmur, sesuai dengan berbagai semangat persatuan Indonesia.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Dari definisi persatuan kesatuan, kita akan bisa menyimpulkan bahwa makna dari gabungannya adalah keadaan satu atau suatu yang tunggal yang menuntut adanya dan terciptanya keterpaduan dari kemajemukan Negara kesatuan bangsa Indonesia.

Tidak hanya hingga di situ saja, makna persatuan kesatuan untuk bangsa Indonesia juga sangat mendalam karena akan melalui proses yang sangat panjang.

Konsep persatuan kesatuan ini melambangkan satu kesatuan suatu wilayah NKRI yang akan dibangun berdasarkan persamaan nasib, bentuk satu dengan kesatuan budaya, kesatuan wilayah dengan satu ketuhanan yang maha esa.

Meskipun di dalamnya banyak perbedaan budaya, ras, bahasa, suku serta agama. Namun hal ini tidak membatasi semangat untuk kita bersatu dan berpadu mewujudkan tujuan dari negara Indonesia.

Baca Juga :  Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Adapun kumpulan nilai-nilai positif atau berbagai manfaat yang ada dalam persatuan serta kesatuan antaralain :

  1. Persatuan dengan kesatuan bisa mengatasi seluruh perbedaan dengan penuh kesabaran serta kesadaran.
  2. Persatuan dalam berbangsa serta bernegara bisa membuat pembangunan nasional yang berjalan lancar, aman, baik serta yang sesuai dengan harapan.
  3. Bangsa Indonesia akan jauh lebih mudah maju serta dapat berkembang dengan cara menerima perbedaan yang akan muncul.
  4. Akan lebih mudah untuk bisa mencapai tujuan nasional yang mulai tertuang dalam pembukaan UUD 1945 di alinea 4
  5. Dengan adanya bentuk persatuan dan kesatuan, maka akan tercipta suasana yang sangat aman, damai serta tenteram dalam negara yang akan disebabkan karena adanya berbagai sikap toleransi, solidaritas serta setia kawan dalam antara warganya.

Ciri Perilaku Kesatuan Persatuan

Berikut ciri-ciri penerapan perilaku kesatuan dan persatuan.

  • Membina keserasian, dengan mejaga keselarasan serta keseimbangan dalam membangun masyarakat
  • Saling mengasihi, saling membina serta saling memberi dalam lingkungan masyarakat
  • Tidak akan menonjolkan perbedaan, melainkan dengan mencari kesamaan dalam suatu kelompok sosial masyarakat ataupun dengan lingkugan
  • Menjauhi pertentangan serta perkelahian
  • Membangun persatuan kesatuan dengan melalui berbagai kegiatan

Pengamalan Nilai-Nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Adapun contoh persatuan serta kesatuan antar bangsa yang akan sangat perlu diketahui antara lain.

  1. Saling menghargai serta saling menyayangi antar sesama anggota keluarga yang ada di rumah.
  2. Selalu berusaha untuk dapat bertutur kata sopan sesuai norma yang sangat berlaku
  3. Berusaha menjaga kerukunan baik dalam anggota keluarga maupun dengan berbagai lingkungan sekitar.
  4. Menghargai pendapat orang lain dengan cara tidak memaksakan kehendak kita terhadap mereka karena bisa menimbulkan permusuhan serta perpecahan.
  5. Selalu berusaha untuk dapat membantu anggota keluarga jika sedang mengalami berbagai kesulitan.
Baca Juga :  Contoh Norma Sosial

Demikianlah artikel mengenai tentang Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Masih seperti artikel sebelumnya yang pernah penulis bagikan semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Baca Juga :