Pengertian Komputer

Posted on

Pengertian Komputer – Sebagai perangkat elektronika yang sangat digemari bahkan dibutuhkan saat ini, komputer memiliki beberapa pengertian dari berbagai sudut pandang. Sama dengan fungsinya tentu berbeda-beda dari berbagai sudut pandang, memiliki dampak yang positif dan ada juga dampak negatifnya.

Berdasarkan ulasan ini dosenpintar.com kali ini membagikan artikel mengenai komputer meliputi Pengertian Komputer Secara Umum, Pengertian Komputer Menurut Para Ahli, Manfaat Komputer, Fungsi Komputer, Jenis-Jenis Komputer, dan Komponen Komputer yang akan kita uraikan penjelasannya sebagai berikut.

Pengertian Komputer
Pengertian Komputer

Pengertian Komputer Secara Umum

Komputer adalah kumpulan perangkat elektronika yang saling terhubung meliputi perangkat keras komputer, perangkan lunak komputer da pengguna komputer yang mengerjakan atau bertugas mengolah data sehingga menjadi informasi yang sesuai dengan keinginan pengguna komputer serta melalui siklus input, proses dan output sistem.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian komputer secara umum, seperti diawal tadi sudah dibahas bahwa pengertian komputer ini berbeda-beda dari berbagai sudut pandang, berikut merupakan pengertian komputer yang berbeda dikemukakan oleh beberapa ahli, antara lain.

  • Donald H. Sanders

Komputer ialah sebuah sistem elektronika bertujuan memanipulasi data secara cepat dan tepat dan juga dirancang dalam bentuk terorganisasi dengan ini secara otomatis sistem akan berjalan sesuai input, proses dan menghasilkan output berdasarkan perintah-perintah yang telah tersimpan pada media penyimpanan komputer.

  • V. C. Hamacher

Komputer merupakan sebuah mesin perhitungan yang memiliki kecepatan dan ketepatan dalam menginputkan data dan memiliki kemampuan meneriman data input digital dan memproses sesuai ketentuan dengan tujuan menghasilkan output berupa informasi.

  • Robert H. Blissmer

Komputer adalah perangkat elektronik yang berkemampuan untuk melakukan beberapa pekerjaan seperti menerima input, memproses inputan dan menjalankan perintah dan menyimpan perintah serta menyajikan output atau hasil.

  • Williams & Sawyer

Menurut mereka komputer adalah alat yang memiliki banyak kegunaan yang mampu untuk diprogram, menerima input atau data (fakta dan gambar) serta memproses data dan memanipulasinya sehingga menjadi informasi yang memiliki nilai manfaat.

  • Wiliam M. Fuori

Komputer adalah suatu alat yang dapat melakukan pemprosesan data untuk melakukan perhitungan yang berkecepatan tinggi bisa berupa hitungan aritmatika, operasi logika dan dilakukan semua oleh mesin tanpa campur tangan perhitungan oleh manusia.

Baca Juga :  Pengertian Data

 

Manfaat Komputer

Perangkat komputer ini tentunya banyak memiliki manfaat sehingga diciptakan, sesuatu yang diciptakan tentu memiliki manfaat masing-masing. Berikut dibawah ini manfaat dari komputer.

  1. Sebagai media yang mempermudah pekerjaan manusia
  2. Bermanfaat untuk wadah mencari informasi
  3. Sarana penunjang pendidikan
  4. Mempermudah berkomunikasi
  5. Mendapat hiburan
  6. Sebagai salah satu lahan usaha
  7. Pengontrol pekerjaan, kegiatan dan aktivitas.

 

Fungsi Komputer

Selain memiliki manfaat yang sangat beragam, komputer juga memilki berbagai fungsi yang beragam, fungsi komputer ini akan kita uraikan sebagai berikut.

  1. Data Input

Perangkat komputer memiliki kemampuanuntuk menerima informasi dari berbagai sumber lain yang disalin untuk menjadi data komputer itu sendiri, dan data ini diterima dari keyboard, mouse atau juga pertukaran dari perangkat lainnya.

  1. Data Processing

Dan fungsi komputer selanjutnya adalah mengubah atau mengolah serta memanipulasi data sehingga menjadi informasi, informasi ini bisa berupa teks, gambar, video, suara dan lain sebagainya.

  1. Data Output

Komputer berfungsi sebagai keluaran atau penyajian hasil dari hasil pemprosesan data yang telah menjadi informasi, informasi ini bisa disajikan dalam bentuk digital atau outprint melalui monitor, printer, speaker dan lainnya.

  1. Data Storage

Komputer memiliki media penyimpanan yang fungsinya menampung semua data, informasi atau perintah yang ingin disimpan oleh pengguna komputer sehingga apabila suatu saat dibutuhkan kembali pengguna masih bisa menggunakannya kembali, media penyimpanan ini bisa berbentuk penyimpanan internal dan penyimpanan eksternal.

  1. Data Movement

Fungsi komputer sebagai pembagi atau kemampuan untuk memindahkan data dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya, dengan bantuan alat output.

 

Jenis-Jenis Komputer

Selain memiliki beragam manfaat dan fungsi perangkat komputer juga memiliki beragam jenis berikut akan dibahas jenis-jenis komputer.

  1. Jenis Komputer Portabel

Komputer portable ini jenis komputer yang bisa dibawa kemana-mana dan biasanya digunakan oleh pengguna komputer yang biasa melakukan penelitian dan kerja lapangan dengan tempat yang berpindah-pindah sehingga komputer pun harus dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini jarang digunakan karena memiliki ukuran yang fisik yang lebih besar dari laptop.

  1. Jenis Komputer Desktop

Komputer ini sering digunakan yang biasa umumnya oleh para pekerja perusahaan, dimana CPU, Monitor dan kyboardnya terletak terpisah.

  1. Jenis Komputer Palmtop

Komputer jenis ini hampir sama dengan smartphone, komputer yang bisa digenggam namun sudah jarang digunakan karena kalah dengan keberadaan smartphone.

  1. Jenis Komputer Tower

Jenis komputer ini memiliki ukuran fisik yang lebih besar dari komputer desktop, penempatannya bisanya disamping meja dan dapat ditambah dengan perangkat yang mendukung lainnya karena memiliki expansionslot.

  1. Jenis Komputer Notebook

Notebook adalah jenis komputer yang lebih kecil dari laptop namun memiliki banyak kesamaan dengan fungsi laptop.

  1. Jenis Handbook (Sub-notebook)

Jenis komputer ini merupakan variasi yang lebih kecil lagi dari notebook dengan processor dan spesifikasi yang rendah, sehingga kurang diminati lagi.

  1. Jenis Komputer Laptop

Laptop adalah jenis komputer yang dapat dibawa kemana mana dimana setiap waktu mengalami perubahan yang menjadikan laptop semakin fleksible dan efisien untuk digunakan, dengan ini laptop sampai saat ini masih sangat banyak digunakan, lebih tepatnya seluruh manusia menggunakan laptop untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dan kegiatan mereka, komputer jenis ini efisien digunakan karena memiliki CPU, monitor, dan keyboard yang menjadi satu.

Baca Juga :  Pengertian Internet

 

Komponen Komputer

Seanjutnya kita akan membahas berbagai komponen dari komputer, komponen komputer ini tentunya sangat penting karena dengan komponennya komputer bisa kita operasikan sesuai sistem kerjanya. Berikut penjelasan mengenai komponen komputer.

  1. Komponen Input

Komponen input ialah kumpulan komponen berupa perangkat keras yang mempunyai kemampuan atau fungsi sebagai pemberi instruksi dari berbagai tugas untuk dijalankan oleh komputer. Beberapa contoh dari komponen input adalah sebagai berikut.

    • Keyboard, input yang diberikan berbentuk alfanumerik dan interpretasi ASCII, simbolik dan lainnya.
    • Mouse dan Trackpad, sebagai alat yang bertugas untuk menghubungkan pengguna komputer dengan layar monitor.
    • Pen berfungsi sebagai pointer seperti pada mouse namun hanya berlaku pada monitor layar sentuh.
    • Scanner, sebagai alat yang memindai gambar dan merekam kembali gambar serta dapat disimpan atau dicetak dari komputer pengguna.
    • Microphone, merupakan alat yang berfungsi untuk menginput atau merekam suara yang diberikan.
  1. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang bertugas untuk memproses atau mengolah input sehingga dapat ditampilkan atau disajikan melalui komponen output. Adapun beberapa contoh perangkat atau komponen proses

    • Processor, merupakan komponen terpenting atau komponen yang paling utama dalam pengolahan data.
    • Motherboard, komponen yang bertugas menghunungkan berbagai piranti komputer sehingga dapat berfungsi dengan optimal.
    • Hard Disk, media penyimpanan yang bersifat permanen seperti pengoperasian komputer.
    • RAM, media penyimpanan yang bersifat sementara.
  1. Komponen Output

Komponen yang bertugas menampilkan berbagai jenis informasi yang telah diolah berdasarkan perintah. Adapun beberapa komponen keluaran komputer, antara lain

    • Monitor, Perangkat output yang menampilkan perintah yang sedang pengguna lakukan atau berikan.
    • Printer, Perangkat keluaran yang menampilkan hasil informasi berupa cetakan atau out print.
    • Speaker, Komponen output yang bertugas menyajikan keluaran dalam bentuk suara atau audio.
Baca Juga :  Pengertian Brainware

Nah demikianlah artikel mengenai Pengertian Komputer, tentunya semoga dapat membantu kalian semua, dapat menambah pengetahuan dan bertambah wawasan. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca.

Baca Juga :