Kultum Singkat

Posted on

Kultum Singkat – Assalamualaikum wr wb sobat dari dosenpintar.com atas izin Allah SWT penulis akan membagikan berbagai kumpulan contoh kulum singkat dengan berbagai tema yang sesuai dengan ajaran agama, berikut pembahasan terlengkapnya.

Kultum Singkat Menarik dan Menginspirasi
Kultum Singkat

Kultum Singkat

Adapun berbagai contoh kultum singkat diantaranya.

Kultum Singkat Tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Kultum Singkat Tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Takwa kepada Allah tentang orang tua kita. Berbicara orang tua, antum perhatikan orang tua atau tidak? Banyak anak-anak yang dia tidak memperhatikan orang tuanya. Apakah dia remaja, dia pemuda, dia sudah punya istri, dia punya anak, dia tetap wajib berbuat baik kepada orang tuanya. Tidak ada alasan yang lain, tetap orang tuanya nomor satu.

Meskipun anaknya dia lima atau sepuluh, kita sebagai anak tetap wajib. Mestinya kita berlomba-lomba. Umpamanya ada orang tua kita yang punya anak lima atau sepuluh, jangan kita katakan: “Gantian kita berbuat baik,” tidak demikian, mestinya kita berfikir: “Saya punya orang tua, saya ingin berbuat baik terus sampai akhir hayat saya.” Meskipun ada saudara kita yang lain, bagaimana kita berlomba apa yang bisa kita lakukan untuk orang tua kita yang terbaik sampai dia menjelang meninggal dunia, apa yang bisa kita lakukan sampai dia wafat. Mestinya begitu.

Kadang-kadang tidak demikian. Ketika dia memiliki saudara lima misalnya, dia menganggap bahwa yang lain dulu yang berbuat baik. Bahkan ada yang berfikir: “Dulu saya, rumah sakit saya yang bayar, sekarang giliran yang lain.” Kita tidak boleh seperti itu kepada orang tua, tidak boleh hitungan kepada orang tua. Apa yang bisa kita lakukan buat orang tua, kita berbuat baik kepada orang tua. Berlomba-lomba untuk berbuat baik. Sebab banyak anak-anak yang tidak berbuat baik kepada orang tuanya dan mengandalkan saudaranya yang lain.

Kita seharusnya berlomba-lomba, kita ingin mencari pahala akhirat atau tidak? Kesempatan kita, orang tua adalah jalan kita menuju surga. Kapan lagi kita berbuat baik? Kalau sudah ngaji, antum harus bertakwa kepada Allah tentang orang tua. Apa yang bisa kita lakukan dari perbuatan baik, lakukan, jangan ditunda!

Antum bisa lihat nanti ayatnya dalam surat Al-Isra[17]: 23-24 tentang berbuat baik kepada orang tua, tidak boleh berkata “Ah”, tidak boleh berkata “Uff”, tidak boleh menengking, tidak boleh menghardik.

Jadi, berlomba-lomba. Antum ingat, untuk berbuat baik kepada orang tua jangan itungan, apa yang bisa kita lakukan, maka lakukan. Meskipun uang kita habis jutaan atau milyaran untuk berbuat baik kepada orang tua kita, tidak ada masalah, Allah akan ganti yang lebih baik. Jangankan kita, antum lihat orang-orang kafir saja yang berbuat baik kepada orang tua, luar biasa dikasih kehidupannya oleh Allah. Ini padahal orang kafir, apalagi orang Islam yang taat kepada Allah dan berbuat baik kepada orang tua. Sebab Allah kaitkan:

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Allah mewajibkan tidak boleh kalian beribadah melainkan hanya kepada Allah dan berbuat baik kepada orang tua.” (QS. Al-Isra[17]: 23)

Allah juga berfirman:

وَاعْبُدُوا اللَّـهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا…

Beribadahlah kepada Allah, jangan berbuat syirik, dan berbuat baiklah kepada orang tua…” (QS. An-Nisa[4]: 36)

Jadi, pada orang tua, ini adalah kesempatan. Selama kita masih ada umur, lakukan terus. Kalau bisa kunjungan ke orang tua setiap hari, maka lakukan tiap hari. Jika tidak bisa setiap hari, lakukan tiap pekan. Jika tidak bisa setiap pekan, lakukan tiap bulan kalau jauh di luar kota. Artinya ini harus terus berbuat baik dengan apa yang bisa kita lakukan.

Jangan datang ke orang tua menyusahkan mereka. Ada anak yang sudah dari kecil dia dibiayai hidupnya sampai dewasa sampai nikah, setelah itu dia datang ke orang tua menyusahkan. Jangan demikian. Apa yang kita bisa bawa untuk orang tua kita, apa yang menggirangkan dia, menyenangkan dia. Umpamanya kita mampu dan dia minta umroh, maka berangkatkan umroh. Kita ada uang dan dia minta haji, berangkatkan haji. Ini tidak ada masalah dan Allah akan ganti yang lebih baik.

Kultum Singkat Tentang Kebersihan

Kultum Singkat Tentang Kebersihan

Kaum Muslimin Rahimakumullah;

Alhamdulillah, kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT bahwa dengan hidayah-Nya kita menjadi muslim. Penganut agama Islam dan pengikut Nabi Muhammad  SAW. Sebagai muslim yang  baik, kita harus berperilaku dan berprihidup secara Islami, baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial, baik dalam hidup perorangan maupun dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Salah satu ciri seorang muslim yang baik ialah hidup bersih dan memelihara kebersihan. Agama Islam sangat memperhatikan masalah kebersihan, bahkan bersih atau suci dijadikan sebagai syarat sahnya ibadah. Misalnya wudhu merupakan syarat sahnya ibadah shalat,  malahan wudhu itu sendiri termasuk ibadah. Begitu pentingnya kebersihan, sehingga bersuci atau  membersihkan/melakukan kebersihan merupakan salah satu ajaran pokok dalam agama Islam. Di dalam kitab-kitab fiqih masalah bersuci atau kebersihan termasuk Bab Thaharah.

Kaum muslimin yang berbahagia;

Agama Islam sangat mementingkan kebersihan,sehingga orang yang membersihkan diri atau mengusahakan kebersihan tergolong orang yang dicintai oleh Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

…إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang  membersihkan diri“. (Al-Baqarah [2]: 222).

Ajaran kebersihan dalam agama Islam berpangkal tolak dari pada iman kepada Allah, Tuhan Yang Maha Suci. Oleh karena itu setiap mu’min harus berupaya menjadikan dirinya  suci/bersih supaya berpeluang mendekat dan akrab kepada Allah Tuhan Yang Maha Suci itu. Hal ini dapat dipahami dari beberapa hadits sebagai berikut:

عَنْ أَبِيْ مَالِكٍ اْلاَشْعَرِى: اَلطَّهُوْرُ شَطْرُ اْلإِيْمَانِ (رواه أحمد ومسلم والترمذى)

“Dari Abi Malik: Kebersihan itu adalah sebagian dari iman“. (Hadits riwayat Ahmad, Muslim  dan Tirmidzi).

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: اْلإِيْمَانُ بِضْعٌ وَسِتُّوْنَ شُعْبَةً. أَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاَدْنَاهَا إِمَاطَةُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ (رواه مسلم وأبو داود والنسائى وابن ماجه)

“Dari Abi Huraifah: Iman itu terdiri dari 69 cabang. Seutama­utamanya iman adalah ucapan “laailaaha illallah”, dan serendah-rendahnya iman adalah     membuang kotoran dari jalan   raya”. (Hadits riwayat Muslim, Abu Daud, Nasa’i dan Ibnu Majah).

Hadits-hadits tersebut memberi petunjuk bahwa kebersihan itu bersumber dari iman dan  merupakan bagian dari iman. Oleh karena itu setiap mu’min dituntut untuk menjaga kebersihan. Dan sebagai tolok ukur dari seorang mu’min yang baik ialah bersih dan cinta  kebersihan, yang berarti setiap mu’min akan berusaha keras untuk memelihara kebersihan, baik kebersihan jasmani, rohani maupun kebersihan pakaian, tempat dan lain sebagainya.

Allah SWT yang kita imani dan kita sembah bersifat Maha Bersih dan mencintai kebersihan. Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya:

عَنْ سَعْدٍ قَالَ: إِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ َنَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرْيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَّادٌ يُحِبُّ الْجُوْدَ فَتَنَظَّفُوْا اَفْنِيَتَكُمْ (رواه الترمذى)

“Dari Sa’id: Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Baik yang menyintai kebaikan, Maha Bersih yang menyintai kebersihan, Maha Mulia yang menyintai kemuliaan, Maha Pemurah yang menyintai kemurahan. 0leh karena itu bersihkanlah halaman dan pekarangan rumahmu “. (Hadits riwayat Tirmidzi).

Sifat-sifat Allah tersebut harus menjadi motivasi yang mendorong, menjiwai dan menyemangati perilaku dan perbuatan kita dalam kehidupan sehari-hari sehingga kita menjadi orang yang baik, bersih dan mulia. Dengan demikian maka kita akan dicintai dan diridhai oleh Allah SWT.

Kaum Muslimin Rahimakumullah;

Ajaran kebersihan dalam Islam harus dijadikan pola hidup praktis, agar kita hidup bersih sepanjang masa. Ajaran Islam memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kebersihan di berbagai aspek kehidupan. Di antaranya ialah:

Baca Juga :  Bacaan Tasbih

Kebersihan rohani. Umat Islam harus berupaya memelihara kebersihan rohaninya dari sifat-sifat buruk dan tercela sehingga bersifat luhur dan mulia. (Allah berfirman:

…وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيْرًا

“…dan dirikanlah shalat, tunaikanlahzakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait, dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya”.(Al-Ahzab [33]: 33).

Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:”Jika sekiranya di depan pintu rumah seseorang di antara kamu mengalir sungai  (yang bening) dan orang  itu  mandi  di sungai  itu lima kali sehari, apakah masih ada daki (kotoran) yang melekat di badannya?”. Sahabat menjawab:”Tentu tidak ada lagi daki di badannya”. Nabi lalu bersabda: “Demikianlah tamsil shalat lima waktu yang dengan itu Allah menghapuskan segala dosa“. (Hadits riwayat Bukhari Muslim,Tirmidzi dan Nasai).

Kebersihan badan. Umat Islam harus berupaya memelihara kebersihan badannya dari berbagai najis dan kotoran agar badannya bersih dari bibit penyakit dan kuman yang mengganggu kesehatannya. Allah berfirman:

قَدْ أَفْلَحَ مَن تَزَكَّىٰ وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّىٰ

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang membersihkan diri (dengan beriman) dan ia ingat nama Tuhannya lalu ia bersembahyang”. (Al`Alaa [87]: 14-15).

Kebersihan tempat. Umat Islam harus berupaya memelihara kebersihan di mana ia bertempat tinggal di mana ia berkerja dan terutama tempat ibadah. Allah berfirman:

…لَّمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَن تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَن يَتَطَهَّرُواۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ

“…sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar taqwa (masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang­orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih”. (At-Taubah [9]: 108).

Nabi Muhammad SAW bersabda :

أَصْلِحُوْا رِحَالَكُمْ وَثِيَابَكُمْ حَتَّى تَكُوْنُوْا فِي النَّاسِ شَامَّةً (رواه الحاكم)

Perbaiki rumah-rumah tempat kediamanmu dan pakaian ­pakaiamu sehingga kamu menjadi seumpama tahi lalat  di muka di antara manusia”. (Hadits riwayat Al Hakim).

Kebersihan pakaian. Kebersihan pakaian dipandang amat penting oleh agama Islam, mengingat pakaian melekat pada badan yang tentunya berkaitan dengan kebersihan badan.

Karenanya, Umat Islam harus memelihara kebersihan dan keindahan pakaiannya lebih-lebih pada waktu mengerjakan ibadah. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ قُمْ فَأَنذِرْ وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ

“Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan! dan Tuhanmu agungkanlah! dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah”. (Al Muddatsir [74]: 1-5)

Nabi Bersabda:

عَنْ سَعْدٍ قَالَ: إِنَّ اللهَ جَمِيْلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ (رواه مسلم الترمذى)

Dari Ibnu Mas’ud: Sesungguhnya Allah itu Indah,menyukai keindahan”. (Hadits riwayat Muslim dan Tirmidzi).

Kebersihan makanan, islam juga sangat menaruh perhatian terhadap kebersihan makanan dan minuman, karena kedua hal itu sangat erat kaitannya dengan kesehatan, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِن طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

 “ Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah”. (Al Baqarah [2]: 172)

Kebersihan lingkungan, kebersihan lingkungan berkaitan erat dengan kesehatan masyarakat. Karena itu, Umat islam harus memelihara kebersihan lingkungan dan tidak boleh mengotorinya karena membahayakan terhadap orang lain, Nabi bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَيْةَ قَالَ:وَمَا اللاَّعِنَانِ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ الَّذِى يَتَخَلَّى فِى طُرُقِ النَّاسِ (رواه أحمد ومسلم وابو داود)

“Dari Abi Hurairah: Takutlah akan dua hal yang mendatangkan laknat. Para sahabat  bertanya:”Apakah dua hal yang mendatangkan laknat itu wahai Rasulullah? Bersabda Nabi: “Ialah buang hajat/kotoran di jalan tempat lewat manusia atau di tempat manusia  berteduh”. (Hadits riwayat Ahmad Muslim dan Abu Daud).

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: لاَ ضَرَرَ وَلاَ ضِرَارَ (رواه أحمد وابن ماجه)

“Dari lbnu Abbas: “Janganlah kamu melakukan kemudharatan terhadap dirimu dan orang  lain”. (Hadits riwayat Ahmad dan lbnu Majah).

Kebersihan dalam rumah tangga. Ajaran kebersihan dalam Islam juga menyangkut kebersihan rumah tangga baik tempat tinggal dan perangkat alat rumah tangga maupun soal hubungan anggota keluanga khususnya hubungan suami isteri. Allah berfirman:

أَسْكِنُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ سَكَنتُم مِّن وُجْدِكُمْ وَلَا تُضَارُّوهُنَّ لِتُضَيِّقُوا عَلَيْهِنَّ…

Tempatkanlah mereka (isteri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu  dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan hati mereka…”. (At Thalaaq [65]: 6).

Kebersihan harta. Kebersihan juga menyangkut kebersihan harta, karena dalam harta itu terdapat hakAllah dan hak orang lain. Cara membersihkan harta dengan mengeluarkan zakat harta, zakat fitrah, infaq dan shadaqah. Allah berfirman:

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdo’alah untuk mereka, sesungguhnya do’a kamu itu (menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui “. (At Taubah [9]: 103).

Kaum Muslimin Rahimakumullah,

Demikianlah pokok-pokok ajaran Islam yang berkaitan dengan kebersihan. Kesemuanya harus kita hayati dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai menifestasi dari iman. Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai muslim yang bersih lahir bathin sehingga kita sehat sejahtera di dunia dan bahagia di akhirat.

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan katakanlah, bekerjalah kamu semua maka Allah akan melihat hasil-hasil amalmu, dan Rasul-Nya serta orang-orang berimanpun akan melihat pekerjaannmu itu. Dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Maka akan diberitahukan kepadamu (seberapa nilai )apa yang kamu kerjakan”. (At Taubah [9]: 105).

Kultum Singkat Tentang Sedekah

Kultum Singkat Tentang Sedekah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah pada pagi yang cerah ini Allah melimpahkan rahmat dan berkah kepada kita sehingga kita dimudahkan untuk menimba ilmu di majelis ini. Semoga shalawat dan salam senantiasa tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW, keluarga dan seluruh pengikutnya. Aamiin.

Saudaraku yang dirahmati Allah, sedekah adalah amalan yang dapat mendatangkan kedamaian dan kebahagiaan di dalam hati. Keutamaan bersedekah tidak hanya dirasakan di dunia saja melainkan juga di akhirat. Adapun manfaat dari sedekah antara lain:

  1. Menambah Rezeki

Orang yang bersedekah tidak akan menjadi miskin karena rezeki telah diatur oleh Allah. Justru, sedekah akan membuat rezeki seseorang semakin bertambah.

Rasulullah SAW bersabda: “Bersedekahlah karena bisa memperbanyak harta dan Allah akan semakin menyayangi kalian.”

  1. Meningkatkan Derajat Manusia

Allah akan mengangkat derajat seseorang yang senang bersedekah. Pada hadis riwayat Muslim dijelaskan bahwa Rasulullah bersabda: “Sedekah tidak membuat harta berkurang. Allah SWT meningkat kemuliaan dan meninggikan derajat hamba yang pemaaf dan tawadhu.

  1. Didoakan Para Malaikat

Abu Hurairah mengatakan, nabi Muhammad SAW bersabda di waktu pagi ada dua malaikat yang turun ke bumi. Salah satu malaikat berdoa agar Allah memberikan harta untuk orang yang menginfakkan hartanya.

Sedangkan, malaikat yang satunya berdoa kepada Allah agar orang-orang yang bakhil dibinasakan. Berdasarkan sabda nabi tersebut dapat diketahui bahwa betapa pentingnya seseorang bersedekah.

Saudaraku yang berbahagia, semoga kita diberi kemudahan untuk selalu bersedekah dan beramal saleh. Aamiin. Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Kultum Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah pada sore hari ini kita masih diberi kesempatan untuk bersilaturahmi dan menimba ilmu di masjid ini tanpa ada hambatan apa pun.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengulas mengenai pergaulan bebas di kalangan remaja. Sebagai orang tua hendaknya selalu menjaga putra putrinya agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang berdampak negatif terhadap masa depannya.

Orang tua memang tidak bisa 100%  mengawasi anak terutama saat menginjak dewasa. Lain halnya ketika masih kecil anak masih selalu membutuhkan orang tua untuk belajar menulis, berjalan, bermain, membaca dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Doa Nurbuat

Ketika beranjak dewasa jangkauan sosial anak semakin luas bahkan mulai tertarik menyukai lawan jenis atau istilah gaulnya terkena virus merah jambu. Hal ini memang wajar dan merupakan fitrah dari Tuhan yang diberikan kepada manusia.

Tanpa adanya ketertarikan tersebut maka manusia tidak bisa berkembang biak. Cinta akan memunculkan nafsu.

Apabila nafsu tersebut disalurkan dengan cara yang halal atau sudah menikah maka justru mendatangkan pahala. Namun, jika digunakan belum pada waktunya justru akan menimbulkan dosa.

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perilaku anak. Apabila anak bergaul dengan teman-teman yang sudah mempunyai pacar biasanya akan ikut-ikutan hanya karena tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman.

Salah satu cara untuk menjembatani anak agar terhindar dari pergaulan bebas adalah dengan sering mengikuti kajian-kajian seperti ini. Dengan demikian, anak akan selalu dikelilingi dengan teman-teman yang berperilaku positif.

Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan semoga Bapak Ibu bisa menjaga anaknya masing-masing agar selalu berada di lingkungan pergaulan yang baik.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Ikhlas

Kultum Singkat Tentang Ikhlas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan sehingga kajian rutin ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah SWT, di sini saya akan menerangkan mengenai keutamaan ikhlas. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah  sudah seharusnya bersikap ikhlas terhadap setiap ketentuan baik maupun buruk yang diberikan oleh-Nya.

Semua nikmat yang saat ini kita rasakan adalah pemberian dari Allah yang bisa diambil sewaktu-waktu. Di sinilah peran penting keikhlasan dalam menyikapi setiap ketetapan.

Kenikmatan hidup yang telah diberikan kepada Anda tidak hanya berwujud nyata seperti harta, keluarga dan tahta saja. Namun, tanpa disadari banyak juga nikmat-nikmat yang tidak terlihat seperti bernafas, kesehatan dan lain-lain.

Keikhlasan merupakan suatu nikmat yang luar biasa karena sulit untuk dipraktekkan. Namun, apabila di dalam jiwa sering dipupuk untuk merasakan ikhlas semata-mata hanya karena Allah maka akan tumbuh keimanan yang tidak akan ternilai harganya. Keikhlasan tidak bisa dibeli dengan uang.

Oleh karena itu, saat memberi orang lain sesuatu maka sebaiknya dilakukan atas dasar ikhlas dan mengharapkan imbalan hanya dari Allah tanpa menyebutkan apa yang sudah diberi. Hal ini untuk mencegah orang yang diberi atau ditolong tersakiti. Sekian dari saya, semoga bermanfaat. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Hari Raya Idul Fitri

Kultum Singkat Tentang Hari Raya Idul Fitri

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah bersama-sama kita panjatkan puji syukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Tidak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada uswatun khasanah nabi Muhammad SAW semoga kita termasuk umatnya yang akan mendapat syafaat beliau di hari akhir.

Para hadirin yang berbahagia, idul fitri adalah hari yang mulia. Semua umat Islam merayakan kemenangan karena selama satu bulan telah berhasil melaksanakan puasa dan memerangi hawa nafsu.

Pada hari raya ini kita diharamkan untuk berpuasa, diberi pahala, dibebaskan dari siksa neraka dan para malaikat akan memohonkan ampunan kepada Allah.

Kaum muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah guna membersihkan diri baik lahir maupun batin sehingga amalan puasa kita selama bulan ramadhan akan diterima Allah SWT. Aamiin.

Demikian apabila terdapat salah kata saya mohon maaf karena kebenaran hanyalah milik Allah semata.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Kematian

Kultum Singkat Tentang Kematian

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah pada siang hari ini cuaca sangat cerah sehingga tidak menyurutkan niat kita untuk beribadah, mencari ilmu dan bersilaturahmi dalam majelis ini.

Sudara-saudaraku yang dirahmati Allah, manusia tidak bersifat kekal dan suatu hari akan mengalami kematian. Hal ini seperti firman Allah dalam surat Ali Imran (3): 185) yang artinya berbunyi:

“Setiap yang bernyawa akan mati. Sesungguhnya di hari kiamat pahala seseorang akan disempurnakan. Barang siapa dimasukkan ke surga dan dijauhkan dari neraka maka ia adalah orang yang beruntung. Kehidupan di dunia ini hanyalah sebuah kesenangan yang akan memperdaya.”

Berdasarkan ayat tersebut dapat kita ketahui bahwa kematian itu sudah pasti dialami semua makhluk hidup. Saat ini kita dalam masa menunggu waktu itu tiba. Di dunia fana ini tidak ada yang kekal karena kehidupan di akhiratlah yang abadi.

Apabila timbangan amal baik yang berat maka otomatis masuk surga, sebaliknya jika amal buruk lebih banyak maka akan dimasukkan ke neraka. Beruntunglah manusia yang semasa hidupnya banyak melakukan kebaikan.

Namun, tanpa disadari manusia sering kali terlena dengan kenikmatan yang sementara seperti tahta, harta benda, wanita dan lain sebagainya padahal semua itu tidak dibawa mati. Kesenangan tersebut hanyalah semu belaka.

Demikian semoga menjadi pengingat sekaligus motivasi untuk terus melakukan kebaikan di mana pun kita berada. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu kematian itu datang kita telah memiliki bekal amal shaleh yang banyak. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Ibu

Kultum Singkat Tentang Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bapak Ibu yang dimuliakan Allah SWT, marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas hidayah-Nya pada siang hari ini dapat berkumpul di masjid untuk thalabul ‘ilmi.

Ibu adalah sosok yang harus dihormati, dipatuhi dan ketika sudah lanjut usia sebagai anak berkewajiban untuk merawatnya. Hal ini seperti yang terdapat di surat Al-Isra’ Allah berfirman: “Dan Tuhanmu memerintahkan agar hanya menyembah kepada Allah saja dan berbuat baiklah untuk Ibu dan Bapak.

Orang tua terutama ibu harus kita hormati, bahkan berkata “ah” saja tidak diperbolehkan apalagi membentaknya. Hal ini dikarenakan seorang ibu telah bersusah payah mengandung, melahirkan dengan penuh perjuangan dan setelah anaknya lahir memberi kasih sayang tiada hentinya.

Begitu besar jasa ibu kepada anaknya sehingga sudah sepantasnya jika surga itu berada di bawah telapak kakinya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Berbuat Baik

Kultum Singkat Tentang Berbuat Baik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirah Allah SWT atas segala nikmat yang selama ini telah diberikan sehingga kita dapat berkumpul di masjid ini tanpa halangan suatu apa pun.

Sholawat dan salam tidak lupa kita haturkan kepada nabi Muhammad SAW, semoga kita termasuk dalam golongan umatnya yang besok di hari kiamat mendapat syafaatnya, aamiin.

Di zaman modern ini teknologi semakin canggih namun manusia justru menjadi kehilangan arah. Seharusnya kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Namun, yang terjadi sebaliknya,  manusia semakin jauh dari Allah.

Bahkan manusia mulai melupakan tugasnya di dunia. Alangkah baiknya jika sebagai hamba-Nya yang beriman teknologi bisa digunakan untuk menyebarkan kebaikan. Contohnya berbagi informasi seputar keutamaan beramal, tips meningkatkan ibadah dan lain sebagainya.

Sangat disayangkan apabila internet hanya dijadikan sarana menyebarkan informasi yang kurang bermanfaat dan tidak patut untuk dicontoh masyarakat.

Menyebar kebaikan dapat menjadi sebuah amal jariyah, begitu pula saat memberi contoh buruk maka akan menjadi dosa jariyah yang terus menerus mengalir walaupun sudah meninggal.

Semua perbuatan baik maupun buruk akan mendapat balasan. Perbuatan baik tidak hanya mendatangkan pahala saja melainkan juga memperoleh ampunan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita selalu berbuat baik di mana pun karena ada Allah yang selalu mengawasi.

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Rasulullah bersabda yang artinya, “Beribadahlah engkau kepada Allah seolah-olah melihat-Nya. Apabila engkau tidak melihat-Nya maka yakinlah Allah sedang menyaksikanmu.”

Jika ingin berbuat baik maka sebaiknya dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena lebih bagus hanya Allah saja yang mengetahuinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya rasa sombong.

Demikian kultum yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Hari Akhir

Kultum Singkat Tentang Hari Akhir

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan ini dapat bertemu dalam keadaan sehat.

Baca Juga :  Contoh Teks Ceramah Singkat

Shawawat dan salam kita curahkan kepada nabi agung Muhammad SAW yang telah membawa manusia dari zaman kegelapan menuju jalan yang diridhoi-Nya.

Saya akan membahas suatu topik mengenai hari akhir atau hari kiamat. Di dalam Al Qur’an surat Al-Qori’ah dijelaskan bahwa semua manusia di hari kiamat nanti seperti anai-anai yang bertebaran. Sedangkan, gunung-gunung diibaratkan bulu-bulu yang berhamburan.

Selain itu, dalam surat Az-Zalzalah juga disebutkan mengenai tanda-tanda terjadinya hari kiamat. Pada hari tersebut manusia akan melihat semua perbuatannya semasa di dunia.

Oleh karena itu, sebelum terlambat marilah bersama-sama memperbaiki diri agar kelak Allah memberikan perlindungan kepada kita di hari kiamat. Aamiin.

Demikian mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Perintah Shalat

Kultum Singkat Tentang Perintah Shalat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua selalu sehat dan dalam perlindungan-Nya. Tidak lupa sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW.

Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan materi yang berkaitan dengan shalat. Shalat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Rasulullah SAW bersabda “Shalat itu seperti sebuah tiang di dalam agama”

Hal ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah, jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga pasti roboh dan tidak dapat berdiri.

Mengingat betapa pentingnya sholat, maka orang yang sedang sakit pun tetap diwajibkan sholat. Apabila tidak mampu berdiri bisa sembari duduk atau tiduran sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

Rasulullah SAW pernah berkata kalau manusia mengetahui bahwa pahala shalat subuh dan asar maka setiap orang akan  mendatanginya walaupun harus merangkak. Hal ini menjadi bukti begitu besarnya pahala dari mengerjakan shalat.

Shalat tidak hanya menjadi suatu kewajiban saja melainkan juga sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah. Di dalam surat Al Ma’uun: 4-5 Allah berfirman yang artinya:

“Celakalah mereka yang shalat, yaitu oarang-orang yang telah lalai dengan shalatnya.”

Orang-orang yang tidak mengerjakan shalat maka akan celaka dan rugi. Jika shalat seseorang baik maka amalan yang lain ikut baik. Namun, apabila shalatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk.

Shalat sebaiknya dilaksanakan tepat waktu secara khusuk. Saat kumandang adzan terdengar, bersegeralah datang ke masjid. Namun, untuk perempuan lebih diutamakan shalat di rumah.

Shalat juga berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal ini seperti firman Allah di surat Al-Ankabut. Dengan demikian, seseorang tidak akan melakukan perbuatan dosa seperti mencuri, berzina, melakukan tindak kekerasan dan lain-lain.

Demikian, materi singkat yang dapat saya sampaikan, semoga Allah memberi kemudahan kepada kita untuk selalu menjalankan sholat dengan baik sesuai tuntunan agama. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Pendidikan

Kultum Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT sampai saat ini kita semua masih diberi nikmat iman. Shalawat tidak lupa kita haturkan kepada junjungan nabi agung Muhammada SAW, sahabat dan keluarganya.

Pada malam hari ini topik yang ingin disampaikan adalah mengenai pendidikan. Aspek pendidikan memegang peran penting di dalam kehidupan manusia. Namun, tidak semua orang bisa mengenyam pendidikan hingga jenjang tertinggi.

Contohnya bagi saudara-saudara kita yang tinggal di daerah terpencil masih sulit untuk mendapatkan akses pendidikan. Hal ini dikarenakan keterbatasan ekonomi. Oleh karena itu, bagi yang telah merasakan pendidikan manfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

Pendidikan menjadi sarana untuk meraih cita-cita dan sebagai pemutus rantai kemiskinan. Kemiskinan biasanya identik dengan kebodohan.

Mengingat betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara maka kita persiapkan pendidikan yang tinggi sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Sabar

Kultum Singkat Tentang Sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah atas rahmat dan izin Allah kita masih diberi kesehatan, keimanan dan kesempatan untuk bisa berkumpul serta bersilaturahmi di masjid ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan kerabatnya.

Jamaah yang dimuliakan oleh Allah, pada malam hari ini saya akan berbagi mengenai keutamaan memiliki sikap sabar. Sabar berasal dari bahasa Arab sobaru yasbiru yang berarti menahan. Arti dari kata menahan cukup luas.

Misalnya saat puasa sabar untuk menahan hawa nafsu, keinginan untuk makan maupun minum dari subuh hingga waktu maghrib tiba. Sabar juga dapat terlihat dalam perilaku. Contohnya tidak emosi dan membalas perbuatan jahat orang lain.

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah sikap sabar tidak bisa didapatkan secara instan. Semua butuh proses, latihan dan tidak lupa selalu mendekatkan diri kepada Allah, berdoa agar selalu diberi kekuatan serta kesabaran dalam menjalani ujian hidup.

Orang yang sabar akan memperoleh pahala. Hal senada seperti dalam firman Allah di surat Al-Baqarah ayat 153. Isi surat tersebut adalah Allah akan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang sabar.

Oleh karena itu, kita harus selalu sabar dalam beribadah, menyikapi kehidupan dan lain sebagainya. Seseorang yang sedang mendapat ujian namun tetap menjalankan kewajibannya, shalat tepat waktu dan beramal maka Allah akan senantiasa menolongnya.

Demikian kultum yang dapat saya sampaikan, semua yang benar datangnya dari Allah. Semoga kita termasuk hamba yang selalu sabar dan mendapat ridho-Nya. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Menuntut Ilmu

Kultum Singkat Tentang Menuntut Ilmu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Tidak lupa shalawat kita kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita keluar dari zaman jahiliyah.

Pada malam ini, saya ingin berbagi tentang arti penting menuntut ilmu. Bahkan, Rasulullah SAW juga bersabda bahwa seorang muslim laki-laki maupun perempuan semua diwajibkan untuk mencari ilmu baik ilmu yang berkaitan dengan dunia atau akhirat.

Ilmu menjadi pembeda antara manusia dengan makhluk Allah lainnya. Di dunia ini, tanpa adanya ilmu kita tidak mengetahui apa pun. Allah berfirman yang terdapat di ayat 11 surat Al-Mujadalah yang artinya: “Orang yang berilmu dan beriman akan diangkat derajatnya oleh Allah.”

Oleh karena itu, kita harus selalu bersemangat dalam menuntut ilmu agar bisa merasakan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kultum Singkat Tentang Kasih Sayang

Kultum Singkat Tentang Kasih Sayang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi kesempatan untuk menimba ilmu di majelis ini tanpa halangan apa pun. Shalawat dan juga salam semoga selalu tercurahkan untuk baginda nabi Muhammad SAW.

Jamaah shalat subuh yang dirahmati Allah, di sini saya akan menjelaskan seputar kasih sayang dalam pandangan agama Islam. Kasih sayang tidak lepas dari kehidupan manusia yang bisa diberikan, kepada orang tua, sahabat kekasih, hewan peliharaan dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini khusus akan dibahas kasih sayang untuk seorang kekasih atau pacar. Di dalam Islam hukum berpacaran adalah haram karena mendekati zina. Berbeda dengan kasih sayang untuk orang tua yang hukumnya wajib dan telah diatur dalam Al Qur’an.

Kasih sayang atau rasa cinta seseorang disebut bohong jika tidak mengikuti perintah Allah dan Rasul-Nya. Contohnya cinta untuk senda gurau dan cinta monyet.

Demikian sedikit materi yang bisa saya sampaikan semoga memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Aamiin Ya Rabbal ‘alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah artikel yang telah membahas tentang Kultum Singkat. Semoga bisa diterapkan manfaatnya dan semoga dapat menjadi referensi teks kultum yang akan sobat sampaikan.

Baca Juga :