Arti Spiritual

Posted on

Arti Spiritual – Halo pembaca setia dosenpintar.com disini penulis akan berbagi sebuah artikel yang kali ini akan membahas tentang Arti Spiritual. Nah apa yang dimaksud dengan arti spiritual disini ? Adapun pembahasan terlengkapnya bisa sobat simak berikut dibawah ini.

Arti Spiritual
Arti Spiritual

Pengertian Spiritual

Spiritualitas (Kerohanian) / spiritual ialah suatu bentuk hubungan makhluk dengan Tuhan Yang Maha Esa / Yang Maha Kuasa yang di sebuat sang Maha Pencipta, Tuhan disini tergantung berdasarkan keyakinan atau kepercayaan yang telah dianut oleh mahkluk itu sendiri.

Secara etimologi, spiritual merupakan sesuatu yang paling mendasar, yang sangat penting, serta mampu untuk menggerakkan dan juga memimpin bagaimana cara berpikir dan bertingkah laku seorang makhluk (individu).

Pengertian Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual (SQ) ialah suatu kemampuan untuk hal memberi makna ibadah untuk setiap perilaku serta aktivitas, melalui cara serta langkah-langkah dengan pemikiran yang fitrah untuk menuju / menjadi satu manusia yang seutuhnya (hanif) dan mempunyai pola pikir Tauhid / monoteistik (integralis) dan mempunyai prinsip “hanya karena Allah”.

Konsep Spiritual

Spiritualitas sebagai satu konsep dua dimensi: yaitu konsep dimensi dengan sebutan Vertikal dan Horizontal.

Berikut penjelasannya :
Konsep dimensi VERTIKAL adalah suatu bentuk hubungan dengan Tuhan Yang Maha Tinggi yang akan menuntun kehidupan seseorang, sedangkan penjelasan dimensi HORIZONTAL merupakan hubungan seseorang terhadap diri sendiri, orang lain dan juga dengan lingkungan sekitar.

Contoh Spiritual

Sebagai contoh Kecerdasan spiritual adalah tentang bagaimana cara orang tua menyampaikan kecerdasan spiritual tersebut sejak kecil, diantaranya seperti:

Orang tua harus mulai memberikan perhatian terhadap anak-anak dalam pengertian Muraqabah Allah SWT, dengan mulai menjadikan anak-anak merasa bahwa Tuhan itu selamanya mendengarkan bisikan dan juga semua perkataannya, setiap gerakannya akan dilihat dan mengetahui apa yang menjadi rahasia dan tersembunyi.

Baca Juga :  Asbabun Nuzul Surat Al-Kafirun

Terutama masalah dalam kecerdasan mental anak-anak (SQ). SQ ialah dasar yang sangat dibutuhkan untuk memberikan fungsi IQ dan EQ dengan efektif. Bahkan SQ ialah kecerdasan tertinggi yang ada dari manusia. Saat ini kita tahu adanya bentuk tiga kecerdasan.

Tiga kecerdasan diantaranya Kecerdasan Spiritual (SQ), Kecerdasan Otak (IQ), dan Kecerdasan hati (EQ). Kecerdasan ini ada fungsinya masing masing yang memang sangat kita butuhkan untuk kehidupan di dunia ini.

Untuk mencapai pendidikan, Islam akan mengupayakan dengan melakukan pembinaan potensi manusia dengan harmonis/serasi serta seimbang dengan cara pengembangan semua potensi manusia dengan sepenuhnya diharapkan bisa memenuhi / melaksanakan fungsi pengabdian mereka dalam menjadi khalifah di bumi.

Untuk bisa melaksanakan bentuk pengabdiannya itu tadi, harus ada juga pembiaan seluruh potensi yang dipunya yaitu dengan potensi spiritual, kecerdasan, perasaan serta kepekaan.

Potensi-potensi yang ada dalam manusia itu tadi sesungguhnya ialah kekayaan yang ada di dalam diri manusia yang kini amat berharga

Kecerdasan spiritual (SQ) adalah suatu kemampuan dalam hal yang memberi makna ibadah untuk setiap perilaku serta aktivitas, melalui cara dengan langkah-langkah dan pemikiran yang fitrah untuk dapat menuju jadi manusia yang seutuhnya (hanif) dan mempunyai pola pikir Tauhid / monoteistik (integralis) dan mempunyai prinsip “hanya untuk Allah”.

Kurangnya kecerdasan spiritual (ruh) ini menyebabkan hilangnya kedamaian dalam batin dan pada akhirnya akan hilangnya kebahagiaan dalam jiwa seseorang.

Kecerdasan spiritual ini lebih besar dari kecerdasan hati dan juga kecerdasan otak atau kecerdasan ruh yang cenderung mencakup kecerdasan hati serta kecerdasan otak.

Kecerdasan spiritual ialah kecerdasan jiwa. Itu bisa membantu orang untuk dapat menyembuhkan diri mereka sendiri dan juga membangun mereka dengan keseluruhan.

Baca Juga :  Arti Tafadhol

Kecerdasan spiritual ini berada tentang terdalam dari diri, yang secara langsung terkait dengan berbagai kebijaksanaan dan kesadaran, yang akan melaluinya orang tidak hanya mengenali nilai-nilai yang kini ada, tetapi juga dengan secara kreatif menemukan nilai-nilai yang baru.

Peran orang tua mempunyai pengaruh besar dalam pendidikan anak-anak mereka, terutama dalam pendidikan agama Islam yang harus diajarkan sejak dini.

Anak-anak merupakan bagian dari masyarakat yang telah menempatkan beban perkembangan untuk pedoman di masa depan, dan oleh sebab itu, sebagai generasi penerus, maka orang tua kini harus lebih memperhatikan serta selalu membimbing dan juga mengajarkanya dengan baik, sehingga dalam kebahagiaan dunia serta kebahagiaan akhirat dapat dicapai.

Kecerdasan Spiritual Emosional dan Intelektual

Berikut penjelasan mengenai kecerdasan emosional dan intelektual, diantaranya.

Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional ini menjadikan seseorang mampu mengelola emosi serta mengenali perasaan diri sendiri dan juga orang lain.

Termasuk di antaranya ada kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi secara pribadi, dan kemampuan dalam berinteraksi sosial.

Orang yang mempunyai kecerdasan emosional ini mampu secara tepat dalam mengelola ekspresi wajah seperti dengan tersenyum cemberut, gembira dan sedih, serta mampu dalam mengatur volume dan intonasi suara yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi lingkungan.

Penerapan kecerdasan emosional bisa menjadi salah satu cara untuk menjadi sukses apabila diterapkan dalam empat aspek kecerdasan emosional, diantaranya:

  • Kesadaran diri
  • Pengaturan diri
  • Empati
  • Keterampilan sosial

Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual atau yang bisa disebut dengan IQ adalah kecerdasan yang dibangun otak kiri. Kecerdasan ini yang mencakup kecerdasan linear, matematik serta logis sistematis.

Kecerdasan ini akan menghasilkan pola pikir yang berdasarkan dari logika, tepat, akurat serta menjadi pola pikit yang dapat dipercaya.

Baca Juga :  Arti Yaumul Milad

Orang dengan kecerdasan ini akan yang mampu memiliki analisis secara tajam dan mempunyai kemampuan untuk dapat menyusun strategi bisnis yang sangat baik. Namun, kecerdasan intelektual ini tidak melibatkan emosi dalam kegiatan memproses informasi.

Demikian artikel ini penulis susun. Semoga dengan adanya artikel tentang Arti Spiritual akan memberikan manfaat baik untuk kita semua serta dapat membedakan tiga jenis kecerdasan diatas.

Baca Juga :