Doa Nurbuat

Posted on

Doa Nurbuat – Assalamualaikum sobat dosenpintar.com dalam hal ini kita akan bersama belajar mengenai Doa Nurbuat. Apa itu Doa Nurbuat ? Apa manfaatnya ? Semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Selamat menyimak sobat, semoga apa yang telah kita pelajari dapat menjadi ilmu yang berkah.

Doa Nurbuat
Doa Nurbuat

Sejarah Doa Nurbuat

Sebenarnya belum dapat dipastikan siapa yang meriwayatkan doa nurbuat ini. Sehingga belum diketahui dengan jelas bagaimana asal usul dan sejarah dari doa nurbuat tersebut. namun dikisahkan bahwa pada zaman Rasul, saat itu Rasulullah sedang duduk-duduk dengan beberapa sahabatnya di Masjidil Haram selepas shalat subuh.

Kemudian datanglah Malaikat Jibril membawa doa nurbuat, Ia pun berkata : Wahai Rasulullah, aku diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan doa ini padamu. Setelah itu Beliau pun bersabda, Doa Nurun Nubuwwah ini memiliki banyak manfaat dan faedahnya bila dibaca dan kemudian diamalkan. Jika tidak dapat menghapal isinya, maka tulislah.

Setelah itu simpan tulisan doa nurbuat ini di dalam rumah, sehingga Allah akan menjagamu dari segala macam mara bahaya.

Doa Nurbuat

Berikut bacaan doa nurbaat arab, latin dan terjemahannya.

Bacaan Doa Nurbuat Arab

Doa Nurbuat

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Doa Nurbuat Latin

“Allaahumma dzissulthanil’adziim. Wa dzilmannil qadiim. Wa dzilwajhil kariimi wa waliyyil kalimaatittaammaati wadda’awaatil mustajaabati‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi‘ainil qudrati wannaaziriina wa‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadulladziina kafaruu layuzliqunaka bi absaarihim lammaa sami’udzdzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnun.

Wa maa huwa illaa dzikrullil‘aalamiin. Wa mustajaabu luqmaanal hakiimi wa waratsa sulaimaan daawuuda‘alaihimassalaamul waduudu dzul’arsyil majiid. Thawwil‘umrii wa shahhih ajsaadii waqdi haajatii waktsir amwaalii wa au laadii wa habbib linnaasi ajma’iin.

Wa tabaa’adil‘adaawata kullahaa min bani aadama‘alaihissalaamu man kaana hayyan wa yahiqqoal qaulu‘alal kaafiriin. Wa qul jaa al haqqu wa zahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqan.

Baca Juga :  Yaumul Jaza Artinya

Wanunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa un wa rohmatun lilmu’miniin. Wa laa yaziiduzzaalimiina illaa khasaaraa. Subhaana rabbika rabbil‘azzati‘ammaa yashifuun. Wa salaamun‘alalmursaliina wal hamdulillaahirabbil‘aalamiin.”

Arti Bacaan Doa Nurbuat

“Wahai Tuhanku, pemilik kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu (Muhammad) dengan pandangan mereka,ketika mendengar Al Quran (dibaca) lalu mereka berkata:

“Sesungguhnya (Muhammad) itu benar-benar orang gila.’ Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi semua umat. Dan mengijabahi Lukmanul Hakim dan Sulaiman yang telah mewarisi Daud as.

Allah adalah dzat yang maha pengasih lagi memilik singgasana yang mulia, panjangkanlah umurku, sehatkanlah jasadku, kabulkanlah hajatku, perbanyaklah harta bendaku dan anakku, cintakan semua orang, jauhkanlah permusuhan anak cucu Adam a.s. dari orang-orang kafir.”

Dan katakanlah : “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah. Sesungguhnya yang batil itu pasti musnah.”

Dan kami turunkan Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang beriman, dan Al Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian.

Maha suci Allah, Tuhan yang Maha Mulia dari segala sifat yang diberikan orang-orang kafir. Dan semoga keselamatan tetap bagi para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Manfaat Doa Nurbuat

Berikut dibawah ini merupakan manfaat dari doa nurbuat, diantaranya.

Mengingatkan Diri Kita Kepada Allah

Mengamalkan doa nurbuat akan membuat kita selalu ingat kepada Allah.

Doa ini diawali dengan kalimat-kalimat yang memuji Allah. Kalimat-kalimat tersebut memiliki arti yang sangat indah.

Hajat Akan Dikabulkan

Setiap orang yang ingin dikabulkan hajatnya harus berupaya dan berdoa dengan sekuat tenaga.

Ketika sobat mengamalkan doa ini, maka insha Allah hajat yang dimiliki akan cepat dikabulkan.

Namun, tentu saja harus diiringi dengan niat yang ikhlas dan hati tulus. Lakukan dengan khusyu’ untuk mendapatkan ridho dari Allah.

Membuat Wajah Nampak Lebih Cerah

Sobat bisa mengamalkan doa nurbuat. Mengamalkan doa ini dengan istiqomah diiringi dengan niat yang ikhlas karena Allah akan membuat wajah nampak lebih cerah.

Wajah cerah karena mengamalkan doa-doa dengan memberikan pujian kepada Allah dan Rasul Allah.

Doa nurbuwwah sendiri memang memiliki arti yang mulia yaitu cahaya kenabian.

Membantu Kita Bertemu Rasulullah Muhammad

Setiap umat muslim selalu bermimpi dan mendambakan untuk bisa berjumpa dengan Rasulullah kelak.

Nabi Muhammad bersabda bahwa siapa saja yang ingin berjumpa dengan para nabi, maka amalkanlah doa ini selama 100 kali sebelum tidur. Insha Allah, siap saja yang mengamalkannya akan bermimpi bertemu dengan para nabi.

Dimohonkan Ampun Oleh Para Malaikat

Setiap manusia pernah berbuat kesalahan dan dosa. Dosa dan kesalahan bisa diampuni jika seorang hamba dengan tulus meminta ampun kepada Allah.

Manfaat mengamalkan doa nurbuat akan membuat malaikat memohonkan ampun atas dosa-dosa yang pernah diperbuat, dan bahkan memohonkan ampun atas hal-hal yang bisa menghapus amal ibadah.

Baca Juga :  Tulisan Arab Assalamualaikum

Disukai Oleh Banyak Orang

Dalam Kalimat yang tercantum dalam doa ini salah satunya adalah memohon cintakanlah semua manusia di alam dunia.

Maka, doa ini benar-benar berkhasiat untuk membuat orang-orang sayang kepada kita. Iringilah dengan berbuat baik kepada setiap orang.

Ditunjukkan Kebenaran

Salah satu makna yang terkandung dalam doa ini adalah untuk ditunjukkan kebenaran serta mencegah kebatilan. Doa ini akan menuntun setiap yang mengamalkannya agar menjauhi hal yang bathil.

Doa nurbuat ini memiliki karomah yang sangat tinggi dan bisa dijadikan sebagai penakluk hati. Siapa saja yang menginginkan untuk didekatkan jodohnya, maka bisa mengamalkan doa ini dengan sebaik-baiknya.

Dilindungi Dari Sihir

Ilmu-ilmu sihir adalah ilmu syirik yang menyekutukan Allah dan dilarang oleh Allah. Sejak jaman dahulu, sihir sudah menyesatkan banyak manusia.

Agar terhindar dari sihir, maka seseorang bisa mengamalkan doa nurbuat. Bacalah doa ini sebelum matahari terbenam, sobat akan dihindarkan dari sihir.

Ditambahkan Kekayaannya

Mengamalkan doa nurbuat akan membuat seseorang ditambah kekayaannya oleh Allah. Ada banyak doa yang dipanjatkan secara gamblang dan jelas untuk ditambahkan rizkinya oleh Allah. Doa ini juga dikenal sebagai doa pembuka rezeki bagi umat muslim yang mengamalkannya.

Mendamaikan Orang yang Bertengkar

Kalimat dalam doa-doa ini memiliki makna yang gamblang untuk memohonkan kedamaian bagi semua anak-anak Adam.

Anak-anak Adam diharapkan bisa hidup di dunia dengan saling kasih mengasihi dan sayang menyayangi.

Khodam Doa Nurbuat

Doa nurbuat dianggap sebagai doa yang sangat luar biasa, karena memiliki banyak manfaat yang baik bagi kehidupan manusia. Apalagi sudah banyak orang yang merasakan langsung khasiat dan manfaat dari doa nurbuat tersebut. apa saja khasiat dari wirid doa nurbuat? Setidaknya ada belasan khasiat yang terdapat pada doa yang satu ini.

Syarat utama dalam mengamalkan doa ini adalah memiliki sikap yang ikhlas. Karena efeknya pun sangat luas sekali. Maksudnya doa nurbuat ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan juga hajat apa saja. Bahkan doa ini pernah diajarkan oleh Sunan Bonang, pada Sunan Kalijaga ketika Sunan Kalijaga sedang berada di tengah-tengah sungai.

Bahkan pengijazahannya pun langsung dari Sunan Bonang di atas perahu dan di tengah keramaian. Beruntunglah orang-orang muslim yang mengamalkan doa nurbuat dengan hati yang ikhlas. Untuk khodam doa nurbuat ini harus dilakukan dengan membaca doa nurbuat terlebih dahulu. Bacakan doa tersebut sebanyak 7 kali kemudian sebutkan keinginan anda di dalam hati pada Allah SWT.

Doa nurbuat juga memiliki karomah yang tinggi, dalam bidang mahbbah atau sebagai penakluk hati. Siapapun orang yang anda inginkan sebagai jodoh, maka orang tersebut bisa menjadi jodoh anda jika Allah menghendaki. Untuk benar-benar merasakan khasiat dari doa nurbuat ini, maka anda harus mengetahui cara mengamalkannya. Seperti berikut ini :

  1. Membaca Ilaa hadlratin nabiyyil mustafaa shalallahu ‘ alaihi wassalam lalu surat Al fatihah sebanyak 1 x.
  2. Lalu membaca Tsumma ilaa hadlraati ikhwaanihii minal ambiyaa’i wal mursaliin wal auliyaa’i wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wash shahaabti wattaabi’iina wal ulamaa’i ‘aamiliina wal mushannifiinal mukhlishiina wa jamii’il malaaikatil muqarrabiina dan membaca Al fatihah lagi sebanyak 1 x.
  3. Membaca Ila khusushan Syekh Majdudin Al-Karmani yang termasuk pada khodam nurbuat, lalu Al fatihah lagi 1 x.
  4. Ila khusushan Syekh Abdul Qadir Jailany, Syekh Qori, Syekh Madi, Syekh Somandari, Syekh Ahmad Al Falatil Bauni, dan kemudian AL fatihah lagi 1 x.
  5. Membaca surat Al ikhlas sebanyak 3 x.
  6. Membaca surat Al falaq 1 x saja
  7. Membaca surat An nash sebanyak 1 x.
  8. Yang terakhir membaca sholawat nabi sebanyak 21 x.
Baca Juga :  Arti Spiritual

Kisah Nyata Pengamal Doa Nurbuat

Ada banyak orang yang telah merasakan langsung khasiat dari doa nurbuat ini, berikut beberapa kisah mengenai orang-orang yang mengamalkan doa ini :

  • Zainudin

    Saya adalah orang yang rajin membaca doa nurbuat ini dengan rutin, misalnya ketika anak sakit, atau saudara yang sakit. Sebagai pembuka saya membaca istighfar sebanyak 3 kali, kemudian mengirim Al fatihah untuk Rasulullah, sahabatnya dan para malaikat, guru, dan orang tua.
    Dilanjutkan dengan membaca Al ikhlas 3 x, Al falaq 1 x, An nash 1 x, sholawat 11 x, lalu baca doa nurbuat 7 x sampai 100 x. insha Allah segala hajat yang dipanjatkan pada Allah akan segera terkabul.
    Begini salah satu pengalaman saya, saat itu keluarga kami sedang butuh uang. Salah satu harapan kami adalah jika istri saya menang arisan sehingga kami bisa mendapat uang. Lalu kami bermunajat pada Allah, keesokan harinya ternyata istri saya benar-benar memenangkan arisan.

  • Herman Al Hakim

    Benar sekali bahwa doa nurbuat ini memiliki manfaatnya. Dahulu saya pernah mengamalkan doa ini setiap malam jumat dengan membacanya sebanyak 100 x. dengan keyakinan yang mantap dan selalu mengharap ridha dari Allah, maka insha Allah segala hal yang saya doakan dikabulkan oleh Allah.
    Bahkan ada satu kejadian yang tidak terduga, saat itu ada seorang perempuan yang mendatangi saya dengan segala kepasrahan hati. Ia berharap saya dapat menolongnya, karena ternyata suaminya terkena santet atau guna-guna. Lalu ia bermimpi bahwa sayalah yang dapat membantu menolong santet pada suaminya tersebut.
    Saya juga sempat bingung mengapa di dalam mimpinya tersebut, saya ditunjuk sebagai penolong suaminya. Padahal dalam kehidupan sehari-hari saya bukan siapa-siapa, saya hanya seorang tukang ojeg yang tidak punya pengalaman apapun di bidang praktisi. Dengan penuh kepasrahan saya pun mendatangi suami perempuan tersebut.
    Lalu saya bacakan doa nurbuat terus menerus, dan memang benar bahwa sakit yang diderita oleh suaminya sangat tidak wajar. Karena saya melihat ada orang yang bertubuh sangat besar sedang mengotak atik organ tubuh orang tersebut. namun berkat izin dan perantara-Nya, maka 2 hari kemudian orang tersebut sembuh total karena saya membacakan nurbuat terus menerus.

Masyaallah tabarakallah demikianlah artikel dengan pembahasan tentang Doa Nurbuat. Semoga Allah SWT meridhoi semua yang telah kita usahakan untuk dipahami, sekian artikel ini dan jangan lupa amalkan doa nurbuat.

Baca Juga :