Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Posted on

Jazakallah Khairan Artinya – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Sholawat teriring salam kita panjatkan kepada suri tauladan kita Baginda Rasullallah SAW, pastinya kalian pernah mendengar kalimat atau ucapan Jazakallah Khairan tersebut umunya digunakan oleh sanak keluarga ataupun teman sebagai wujud terima kasih.

Bagi anda belum mengetahui apa maksud atau penggunaan kalimat Jazakallah Khairan ? Anda tidak perlu bingung tentang arti dan makna kalimat. Karena pada kesempatan ini, penulis dosenpintar.com akan membahas makna dan istilah dalam bahasa Arab yang umum atau umum digunakan secara lengkap dan mudah dipahami, oke langsung saja kita bahas dibawah ini.

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran
Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Arti Jazakallahu Khairan (جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Jazakumullah Khairan Katsiran (aksara Arab: جَزَا كُمُ الله خَيْرًاكَثِيْرًا)

Adalah sebuah ungakapan dalam bahasa Arab yang memiliki arti “Semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan yang Banyak”.

Dimana kalimat tersebut terdiri dari dua kata yaitu jazakallah dan khair.

Jazakallah berarti “Semoga Allah Membalasmu”
Jazakallah khairan berarti “Semoga Allah Membalasmu dengan kebaikan”

Ungkapan ini umumnya digunakan ketika ada seseorang ataupun kelompok yang telah berbuat baik kepada kita atau orang lain, jadi sebagai bentuk ucapan rasa terima kasih kita dimana untuk membalas kebaikan tersebut, jadi kita akan mengucapkan doa yang berbunyi “jazakumullah khatsiran”.

Terkadang ucapan tersebut di sunnahkan oleh Rasulullah untuk mengungkapkan rasa terima kasih serta mendoakan bagi mereka yang telah melakukan kebaikan bagi kita.

Untuk memperjelas pengucapan kalimat-kalimat tersebut,akan kami uraikan di bawah ini secara lengkap:

Baca Juga :  Pengertian Akomodasi
ArabLatinArtinya
جَزَا ك الله“Jazakillahu Khairan”semoga Allah membalasmu Dengan kebaikan (Wanita)
جَزَاكَ اللهُ“Jazakallahu Khairan”semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (manusia)
جَزَاكُمُ اللهُ“Jazakumullahu Khairan”semoga Allah membalas kalian semua dengan kebaikan (jamak)

Keutamaan Jazakallahu Khairan

Islam juga mengajarkan kita untuk membangun hubungan yang baik dengan manusia lain.

Salah satu bentuk hubungan baik dengan manusia lain adalah bersyukur ketika mereka menerima hadiah atau perlakuan baik dari orang lain.

mengucapkan rasa terima kasih kepada orang laina atas kebaikannya adalah tindakan yang bisa membuat seseorang bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan.

Dimana diriwayatkan Usamah bin Zaid pernah berkata: Rasulullah pernah bersabda:

Dasar untuk penggunaan Jazakallahu Khairan ditemukan dalam Hadis yang diriwayatkan Usamah bin Zaid r.a, yang dikatakan oleh Rasulullah:

Arti Jazakumullah Khairan Katsiran
Arti Jazakumullah Khairan Katsiran

Cara Menggunakan Jazakumullah Khairan Katsiran

Di bawah ini adalah beberapa contoh kondisi yang tepat untuk mengucapkan kata jazakumullah khairan katsiran, beikut penjelasanya :

Ada seseorang yang sedang kebingungan ketika hendak mencari alamat seseorang untuk mengirimkan sebuah paket, kemudian orang tersebut bertemu dengan anda, kebetulan anda mengetahui dimana alamat yang dituju oleh orang tersebut, kemudian anda menunjukan arah alamat tersebut. Maka dari bentuk ucapan rasa terima kasih orang tersebut mengucapkan “Jazakumullah khairan katsiran”.

Jawaban / Balasan Jazakumullah Khairan Katsiran

Jadi, bagaimana Anda membalas atau menjawab jika ada seseorang mengatakan kata jazakumullah khairan katsiran?

Ketika kalian, teman atau keluarga membantu seseorang, maka orang yang dibantu tersebut akan mengucapkan kata jazakumullah khatsiran katsiran, maka kita dapat menjawab kalimat tersebut dengan mengatakan “Wa jazakallahu khairan” artinya “dan Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan. ”

Tetapi jika ucapan tersebut berasal dari sekelompok orang yang diberikan kepada kita, maka kita akan menjawab atau menanggapi dengan mengatakan “Wa jazakumullah khairan” artinya “dan semoga Allah juga membalas Anda dengan kebaikan”.

Baca Juga :  Arti Wa Iyyakum

Cara Membalas kebaikan Orang Yang Mendo’akan kita

  • Dengan cara mendo’akan seseorang tersebut
  • Dengan Membalas perbuatan seseorang tersebut
  • Dengan Memuji seseorang tersebut dengan pujian Subhanaullah
  • Dengan Mengucapkan Jazakallah khairan kepada seseorang tersebut

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Jazakallah Khairan , semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi referensi untuk para pembaca dalam memahami pengertian serta makna dari kalimat tersebut dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya yang pastinya lebih menarik.

Baca Juga :