Hidup Rukun

Posted on

Hidup Rukun Adalah – Hidup dengan rukun tentu merupakan keinginan setiap manusia didunia, maka dari itu dikarenakan kita merupakan salah satu dari manusia didunia sudah semestinya kita ikut serta menciptakan hidup yang rukun dalam menjalani kehidupan.

Pada kesempatan kali ini dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai tentang Hidup Rukun yang meliputi Pengertian Hidup Rukun, Ciri-Ciri Hidup rukun, Manfaat Dari Hidup Rukun, Macam-Macam Hidup Rukun, Nilai-Nilai Kehidupan dan Contoh Hidup Rukun, dan untuk lebih jelasnya berikut merupakan detail uraian untuk sobat sekalian.

hidup rukun adalah
hidup rukun adalah

Pengertian Hidup Rukun

Hidup rukun adalah sebuah konsepsi dari hidup yang tentram, aman dan juga damai dimana semua lingkungan masyarakat, sekolah, keluarga, pertemanan dan juga kehidupan bernegara dan berbangasa untuk saling sayang dan menyayangi antar sesama serta saling tengang rasa untk selalu menghargai orang lain. Meskipun setiap lingkungan mereka terdapat perberbedaan di dalam hal berpendapat,ber prinsip, pemikiran, agama, suku dan ras serta budaya. Sehingga yang dapat diperoleh dari hidup rukun adalah memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat untuk dapat saling tolong menolong dan juga bahu membahu antar sesama manusia.

Ciri-Ciri Hidup rukun

Adapun beberapa ciri dari dalam hidup yang rukun, antara lain.

  • Saling dapat bekerja sama antara sesama masyarakat, dari tetangga, keluarga dan juga pertemanan.
  • Saling menjalin persatuan antara sesama meski terdapat perbedaan berbagai pendapat, prinsip dan juga perbedaan ide.
  • Ikut serta untuk melakukan kegiatan bergotong royong dan kerja bakti dilingkungan, baik itu di lingkungan rumah dan sekolah.
  • Bersikap dengan ramah kepada semua masyarakat apabila saling bertemu baik dijalan atau dimana pun.
  • Meningkatkan nilai keakraban dilingkungan sekitar.
  • Saling menghormati antar sesama dan yang lebih tua maupun dengan yang lebih muda.
  • Saling menghargai meski terdapat perbedaan suku, perbedaan budaya, ras dan juga agama.
Baca Juga :  Sosialisme : Pengertian, Sejarah, Ciri dan Contoh

Manfaat Dari Hidup Rukun

Berikut merupakan manfaat dari kehidupan yang rukun adalah sebagai berikut.

Menjalin komunikasi yang baik

Dengan kehidupan yang rukun tentunya akan membuat komunikasi yang baik dengan sesama baik dengan lingkungan keluarga, tetangga, rekan kerja, teman dan lain sebagainya.

Menjalin Kerukunan Antar Sesama

Dengan kerukunan kita menciptakan hubungan yang baik antar sesama, dengan kerukunan kita dapat hidup berdampingan meski dengan berbagai perbedaan.

Menghindarkan Perselisihan dan Konflik

Dengan kerukunan tentu kita akan terhindar dari perselisihan, karena kita mengandung asas saling menghargai dan menghormati antar sesama.

Menghadirkan Keharmonisan

Dengan kerukunan dan saling memahami antar sesama tentu kita akan mendapat sebuah jalinan yang harmonis untuk menjalani kehidupan.

Tolong Menolong Antar sesama

Dengan hidup rukun tentunya membuat kita dapat melakukan kerja sama dan tolong menolong dalam berbagai hal.

Macam-Macam Hidup Rukun

Adapun beberapa macam kerukunan hidup, antara lain.

Rukun Di Tempat Kerja

Setiap individu pastinya menginginkan kerukunan ditempat kerja, untuk kenyamanan dan berjalan dengan baik keberlangsungan kegiatan selama bekerja.

Rukun Di Tempat Sekolah

Dilingkunga sekolah hal utama yang menyebabkan terjadinya kerukunan ialah visi misi sekolah, dan tumbuhnya rasa kekeluargaan antar siswa, guru dan staf.

Rukun Antar Warga

Salah satu cara supaya terjalinnya kerukunan antar warga adalah dengan dimana setiap warganya harus saling menjaga ketentram antar sesama dan juga saling gotong royong  dan bahu membahu dilingkungan sekitar.

Rukun Antar Tetangga

Hal yang terpenting supaya terjalinnya kerukunan antar tetangga adalah dengan saling menjalin komunikasai untuk selalu berjalan dengan baik sesama tetangga, selalu saling tolong menolong antar sesama tetangga dan juga saling menghormati antar sesama tetangga.

Baca Juga :  Filsafat Pancasila

Rukun Antar Keluarga

Hal yang paling utama dan terpenting di dalam menjalin kerukunan antar keluarga adalah dengan membentuk satu hubungan di dalam kelurga dengan menjalin keharmonisan, dengan saling melengkapi, selalu saling menghargai dan juga saling memahami. Jika hal ini sudah dapat diterapkan di dalam keluarga maka dengan otomatis akan terciptalah satu bentuk kerukunan antar keluarga.

Rukun Antar Beragama

Jika dilingkungan kita terdapat berbagai perbedaan mengenai bentuk keyakinan atau agama, dengan itu kita harus menghargai dan saling menghormati, tidak saling melontarkan kejelekan terhadap agama lain, dan tingkatkan jiwa dan rasa toleransi antar umat beragama.

Nilai-Nilai Kehidupan

Berikut merupakan nilai-nilai dalam kehidupan dalam bermasyarakat supaya tercipta  hidup yang rukun, diantaranya.

  • Menciptakan dan meningkatkan rasa toleransi yang cukup tinggi antar sesama umat manusia.
  • Menciptakan rasa persatuan dan juga kesatuan baik itu dilingkungan dengan tetangga, tempat bekerja, lingkungan sekolah maupun negara.
  • Menciptakan rasa satu dan kebersamaan dengan rasa untuk saling mempunyai dan saling menjaga jalinan kekompakan antar sesama.

Contoh Hidup Rukun

Berikut merupakan 3 poin contoh dari hidup rukun yang bisa sobat pahami, antara lain.

  • Contoh Hidup Rukun Di Rumah

    Menghormati orang tua, tidak bertengkar dengan saudara, bekerja sama membersihkan rumah, makan bersama, berbagi cerita keseharian, berbagi tugas dalam segala hal dan lain sebagainya.

  • Contoh Hidup Rukun Di Sekolah

    Menjalin hubungan baik dengan teman, menghargai perbedaan pendapat, menghormati guru, saling tolong menolong, bertugas membersihkan kelas bersama sama, mengerjakan tugas kelompok dan lain sebagainya.

  • Contoh Hidup Rukun Di Masyarakat

    Menjenguk atau menengok tetangga yang sedang jatuh sakit, saling membantu jika ada tetangga yang sedang terkena musibah, menghadiri rapat RT dan RW, kerja bakti didekat tempat tinggal dan lain lain.

Sampai disini saja pembahasan yang penulis sampaikan mengenai Pengertian Hidup Rukun, Semoga dengan adanya pembahsan ini bisa memberikan pemahaman dan juga manfaat untuk sobat semua. Sampai bertemu lagi di pembahasan yang lain sobat.

Baca Juga :