Rumus Keliling Lingkaran

Posted on

Rumus Keliling Lingkaran – Halo sobat dosenpintar.com dalam kesempatan ini penulis akan kembali berbagi sebuah artikel yang dalam pertemuan kali ini akan membahas materi mengenai Rumus Keliling Lingkaran. Selain rumus dalam kesempatan ini tentu penulis juga akan membagikan kumpulan soal yang dapat sobat pelajari dan pahami. Untuk pembahasan terlengkapnya bisa sobat simak dibawah ini.

Rumus Keliling Lingkaran
Rumus Keliling Lingkaran

Pengertian Lingkaran

Dalam ilmu matematika lingkaran merupakan sebuah bangun datar yang berjenis dua dimensi. Lingkaran ialah sekumpulan berdasarkan titik – titik yang akan membentuk suatu lengkungan yang mempunyai panjang yang sama pada setiap titik pusat lingkaran.

Dalam kehidupan sehari – hari tentu kita sering bukan menemukan bahkan mempunyai benda yang memiliki bentuk lingkaran, seperti contohnya jam dinding, roda, kipas angin, kelereng, dan lain sebagainya yang memiliki fungsi masing masing. Dan tahukah kamu jika benda bebentuk lingkarang ini ada perhitungannya, baik menghitung luas, keliling, diameter dan jari jari. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana menghitung keliling lingkaran yang tentunya menggunakan rumus sesuai kententuan.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus dari Keliling Lingkaran menggunakan Diamter : π x d
Rumus dari Keliling Lingkaran menggunakan Jari-Jari : π x 2 x r

Keterangan :
d = Diamter
r = Jari – jari
π = 22/7 atau 3,14

Setelah sobat telah mengetahui tentang suatu bangun datar lingkaran, sekarang tiba saatnya sobat untuk memahami mengenai tentang cara mencari keliling lingkaran dalam ilmu matematika, karena dengan sobat mengetahui bagaimmana cara menghitung keliling lingkaran dalam ilmu pelajaran matematika maka sobat akan dengan mudah untuk menjawab serta mengerjakan soal – soal  ketika ujian.

Baik ketika mengerjakan soal ujian akhir sekolah (UAS) serta saat mengerjakan ujian nasional (UN) tentang menghitung keliling lingkaran matematika. Dan langsung saja akan dibahas dua rumus untuk menghitung keliling lingkaran dalam ilmu matematika yang dapat sobat pahami dibawah ini :

Baca Juga :  Soal Matematika Kelas 5

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Kemudian setelah sobat lihat dan memahami perbedaan tentang kedua rumus keliling lingkaran ilmu matematika ini yang telah dijelaskan di atas tdai, maka di bawah ini bisa sobat lihat contoh soal untuk mencari keliling lingkaran matematika yang bisa dijadikan sebagai bahan dan metode latihan sobat, supaya kalian bisa lebih mengerti dan memahami mengenai tentang rumus lingkaran mencari keliling dibawah ini.

Contoh Soal 1

1. Terdapat satu bentuk bangun datar lingkaran yang mempunyai nilai diameter yang sebesar 6 m, Carilah berapa keliling dari lingkaran yang tersebut ?

Diketahui :

  • d = 9 m
  • π = 22/7

Ditanyakan :
Berapa Nilai Keliling Lingkaran ?

Jawaban :
K = π x d
K = 22/7 x 9
K = 198/7
K = 28,29 m
Maka, Keliling lingkaran yang tersebut ialah 28,29 m

Contoh Soal 2

2. Terdapat suatu jenis lingkaran yang dilengkapi nilai jari – jari dengan sebesar 21 cm. Hitunglah nilai keliling dengan lingkaran yang tersebut ?

Diketehui :

  • r = 21 cm
  • π = 22/7

Ditanyakan : Jumlah Nilai Keliling Lingkaran ?

Jawaban :
K = π x 2 x r
K = 22/7 x 2 x 21
K = 22/7 x 42
K = 924/7
K = 132 cm
Maka, Keliling lingkaran tersebut diatas 132 cm

Contoh Soal 3

3. Jika terdapat sebuah lingkaran dengan nilai keliling 62,8 cm. Hitunglah diameter lingkaran yang tersebut ?

Diketehui :

  • K = 67,6 cm
  • π = 3,14

Ditanyakan : Nilai Diameter Lingkaran ?

Jawaban :
K = π x d
67,6 = 3,14 x d
d = 67,6 / 3,14
d = 21, 53 cm
Maka, Diameter pada lingkaran tersebut ialah 21,53 cm

Contoh Soal 4

4. Rido memiliki roda sepeda motor dengan ukuran kelilingnya adalah 90 m. Hitunglah berapa jumlah jari-jari roda sepeda motor Rido tersebut ?

Diketehui :

  • K = 90 m
  • π = 3,14

Ditanyakan : Nilai Diameter Lingkaran ?

Jawaban :
K = π x 2 x r
90 = 3,14 x 2 x r
K = 6,28 x r
r = 90 / 6,28
r = 14,3 cm
Maka, jari – jari lingkaran adalah 14,3 cm

Contoh Soal 5

5. Prasetya memiliki sebuah mobil yang mempunyai roda berdiameter 88 cm berputar dengan sebanyak 1000 kali, Hitunglah berapa jarak yang telah di tempuh oleh mobil Prasetya tersebut ?

Baca Juga :  1 Ons Berapa Kg

Diketehui :

  • d = 88 cm
  • π = 3,14

Ditanyakan : Jarak Mobil ?

Jawaban :
Jarak yang telah ditempuh mobil = 1000 kali keliling dari lingkaran ( roda ) = 1000 / 2 = 500
Maka jarak yang sebenarnya ditempuh mobil = 500 x π x d = 500 x 3,14 x 88 cm = 138.160 cm = 1,38.2 km

Perhatian : Dalam berbagai contoh soal dan jawaban diatas tentang keliling lingkaran, penulis menggunakan nilai π dengan 3,14  dan juga menggunakan 22/7 jadi contoh diatas sudah lengkap.

Tips :

  • Ambillah nilai π yang menurut sobat termudah untuk di hitung, Jika nilai diameter atau jari-jari dapat dengan mudah untuk dibagi 7 maka sobat gunakan π = 22/7
  • Gunakan nilai π = 3,14 jika nilai diameter atau nilai jari-jari tersebut susah untuk digunakan bagi 7

Demikianlah pembahasan mengenai materi yang mempelajari tentang Rumus Keliling Lingkaran. Semoga dengan dibagikan artikel ini dapat mempermudah sobat dalam menguasai dan mempelajari materi lingkaran ini. Tidak ada yang sulit jika kita mau belajar dan tidak ada yang tidak mungkin jika kita selalu berusaha.

Baca Juga :