Contoh Norma Kesusilaan

Posted on

Contoh Norma Kesusilaan – Hello kalian semua yang selalu setia membaca artikel dari dosenpintar.com kali ini penulis akan berbagi lagi sebuah artikel yang kali ini dengan bahasan tentang Contoh Norma Kesusilaan. Nah untuk sobat yang penasaran langsung saja bisa sobat simak berikut dibawah ini.

Contoh Norma Kesusilaan
Contoh Norma Kesusilaan

Pengertian Norma Kesusilaan

Norma Kesusilaan adalah aturan sosial dimana kita akan mengatur mengenai tentang cara manusia dalam berperilaku yang secara umum yang bersumber dari hati nurani manusia dan diri sendiri.

Pada norma kesusilaan tidak akan tersirat sanksi yang tegas dimana sebagaimana mestinya norma dari hukum. Disamping itu, mereka yang telah melanggar norma kesusilaan akan tetap bisa mendapat sanksi dimana sifatnya dengan individual, seperti mendapat rasa malu.

Nah norma kesusilaan ini sendiri terdiri atas dua kata, antara lain :

  1. Norma; suatu aturan maupun sebuah pedoman untuk dapat mengatur
  2. Kesusilaan; suatu sikap maupun sebuah peraturan hidup

Tujuan Norma Kesusilaan

Mengacu pada pengertian norma kesusilaan bahwa tujuan norma ini ialah suoaya setiap individu memiliki nilai-nilai kemanusiaan serta mempunyai sifat kesusilaan dengan baik sehingga akan terciptanya keharmonisan sebuah ikatan hubungan antar manusia yang bisa segera terwujud.

Manfaat Norma Kesusilaan

Manfaatnya untuk membantu seseorang supaya mampu membedakan mana hal yang memiliki sifat buruk serta yang bersifat baik.

Baca Juga :  Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Tidak hanya dengan itu, norma kesusilaan menjadi petunjuk untuk manusia mengenai tentang cara bersikap serta cara bertingkah laku didalam kehidupan untuk bermasyarakat.

Ciri-Ciri Norma Kesusilaan

Berikut merupakan ciri ciri dari norma kesusilaan :

Lokal

Norma kesusilaan ini memiliki sifat lokal atau tidak universal yang sama halnya dengan norma agama. Setiap wilayah serta masyarakatnya mempunyai beberapa norma kesusilaan tersendiri untuk didalamnya. Di Indonesia yang khususnya, yang dikenal sifat dari kesusilaannya tinggi, apabila kita berteriak terhadap para orang tua itu tidak menjadi baik.

Hati Nurani

Norma kesusilaan ini juga bersumber dalam hati nurani merupakan manusia itu sendiri. Terkadang hati nurani terkalahkan oleh berbagai kepentingan. Sehingga didalam pelaksanaanya hati nurani begitu bisa diperhatikan.

Tidak Abadi

Norma kesusilaan tidak memiliki sifat yang abadi serta bukan universal, karena norma ini yang tergantung pada ruang serta pada waktu. Disamping sifatnya yang berbeda dalam tiap wilayah ini juga sangat berpengeruh tentang waktu.

Rasa Malu

Rasa malu adalah suatu sanksi dalam diri sendiri maupun masyarakat pada saat melakukan pelanggaran terhadap suatu norma kesusilaan.

Penyesalan

Penyesalan adalah sanksi dimana bisa dirasakan oleh pelanggar. Sebagian orang lain mungkin tidak akan mengetahui, apabila dirinya telah melanggar norma kesusilaan tersebut.

Contoh Norma Kesusilaan

Berikut merupakan berbagai contoh norma kesusilaan, antara lain :

Bersikap Selalu Jujur

Dengan selalu bersikap jujur tentu akan selalu membuat orang disekita kita menjadi lebih percaya dengan kita.

Ringan Dalam Meminta Maaf

Dengan berani meminta maaf bukan berarti kita salah, apalagi jika kita salah tentu bukan suatu hal memalukan untuk kita meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat.

Berpakaian Yang Sesuai

Berpakaian ada adabnya serta harus selalu menyesuaikan tempat. Dengan begitu kita dapat dihargai dan bisa menghargai.

Baca Juga :  Filsafat Pancasila

Menghargai & Menghormati

Norma kesusilaan ini mengatur untuk kita antar sesama harus saling menghargai dan saling menghormati, selain itu kita juga harus selalu menghormati orang yang lebih tua.

Berbicara Hal-Hal Baik

Berbicara mungkin bisa dianggap sebagai hal sepele namun ini sangat berpengaruh dalam menunjukan kualitas diri karena disini kita bukan hanya bisa berbicara namun juga membahas kualitas dari yang kita bicarakan.

Jangan Mengambil Hak Orang Lain

Kita tentu sangat dilarang untuk mengambil hak orang lain. Seperti mencuri, korupsi karena ini melanggar norma yang dapat memberikan dampak buruk terhadap citra pribadi kita.

Terima Kasih

Sama dengan meminta maaf, hubungannya sangat erat untuk rasa terima kasih. Karena dengan mengucap terima kasih kita menujukan rasa apresiasi kita terhadap orang yang telah memberikan bantuan atau apapun yang berhubungan dengan pemberian kepada kita.

Tolong Menolong

Tolong menolong juga sangat diharuskan dalam kehidupuan bermasyarakat karena dengan tolong menolong akan mempermudah dan dapat menjalin tali silaturahmi antar sesama.

Tidak Mencuri

Tidak mencuri adalah salah satu bagian dari norma kesusilaan, norma agama, serta bagian juga dari norma hukum.

Tidak Memfitnah

Memfitnah adalah suatu kebalikan dari sebuah kejujuran, secara hati nurani maupun sebagai norma susila ini tidak boleh untuk dilakukan atau dilaksanakan.

Tidak Berzina

Berzina adalah perlakukan yang akan dapat ditolak terhadap hati nurani, hal ini juga yang sesuai dengan kumpulan norma agama. Semua agama mempunyai aturan yang sama pada hal ini.

Sanksi Norma Kesusilaan

Didalam setiap diri manusia pasti telah terdapat ‘bisikan hati’ dimana akan mengarahkannya dalam tindakan yang memiliki sifat baik sesuai dengan norma kesusilaan. Namun, kebanyakan sebagian manusia akan mengabaikannya malah melakukan berbagai hal-hal yang dianggap akan melanggar norma kesusilaan tersebut.

Baca Juga :  Sosialisme : Pengertian, Sejarah, Ciri dan Contoh

Saat seseorang telah melakukan pelanggaran, maka orang tersebut akan secara langsung mendapatkan sanksi dimulai dari diri sendiri serta hukum yang akan bertindak.

Berikut berbagai bentuk sanksi norma kesusilaan adalah sebagai berikut :

  1. Perasaan malu.
  2. Perasaan menyesal.
  3. Pengucilan dari didalam masyarakat.
  4. Bahkan bisa dipenjara.

Demikianlah artikel dengan bahasan mengenai tentang Contoh Norma Kesusilaan. Semoga dapat memberikan wawasan baru serta manfaat baik untuk sobat sekalian. Sekian artikel ini penulis bagikan sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Baca Juga :