Contoh Manfaat Penelitian

Posted on

Contoh Manfaat Penelitian – Melakukan sebuah penelitian merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi baru, nah kali ini penulis akan membagikan artikel mengenai tentang contoh manfaat penelitian yang meliputi Pengertian Tujuan Penelitian, Tujuan Manfaat Penelitian, Contoh Manfaat Penelitian yang akan kita bahas satu persatu dibawah ini.

Contoh Manfaat Penelitian
Contoh Manfaat Penelitian

Pengertian Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh sebuah informasi dan pengetahuan terbaru yang mempunyai manfaat bagi banyak orang serta sebagai salah satu tugas atau syarat untuk menyelesaikan suatu kegiatan seperti tugas dan lain sebagainya.

Tujuan Manfaat Penelitian

Tujuan dari manfaat penelitian ini terbagi menjadi beberapa poin sebagai berikut ini.

  • Eksploratif merupakan sebuah penelitian yang mana akan memiliki tujuan supaya bisa mendapatkan sebuah pengetahuan yang baru sebelumnya belum pernah diketahui.
  • Verifikasi adalah suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk dapat melakukan suatu bentuk pengujian dari sebuah teori yang sebelumnya sudah ada. Dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas informasi.
  • Development adalah bentuk dari suatu penelitian yang memiliki tujuan supaya dapat untuk mengembangkan suatu penelitian yang telah ada.

 

Contoh Manfaat Penelitian

Dalam sebuah penelitian tentu mempunyai beberapa manfaat yang dapat kita peroleh, untuk itu berikut merupakan beberapa bentuk contoh dari manfaat penelitian yang akan penulis uraikan untuk kalian, antara lain :

Contoh Manfaat Penulisan Makalah

Adapun manfaat penulisan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bentuk referensi kebijakan kepada Kementerian Pendidikan Indonesia untuk menciptakan dan membuat sistem pendidikan yang bersifat kondisional dan terbaru dalam pembentukan generasi emas ditengah perbatasan.
  2. Sebagai sarana referensi bagi seluruh pihak yang ikut bernaung dibawah dunia Pendidikan untuk ikut menciptakan dan juga menerapkan Sistem Pendidikan Kombinasi Indonesia sebagai salah satu bentuk sistem pendidikan yang berbentuk aplikatif dan juga efektif bagi pendidikan di wilayah perbatasan.
  3. Sebagai bentuk sumber dan sebagai bahan masukan kepada para penulis lain untuk ikut menggali dan juga melakukan percobaan (eksperimen) mengenai tentang sistem pendidikan di dalam proses pembelajaran Negara Indonesia.
  4. Sebagai sarana bahan pertimbangan untuk badan pemerintah yang akan mengembangkan dan meningkatkan persisteman pendidikan berkarakter.
Baca Juga :  ID Card - Ukuran Standart dan Contoh

Contoh Manfaat Penelitian Skripsi

Adapun manfaat dari penulisan skripsi, dapat kita uraikan seperti sebagai berikut:

  1. Sebagai syarat menyelesaikan studi S1.
  2. Sebagai bentuk pengabdian mahasiswa tingkat akhir dan menguji kualitas diri mereka.
  3. Sebagai motivasi untuk dapat menyelesaikan tugas seberat apapun bentuknya.
  4. Memberi referensi kepada adik tingkat yang akan sampai pada tahap penyusunan skripsi diahun yang akan datang.
  5. Sebagai dokumentasi atas apa yang telah diteliti dan sebaga sarana pengucapan terima kasih kepada semua pihak yang memiliki peran tersendiri dalam menyelesaikan perkuliahan.

Contoh Manfaat Penelitian Karya Tulis Ilmiah

Adapunmanfaat dari penulisan dari penelitian karya tulis ilmiah adalah sebagai beikut.

  1. Bisa memberikan inovasi yang baru mengenai topik yang diangkat
  2. Memanfaatkan berbagai teknologi, informasi, alat dan apapun disekitar untuk menciptakan sebuah projek atau apapun itu yang bermanfaat.i
  3. Memberikan berbagai pengetahuan yang lebih kepada pembaca hasil tulisan secara luas tentang manfaat dari topik yang kita angkat.
  4. Karena karya tulis ilmiah ini memiliki banyak jenisnya, maka dengan ini sangat banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari penulisan ini.

Contoh Manfaat Penelitian dalam Proposal

Berikut merupakan manfaat dari penelitian di dalam sebuah proposal antara lain :

  1. Meningkatkan bentuk kreativitas dan bentuk kepedulian terhadap lingkungan dunia terhadap proposal apa yang di susun, misalnya proposal untuk mengadakan kerja sama, pengajuan dana untuk mengadakan suatu kegiatan dan lain sebagainya.
  2. Membuat pihak yang akan menjadi tujuan dari proposal mudah memahami tujuan dari pihak yang memberi proposal.
  3. Mengembangkan kegiatan bersosalisasi dan belajar untuk membuat susunan tulisan yang cukup layak di publikasikan.
  4. Topik yang dibahas menentukan kualitas dan peminat dari proposal yang kita susun.

Contoh Manfaat Penulisan Essai

Manfaat dari bentuk kepenulisan essai ini ialah impelentasi kebijakan dari GABAH yang bisa dijadikan sebagai bentuk landasan dasar di dalam meningkatkan kapasitas dan juga kualitas dalam bahasa inggris maupun bahasa Indonesia masyarakat dan memberi kesempatan untuk setiap pembaca lebih teliti untuk memahami isi tulisan tersebut. Dan jika essai dalam bentuk soal ujian maka bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk setiap pelajar berfikir bagaimana ia bisa menjabarkan soal tersebut dan mendapat kesempatan nilai benar karena pada dasarnya essai itu meminta apa yang kita pahami bukan memindahkan isi buku sampai tanda bacanya pun bisa kita ketahui.

Baca Juga :  Teks Editorial : Pengertian, Jenis, Contoh

Demikianlah artikel mengenai tentang Contoh Manfaat Penelitian, seperti biasa harapan penulis semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kita semua dan semoga dapat memberikan informasi dan pengetahuan baru yang positif bagi kita semua. Sampai jumpa lagi diartikel berikutnya.

Baca Juga :