Belajar Huruf Hijaiyah

Posted on

Huruf Hijaiyah – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Dengan izin Allah, kali ini penulis dosenpintar.com akan berbagi pengetahuan mengenai Huruf Hijaiyah Tulisan arab serta Cara Membacanya yang Sesuai dan tepat baiklah langsung saja kita simak pembahasannya dibawah ini.

Huruf Hijaiyah
Huruf Hijaiyah

Mempelajari huruf hijaiyah sangat penting bagi umat muslim. Karena itu yang akan menjadi dasar kita untuk dapat membaca kitab Suci Al-Qur’an.

Ingat masa kecil ketika mempelajari Al-Qur’an dimulai di taman pendidikan Al-Qur’an. Di sinilah kita mulai mengenali huruf Arab yang disebut huruf hijaiyah.

Banyak orang yang telah melewati masa masa belajar di taman pendidikan Al-Quran. Namun sayangnya, tampaknya hanya sedikit orang yang memang melanjutkan pelajaran tersebut setelahnya, bahkan saat dewasa kebanyakan cendrung banyak orang yang lupa huruf hijaiyah ketika membuka kembali Al-Qur’an.

Tidak ada kata terlambat untuk mempelajarinya. Akan menyesal jika sampai akhir hidup kita pembacaan kita terhadap Al-Quran tidak diperbaiki, jadi mulailah untuk belajar kembali dengan semangat.

Pengertian Huruf Hijaiyah

Huruf adalah unit terkecil dalam susunan sebuah lafaz atau bahkan kata-kata. Untuk dapat menghasilkan makna, huruf harus dirangkai ke dalam huruf lainnya dan membentuk berbagai kosa kata.

Huruf Hijaiyah adalah jenis alfabet. Seperti dalam huruf Latin, ada huruf A sampai Z. Namun, ada perbedaan urutan aturan dengan istilah abjad.

Karena itu huruf hijaiyah dapat dipahami sebagai huruf dasar dalam pengejaan dan pembentukan kata dan kalimat dalam bahasa Arab.

Terlepas dari posisinya sebagai unit terkecil dalam bahasa Arab, huruf hijaiyah tentu saja merupakan syarat bagi seseorang untuk dapat membaca Al-Qur’an.

Baca Juga :  Arti afwan

Mengenal Huruf Hijaiyah, Arab, latin Serta Cara Membacanya

Total huruf hijaiyah sebanyak 29 huruf. Untuk mengingatkan memori kita kembali mengenai huruf-huruf tersebut, berikut ini adalah huruf-hurufnya dan cara membacanya.

No. Huruf  Huruf Asli Penulisan Huruf Latin Cara Membaca
1. ا Alif  tidak   dilambangkan , Melambangkan bunyi panjang untuk baris fathah sebelumnya
2. ب Ba’ B Ba-Bi-Bu
3. ت Ta’ T Ta-Ti-Tu
4. ث Tsa’ TS Tsa-Tsi-Tsu
5. ج Jim J Ja-Ji-Ju
6. ح Ḥa’ Ḥa- Ḥi- Ḥu
7. خ Kha’ KH Kha-Khi-Khu
8. د Dal D Da-Di-Du
9. ذ Dzal DZ Dza-Dzi-Dzu
10. ر Ra’ R Ra-Ri-Ru
11. ز Za’ Z Za-Zi-Zu
12. س Sin S Sa-Si-Su
13. ش Syin SY Sya-Syi-Syu
14. ص Shad SH Sha-Shi-Shu
15. ض Dha’ DH Dha-Dhi-Dhu
16. ط Tha’ TH Tha-Thi-Thu
17. ظ Zha’ ZH Zha-Zhi-Zhu
18. ع ‘Ain ‘ ‘ untuk (‘) tandapetik  dilanjutkan  dengan huruf vokal  a,  I, atau u jika huruftersebut  berharakat ‘a-‘i-‘u
19. غ Ghain GH Gha-Ghi-Ghu
20. ف Fa’ F Fa-Fi-Fu
21. ق Qaf Q Qa-Qi-Qu
22. ك Kaf K Ka-Ki-Ku
23. ل Lam L La-Li-Lu
24. م Mim M Ma-Mi-Mu
25. ن Nun N Na-Ni-Nu
26. و Waw W Wa-Wi-Wu
27. ه Ha’ H Ha-Hi-Hu
28. لا Lam Alif L La ( ‘huruf dengan bunyi panjang’ )
29. ء Hamzah A, I, U sesuai dengan harakat, setelahnya ditambahkan tanda petik (‘) A-I-U
30. ي Ya’ Y Ya-Yi-Yu

Cara Membaca Huruf Hijaiyah

Tanda Bacanya Huruf Hijaiyah

Yang dimaksud dengan tanda baca di sini adalah tanda harakat untuk menandai surat dari Hijaiyah, apakah bertuliskan “a / an” (fath} ahtain), “i / in” (kasrah / kasrahtain), “u / un ”(d} amah / d} amahtain), atau surat itu dibaca dalam bacaan ganda (tasydid) atau mati (sukun).

Baca Juga :  Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Seperti sebuah kata, tanda baca di sini adalah vokal dan huruf hijaiyah adalah konsonan, tidak jauh berbeda dengan pelajaran bahasa Indonesia, yang memiliki konsonan dan vokal.

Dari dari tabel yang ada di atas jadi hanya delapan huruf saja yang cara pembacaannya diakhiri dengan huruf ‘o’, yakni huruf غ , ق ر , ط , ظ , خ , ض , ص ,

Dimana untuk tanda bacanya sebagai berikut :

  • Fath}ah ( َ / satu garis ) ,  letaknya di atas huruf, dibaca ‘a’.
  • Kasrah ( ِ /satu garis),   letaknya di bawah huruf dan dibaca ‘i’.
  • Dhamah ( ُ wawu tapi kecil),  letaknya di atas huruf, dan dibaca ‘u’.
  • Fath}ahtain ( ً /dua garis),  letaknya diatas huruf , dan dibaca ‘an’.
  • Kasrahtain ( ٍ /dua garis)  letaknya di bawah huruf, dan dibaca ‘in’.
  • Dhammahtain ( ٌ ./ .wawu kecil bolak – balik) dimana letaknya di atas huruf serta di baca ‘ un.
  • Tasydid ( ّ / seperti huruf ‘w’ kecil),  letaknya di atas huruf serta hurufnya dibaca dobel.
  • Sukun ( ْ /mirip lingkaran kecil),  letaknya di atas huruf untuk penanda huruf mati.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Huruf Hijaiyah, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat serta semoga sesuai dengan kebutuhan kalian bisa menjadi referensi kalian untuk memahami huruf hijaiyah dengan baik dan benar, jangan lupa baca artikel lainnya untuk menambah pengetahuan anda.

Baca Juga :