Pengertian Ilmu Ekonomi

Posted on

Pengertian Ilmu Ekonomi – Ekonomi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kehidupan ini, dengan itu sangat dibutuhkan ilmu ekonomi dengan tujuan mencapai ekonomi yang sejahtera. Dengan ini dosenpintar.com akan membagikan artikel mengenai Pengertian Imu Ekonomi, dengan tujuan supaya perekonomian masyarakat lebih bisa di atur jika masyarakat memahami ilmu ekonomi yang meliputi Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum, Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli, Sejarah Ilmu Ekonomi, Manfaat Ilmu Ekonomi, Tujuan Ilmu Ekonomi, dan Konsep Dasar Ilmu Ekonomi yang akan kita uraikan pembahasannya berikut ini.

Pengertian Ilmu Ekonomi
Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Imu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari semua jenis kebutuhan manusia yang meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi secara luas, dengan pembelajaran sebuah tata cara memanajemen perekonomian sehingga berjalan stabil atau meningkat.  

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa definisi ekonomi yang disampaikan oleh beberapa ahli, sebagai berikut.

  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Ilmu ekonomi ialah salah satu ilmu yang berkaitan dengan asas asas produksi, distribusi, memakai barang dan kekayaan yang berhubungan langsung dengan perekonomian sebuah negara.

  • Menurut Lionel Robbins

Ilmu ekonomi menurut Lionel adalah ilmu yang menggali tentang tingkah laku manusia yang berkaitan dengan kehendak mereka yang tidak memiliki batas dengan sumber-sumber yang terbatas melalui cara memaksimalkan kegunaan, manfaat atau utility.

  • Menurut Pendapat Dari Van Der Valk

Ilmu ekonomi ialah cabang dari pembelajaran atas pengetahuan yang mempelajari semua hal mengenai seluruh tindakan ekonomi yang dilakukan oleh tiap tiap manusia yang disertakan akibat yang ditimbulkan karena kegiatan ekonomi ini.

  • Menurut Pendapat Dari Abraham Maslow

Dari Abraham Moslow kita dapat mengetahui bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu dari bidang pengkajian ilmu serta mencob menyelesaikan masalah secepatnya atas keperluan manusia yang didapat dari berbagai sumber ekonomi yang ada berdasarkan dari teori dan prinsip dari sistem ekonomi yang sudah dianggap efektif dan efisien.

  • Menurut M. Manullang

Ilmu ekonomi ialah bentuk ilmu yang mempelajari ilmu usaha sehingga usaha yang dihasilkan mencapai sebuah kemakmuran, dimana kemakmuran ini menentukan perekonomian seseorang.

  • Menurut Suherman Rosyidi

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan dengan upaya memberikan pemahaman atas kebutuhan manusia, sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dan mencapai kemakmuran.

  • Menurut Ensiklopedi Indonesia

Ilmu ekonomi adalah ilmu pembelajaran  yang meliputi tentang usaha dari manusia untuk mencapai target kemakmuran serta gejala dan juga hubungan yang muncul dari usaha yang di maksud.

  • Menurut Alfred Marshall

Ilmu ekonomi menurut Alfred Marshall adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kehidupan manusia sehari hari.

  • Menurut Louis Cantori

Ilmu ekonomi merupakan masalah atas berputarnya harta dilingkaran kehidupan manusia, sehingga manusia dapat menjalankan fungsi hidupnya baik di dunia dan akherat atau hereafter.

  • Menurut Paul Anthony Samuelson

Ilmu ekonomi adalah dimana diajarkan manusia untuk membuat pilihan, menggunakan uang atau tanpa menggunakan uang dalam hal memproduksi sehingga menghasilkan komoditas dari waktu ke waktu dan didistribusikan untuk dikonsumsi dimasa yang akan datang.

Baca Juga :  √Peran Pelaku Ekonomi : Rumah Tangga RTK, RTP dan Luar Negeri

 

Sejarah Ilmu Ekonomi

Dimulai dari dua abad setalah era Adam Smith terjadilah perkembangan yang sangat pesat terhadap bidang perekonomian dunia dengan berjalan secara sistematis dengan perkembangan industri yang pesat memajukan perekonomian.

Ilmu ekonomi ini memberikan pelajaran mengenai kebutuhan manusia yang masih harus terus dipenuhi, dan dengan berjalannya waktu kebutuhan manusia ini semakin bertambah seiring dengan berkembangnya zaman saat ini, maka dari ini dibutuhkan ilmu ekonomi untuk mewujudkan sistem perekonomian yang relevan antara sistem produksi dan konsumsi sehingga tercipta kemakmuran.  

Manfaat Ilmu Ekonomi

Adapun manfaat dari ilmu ekonomi terbagi menjadi beberapa kegunaan manfaat sebagai berikut:

  • Mampu memberikan saran, tanggapan atau tindakan untuk memajukan perekonomian.
  • Memahami pola dan tingkah laku manusia sehingga dapat membantu menciptakan sesuatu yang dibutuhkan.
  • Memberikan beberapa ide dengan berlandaskan beberapa potensi yang dapat mempengaruhi perkembangan sistem ekonomi.
  • Meningkatkan kemajuan perekonomian dalam masyarakat.

 

Tujuan Ilmu Ekonomi

Adapun tujuan dari ilmu ekonomi ini terbagi menjadi dua, yaitu.

  1. Ekonomi Makro (macroeconomic)

Ekonomi Makro merupakan sebagai dari kegiatan atas pertumbuhan ekonomi yang memiliki kemampuan untuk memperlakukan ekonomi dengan baik secara efisien dengan mengaplikasikan beberapa faktor produksi dengan tujuan memaksimalkan kesejahteraan.

  1. Ekonomi Mikro (microeconomic)

Ekonomi Mikro adalah salah satu bentuk dari industri yang memiliki hubungan dengan aspek kehidupan dari individu dalam suatu kegiatan ekonomi yang mencakup kegiatan analisis produsen dan konsumen.

 

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Berikut merupakan konsep dasar dari ilmu ekonomi, sebagai berikut.

  • Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi ini terbagi menjadi dua yaitu.

  1. Produksi adalah kegiatan dalam usaha untuk menciptakan nilai pada suatu benda atau jasa sehingga memiliki manfaar bagi orang banyak yang dihasilkan oleh para ahli yang merupakan berkemampuan dibidangnya.
  2. Konsumsi adalah kegiatan menikmati hasil pproduksi yang menentukan nilai kebudayaan dan jenis kebutuhan yang terdapat dalam sebuah masyarakat, dengan ini kegiatan produksi dan konsumsi ini saling berhubungan.
  • Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi ini ada dikarenakan sebuah dorongan kepada manusia untuk melakukan sesuatu dalam bidang perekonomian, dan dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Tindakan Rasional adalah bentuk tindakan prilaku manusia yang bertujuan untuk mencapai keuntungan yang nyata dari pilihan yang ditetapkan.
  2. Tindakan Irasional adalah kegiatan menentukan pilihan yang dianggap terbaik namun tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.
  • Motif Ekonomi

Motif ekonomi ini juga terbagi atas dua bagian yaitu.

  1. Motif Intrinsik maksudnya keputusan atau alasan yang diambil dari dirinya sendiri dengan tujuan mencapai perekonomian yang makmur.
  2. Motif Ekstrinsik maksudnya sebagai alasan untuk mencapai tujuan perekonomian namun berasal dari berbagai keputusan dari orang lain.
  • Metodologi Ilmu Ekonomi

Adapun metodologi ilmu ekonomi ini terbagi atas dua bagian yaitu.

  1. Metode Induksi merupakan metode yang dapat dilakukan berdasarkan kegiatan ekonomi yang telah terjadi dan secara sistematis.
  2. Metode Deduksi merupakan metode yang didapat dari mempelajari teori ekonomi sebagai dasar pengambil keputusan.
Baca Juga :  √ Pengertian Uang : Fungsi dan Jenisnya

Demikian artikel mengenai Pengertian Ilmu Ekonomi yang tentunya sangat berpengaruh dalam kehidupan saat ini, semoga bermanfaat.

Baca Juga :

(Visited 42 times, 1 visits today)