√ Pengertian Kromosom, Macam, Bentuk dan Jumlah

Posted on

Pengertian Kromosom, Macam, Bentuk dan Jumlah – Hello para pembaca dosenpintar.com, kali ini kita akan membahas kromosom. Pada pembahasan yang meliputi pengertian, struktur, jenis, bentuk dan jumlah kromosom yang akan dibahas dengan lengkap. Untuk lebih jelasnya, yuk simak langsung mengenai kromosom beserta ulasan lengkapnya di bawah ini.

pengertian kromosom

Pengertian Kromosom

W.Waldenge mengemukakakan definsi dari kromosom yang berarti kroma yang berarti warna dan soam yang berarti tubuh. Dari dua kata kromosom dapat diartikan sebagai tubuh yang halus dalam bentuk batang panjang atau pendek, lurus atau bengkok sehingga mudah menyerap zat warna.

Pada setiap makhluk hidup ukuran dan bentuk kromosom berbeda. Di dalam tubuh makhluk hidup, kromosom berada di dalam inti sel. Kromosom ini membawa sifat individu dan membawa informasi genetik, karena kromosom mengandung gen.

Kromosom merupakan molekul seperti benang yang membawa informasi dari generasi ke generasi dari ketinggian hingga warna mata. Kromosom terbuat dari protein dan satu molekul DNA, yang berisi instruksi genetik suatu organisme, diturunkan dari orang tua. Pada manusia, hewan dan tumbuhan, sebagian besar kromosom disusun berpasangan di inti sel.

 

Struktur Kromosom

Kromosom sel eukariotik terdiri dari bahan kompleks yang disebut kromatin. Chromatin terdiri dari 27% DNA (asam deoksiribonukleat) dan protein 67%, dan 6% RNA (asam ribonukleat). Sepertiga dari konstituen kromosom adalah DNA.

Protein dalam kromosom adalah histones. Histon adalah protein dengan konsentrasi asam amino tinggi dengan kelompok tambahan (-NH2). Histon melekat erat pada DNA, membentuk subunit seperti manik-manik dalam rantai DNA yang disebut nukleosom.

Baca Juga :  √Perbedaan Prokariota dan Eubariota (LENGKAPP)

Protein nonhiston pada kromosom mengandung lebih banyak gugus amino (-COOH) daripada histones. Sebagian besar protein nonhiston berubah menjadi enzim yang mengkatalisasi proses transkripsi dan replikasi asam nukleat. Enzim ini disebut enzim poimerase.

Bentuk Kromosom

Bentuk kromosom bergantung pada kedudukan centrometriknya, kromosom dibezakan dalam beberapa cara, iaitu, terdapat kromosom yang mempunyai lengan, terdapat kromosom dengan dua lengan. Bentuk kromosom adalah.

  • Telosentrik : chromossom terletak centrometer pada akhir kromoosom.
  • Acroscentric : dalam kromosom ini di mana centrometer terletak berhampiran satu hujung
  • Submetasentrik : kromosom di mana centrometro berhampiran pusat kromosom
  • Metacentric : Jadi, dalam kromosom ini, centrometer terletak di tengah, jadi bentuknya seperti huruf V

Jenis Kromosom Utama

Ada beberapa jenis utama kromosom, yang meliputi:

  • Kromosom Metasentrik
    Kromosom metasentrik memiliki sentromer di tengah, sehingga kedua belah pihak memiliki panjang yang sama. Kromosom manusia 1 dan 3 bersifat metasentrik.
  • Kromosom Submetasentrik
    Kromosom submetasentrik memiliki sentromer kecil yang dipindahkan dari pusat, yang menyebabkan sedikit asimetri pada dua bagian panjangnya. Kromosom manusia 4 hingga 12 bersifat submetriccentric.
  • Kromosom Akrosentrik
    Kromosom akrosentrik memiliki sentromer sangat jauh dari pusat yang mengarah ke bagian yang sangat panjang dan sangat pendek. Kromosom manusia 13, 15, 21 dan 22 adalah akrosentris.
  • Kromosom Telosentris
    Kromosom telosentris memiliki sentromer di ujung kromosom. Manusia tidak memiliki kromosom telosentris, tetapi mereka ditemukan pada spesies lain, seperti tikus.

 

Jumlah Kromosom

Makhluk hidup dengan struktur tubuh yang lebih kompleks terkadang memiliki jumlah kromosom yang lebih banyak daripada makhluk hidup dengan struktur tubuh yang lebih sederhana,  beberapa contohnya adalah bakteri yang merupakan makhluk hidup dengan struktur tubuh sederhana dan yang hanya memiliki satu kromosom, jumlah kromosom setiap jenis organisme akan selalu tetap dan terdapat bentuk yang saling berpasangan.

Baca Juga :  Jenis Daun
No Nama Organisme Jumlah Kromosom
1 Manusia 46
2 Simpanse 48
3 Kera 48
4 Kuda 64
5 Lembu/sapi 60
6 Keledai 62
7 Anjing 78
8 Kucing 38
9 Tikus rumah 40
10 Tikus sawah 42
11 Merpati 80
12 Ayam 78
13 Kalkun 82
14 Katak 26
15 Ikan Mas 94
16 Bintang Laut 36
17 Ulat Sutra 56
18 Lalat rumah 12
19 Nyamuk 6
20 Cacing tanah 36

 

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Kromosom, Macam, Bentuk dan Jumlah. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembaca dosenpintar.com dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga :