Jenis Tanaman Outdor dan Manfaatnya

Posted on

Jenis Tanaman Outdor dan Manfaatnya – Halo sobat dosenpintar.com kembali lagi penulis membagikan sebuah artikel dengan pembahasan mengenai Jenis Tanaman Outdor dan Manfaatnya, meliputi Tanaman Outdoor Adalah, Manfaat Tanaman Outdoor, Ciri Ciri Tanaman Hias Outdoor dan Jenis Tanaman Hias Outdor Beserta Gambar. Untuk pembahasan terlengkapnya berikut dibawah ini.

Jenis Tanaman Outdor
Jenis Tanaman Outdor

Tanaman Outdoor Adalah

Tanaman outdoor merupakan berbagai  jenis tanaman yang sengaja ditanam dan dorawat serta diletakan tidak di dalam ruangan. Tanaman outdoor ini biasanya berupa tanaman hias yang mempunyai bunga maupun tidak berbunga serta memiliki ketahan terhadap panas dari cahaya matahari sehingga akan cocok diletakan diluar ruangan.

Manfaat Tanaman Outdoor

Dari berbagai referensi berikut ini ialah kegunaan dari tanaman outdoor. Dinataranya;

  1. Dapat untuk meningkatkan keindahan pada lingkungan
  2. Pemanfaatan dari  lahan kosong untuk dapat ditanami tanaman tersebut sehingga menjaga dan meingkatakan kadar kebershian udara
  3. Dapat menjadi sistem dari penghijauan dalam lingkungan
  4. Tanaman ini bisa dipergunakan untuk dapat penggemburkan tanah
  5. Tumbuhan ini mampu membuat lingkungan menjadi lebih asri dan segar.

Ciri Ciri Tanaman Hias Outdoor

Ciri-ciri tanaman outdoor antara lain ;

  • Memiliki warna mencolok dan beraneka warna.
  • Daunnya tipis serta tampak lemas jika kekurangan air.
  • Berbatang lemah dan lebih mudah patah.

Jenis Tanaman Hias Outdor Beserta Gambar

Berikut dibawah ini beberapa jenis tanaman hias outdor beserta gambarnya, antara lain.

Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia adalah salah satu dari jenis tumbuhan memiliki bunga memiliki besaran yang mempunyai 2.420 spesies. Euphorbia dapat bertahan terhadap dengan cuaca panas serta cocok ditanam dan di dataran rendah yang memiliki suhu tinggi. Perlu juga untuk diketahui bahwa euphorbia tidak membutuhkan banyak air dan jenis tanaman ini sangat baik apabila diletakkan di sinar matahari penuh.

Baca Juga :  RNA : Pengertian, Fungsi dan Struktur

Gaillardia

Bunga Gaillardia termasuk salah satu tanaman semak yang dapat bertahan hidup pada tanah yang kering serta dengan cuaca yang panas. Bunga ini juga disebut sebagai bunga di padang rumput karena mempunyai habitat asli di daerah yang terbuka. Pada varietas yang memiliki tangkai bunga panjang, bunga ini akan membutuhkan tiang untuk proses pertumbuhannya.

Kamboja

Tanaman kamboja yag diperkirakan pertama kali ada di Indonesia dibawa oleh bangsa Portugis dan Belanda yang mana negara keduanya merupakan bangsa yang peduli terhadap keasrian lingkungan dan sangat menyukai alam yang tropis.

Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah salah satu jenis dari tanaman semak yang banyak juga ditanam sebagai tanaman hias yang ada di daerah tropis serta subtropis. Bunganya yang berukuran besar, berwarna merah dan tidak memiliki bau.

Mandevilla Sanderi

Tanaman yang memiliki bunga dengan nama yang indah ini termasuk sebuah tanaman rambat. Tanaman yang menghasilkan bunga yang warna warni, keberadaannya sangat berguna sebagai naungan dari penutup satu tempat yang akan memerlukan pelindung dari pancaran sinar matahari, karena tumbuh dengan merambat.

Marigold

Tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh melalui bijinya. Memiliki berbagai jenis warna, Marigold dapat dibilang termasuk jenis tanaman yang yang kuat serta tahan banting, tetapi bunga ini akan mati di musim dingin serta tidak akan hidup lagi hingga musim pertumbuhan yang akan datang atau berikutnya.

Paku Tanduk Rusa

Paku Tanduk Rusa dengan sebutan lain Simbar Menjangan merupakan tanaman yang dapat tumbuh menempel pada dinding atau tembok. Tanaman ini umumnya dimanfaatkan untuk tanamah hias di halaman rumah serta digantungkan untuk dapat memberikan kesan natural pada tanaman ini.

Palem

Palem umumnya berbentuk pohon, semak atau perdu dengan batang yang dinilai jarang bercabang serta tumbuh tegak ke atas. Palem ada yang juga tumbuh secara berbatang dan tunggal (seperti kelapa) dan yang berumpun (contohnya salak). Bahkan ada juga  yang setengah merambat disebut memanjat (misalnya rotan).

Portulaca

Portulaca yang sebutan lainnya bunga pukul Sembilan, merupakan tanaman hias pendek berupa rumput yang memiliki bunga. ber warna bunga yang cantik serta beragam (warna-warni). Bunga pukul sembilan sering disebut Cantik Manis dan Sutera Bombay ini yang termasuk tanaman semusim yang memiliki batang basah.

Baca Juga :  √Ciri Protista dan Protozoa : Pengertian, Reproduksi, Perannya

Siklok (Agave)

Siklok adalah jenis tanaman yang umumnya berbentuk duri (tajam). Daun agave memiliki susunan roset, bentuknya yang oval dengan ujung melancip, serta berwarna hijau. Daun yang awalnya akan bentuknya dengan berbentuk pipih memiliki ujung lancip dengan berubah menjadi apa bentuk menggembung seperti pada kubus.

Tabebuya

Tabebuya merupakan jenis pohon besar aslinya dari Brasil, yang sebagian besar orang lebih mengenal dan menyebutnya dengan nama tanaman Sakura, karena bunganya mirip dengan bunga sakura. Pohon tabebuya kebnayakan ditanam di taman sebagai jenis pohon hias.

Bunga Geranium (Tapak Dara)

Geranium adalah tumbuhan abadi dengan semak yang mempunyai bunga memiliki warna putih, merah muda, merah serta ungu. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik pada sebuah penyinaran cahaya matahari yang penuh dan tanah yang kering.

Bayam Hias (Amaranthus tricolor)

Bayam (Amaranthus spp.) merupakan jenis tumbuhan yang ditanam seperti bayam namun tidak dimakan, karena ini merupakan jenis bayam hias yang memiliki warna yang cantik untuk dipandang dan di pajang di halaman rumah.

Bambu Hias (Dracanea sanderiana)

Merupakan jenis tanaman hias yang dapat menambah keasrian dari lingkungan, biasanya ditambahkan di vila dan tentunya dirumah rumah dengan tema halaman luas sehingga sangat cocok menambah kerindangan rumah.

Bunga Kertas (Bougenville)

Tanaman bunga yang mempunyai berbagai warna yang unik serta lebat seperti oranye, merah, pink serta ungu. Jika sudah tua, batang bugenvil akan dapat mengeras. Perawatan bougenville terbilang sangat mudah karena tidak akan membutuhkan perawatan serta pemeliharaan khusus, serta dapat tumbuh dengan baik terhadap cuaca panas.

Tanaman Hias Kaktus

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman yang habitat aslinya ialah dari gurun pasir yang sangat tandus, sehingga dapat dikatakan bahwa kaktus memiliki daya tahan terhadap matahari yang sangat kuat, terlebih tumbuhan yang ini juga mengeluarkan duri yang dapat menyimpan cadangan air dalam batangnya yang memiliki lapisan lilin.

Lidah Mertua

Lidah mertua adalah salah satu jenis tanaman hias yang ditanam diluar ruangan. Namun dapat dijadikan tanman hias juga di dalam ruangan. Perawatannya dapay dikatakan sangat mudah serta praktis. Ketika musim kemarau tiba, jika tanaman ini tidak dapat disiram selama satu minggu masih akan tetap mampu untuk bertahan hidup.

Baca Juga :  √ Pengertian Kromosom, Macam, Bentuk dan Jumlah

Jengger Ayam

Tanaman bunga yang dinamakan jengger ayam karena memiliki bentuk bunga yang telah menyerupai jengger ayam. Jengger ayam yang kemampuannya dalam beradaptasi sangat baik di tempat panas, dengan masa berbunga yaitu beberapa kali pada satu bulan. Ini termasuk juga tanaman semusim yang akan tumbuh tegak dengan tinggi di antara 60 cm – 90 cm.

Kaliandara

Kaliandra adalah tanaman berbunga asalnya dari tumbuhan berbuah polong (legum) yang mempunyai sekitar 200 jenis yang merupakan anggota. Bunga kaliandra yang memiliki warna merah mencolok dengan bunga polong panjang.

Beringin

Beringin merupakan salah tanaman outdoor dengan ciri khas berupa batang yang sangat keras serta akar menggantung. Beringin memiliki daun yang bergerombol serta tidak akan mudah rontok sehingga sangat sesuai untuk dijadikan tempat berteduh.

Cemara Angin

Cemara angin merupakan tanaman yang dapat hidup hampir di semua daerah yang ada di Indonesia. Jenis tanaman ini membutuhkan cahaya matahari yang penuh seharian serta cocok ditanam pada daerah yang sangat panas, tapi masih butuh disiram supaya tetap subur. Ketinggian dari pohon cemara angin mencapai 5 meter lebih, daunnya yang tipis serta lembut, serta sangat mudah bergoyang apabila tertiup angin.

Cemara Kipas

Cemara kipas dikenal dengan nama “Cemara Medan”. Cemara kipas ini adalah salah satu pohon cemara yang dengan daunnya berwarna kuning yang akan tumbuh menyamping. Cemara ini dapat bertahan terhadap perubahan cuaca panas dan dapat tumbuh tinggi hingga beberapa meter tingginya.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Jenis Tanaman Outdor dan Manfaatnya, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Sekian artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :