Keragaman Adalah

Posted on

Keragaman adalah – Halo sobat kali ini penulis akan membagikan sebuah artikel dengan pembahasan mengenai tentang Keragaman meliputi Pengertian Keberagaman, Faktor Penyebab Keberagaman, Manfaat dan Tujuan Keberagaman, Unsur Keragaman Dalam Masyarakat dan Contoh Keberagaman. Pembahasan terlengkapnya dapat sobat simak berikut dibawah ini.

Keragaman Adalah
Keragaman Adalah

Pengertian Keberagaman

Keragaman merupakan sebuah kondisi pada masyarakat dimana akan terdapat berbagai perbedaan menghadapi berbagai bidang terutama ras, agama, suku bangsa, idelogi, budaya yang berlindung dalam sebutan “masyarakat yang manjemuk”. Keragaman dalam masyarakat ialah sebuah keadaan yang dengan jelas menunjukkan perbedaan yang sangat banyak macam atau jenisnya pada masyarakat.

Manfaat dan Tujuan Keberagaman

Berikut dibawah ini merupakan beberapa manfaat serta tujuan dari keberagaman, antara lain.

Jadi Identitas Negara

Ketika ditanyakan negara kepulauan yang terbesar di dunia ini, pertama yang terlintas tentu negara Indonesia. Ini lah yang disebut dengan menjadi identitas negara.

Menarik Wisatawan

Wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia bukan hanya karna kekayaan alamnya yang begitu indah namun karena Indonesia kaya akan berbaai budaya yang tidak mungkin meraka temukan di negara yang lain. Wisatawan asing sangat mengagumi beragam kebudayaan yang ada di negara Indonesia yang begitu kental, seperti Bali, Yogya serta Toraja. Setiap tahunnya ada jutaan turis memilih datang ke tempat-tempat yang akan dijadikan tujuan, bukan hanya sekedar untuk berwisata namun juga untuk menambah pengetahuan.

Baca Juga :  Gerak Tari

Membentuk Masyarakat yang Toleran Antar Sesama

Perbedaan yang terjadi antara budaya, suku, ras agama dan aspek lainnya seakan tidak mempengaruhi kondisi yang terjadi di penduduk Indonesia karena kita semua merupakan sama-sama warga negara Indonesia. Kita dapat merasakan rasa toleransi yang sangat tinggi di antara masyarakat Indonesia terutama jika kita berada di kota-kota besar.

Aneka Budaya Membuat Masyarakat Kaya Akan Pengetahuan

Suatu kebudayaan tentunya beragam hal yang berhubungan dengan daerah asalnya masing-masing. Unsur-unsur dari budaya Mulai dari segi bahasa, busana, tarian, kuliner, rumah adat, bahkan berbagai mitos-mitos serta ada kepercayaan yang sangat berbeda namun tetap tidak saling membedakan.

Manfaat Keberagaman Sebagai Peluang Usaha Daerah Setempat

Kekayaan manfaat dari keberagaman budaya yang kita punya ini dapat menghadirkan peluang usaha untuk masyarakatnya. Para pengrajin kain tenun untuk dijual kepada pendatang atau pembuat kerajinan tangan khas untuk karya sebagai buah tangan mereka dan mengembangkan bisnis dari berbagai kebudayaan mereka sendiri.

Faktor Penyebab Keberagaman

Keberagaman masyarakat Negara Indonesia disebabkan oleh adanya beberapa hal, yang di antaranya ialah :

  1. Letak Indonesia yang strategis
  2. Kondisi negara kepulauan
  3. Perbedaan kondisi alam
  4. Keadaan transportasi serta kumunikasi
  5. Penerimaan masyarakat dengan perubahan

Unsur Keragaman Dalam Masyarakat

Berikut dibawah ini merupakan beberapa unsur dalam masyarakat, antara lain.

Agama Dan Keyakinan

Agama berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip dari kepercayaan kepada Tuhan yang dapat disebut dengan ajaran serta kewajiban-kewajiban yang merupakan kepercayaan setiap masyarakat.

Suku Bangsa Dan Ras

Suku bangsa yang telah menempati wilayah Indonesia dari sabang hingga merauke sangat beragam, sedangkan dari perbedaan ras muncul karena adanya suatu pengelompokan besar manusia yang mempunyai ciri-ciri biologis seperti rambut, warna kulit, tinggi bada, berat badan, mata, ukuran kepala dan ukuran kaki.

Baca Juga :  Jenis Jenis Patung

Ideologi Dan Politik

Tujuan utama dibalik suatu ideologi ialah untuk untuk menawarkan perubahan melalui sebuah proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak “bukan hanya sekedar suatu pembentukan ide” yang akan diterapkan pada masalah publik sehingga menjadi suatu konsep dari inti politik. Secara implisit setiap bentuk pemikiran politik akan mengikuti suatu ideologi meskipun tidak diletakkan sebagai suatu sistem berpikir yang sangat eksplisit “definisi ideologi marxisme”.

Tatakrama

Tatakrama yang dalambahasa jawa artinya “adat sopan santun atau bentuk basa basi” pada dasarnya merupakan nilai tindakan, tegur sapa, ucap, perilaku, adat istiadat serta cakap yang sesuai kaidah serta norma tertentu.

Kesenjangan Ekonomi Dan Sosial

Kesenjangan ekonomi yang di antara masyarakat level atas dengan level bawah yang lebar. Hal ini juga yang menjadi salah satu sumber konflik serta mudah sekali untuk tersulut dalam masyarakat “ada stagnasi dari perkembangan ekonomi mikro karena merupakan kebijakan yang belum berpihak ke dalam masyarakat bawah”.

Contoh Keberagaman

Negara Indonesia dengan budayanya yang sangat beragam dan kaya. Contoh dari penggolongan keberagaman budaya yang ada di Indonesia antar lain :

BAHASA

Bangsa Indonesia jika dilihat secara garis besar mempunyai 2 bahasa yaitu penggunaan bahasa nasional dan penggunaan bahasa daerah. Indonesia mempunyai lebih dari 746 bahasa di setiap daerah mempunyai bahasa masing-masing,. contohnya : bahasa Palembang, bahasa Madura, bahasa Lampung, bahasa Kalimantan, bahasa Bali, bahasa Papua, Bahasa Betawi dan masih banyak bahasa daerah lainnya.

RUMAH ADAT

Salah satu bentuk dari keragaman budaya Indonesia juga dapat dilihat dari adanya rumah adat di setiap daerahnya. Perbedaan telah menggambarkan adaptasi pada lingkungan masyarakat setempat. Contohnya rumah adat joglo,rumah rakit, rumah adat panggung, rumah gadang, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Rumah Adat Minangkabau

PAKAIAN ADAT

Biasanya masyarakat akan menggunakan pakaian adat setempat pada saat ada kegiatan adat. Seperti pernikahan, upacara adat dan lain sebagainya.

TARIAN DAN PERTUNJUKAN

Dalam bidang seni Indonesia mempunyai beragam tarian yang tentunya dengan ciri khas dan daya tarik tersendiri. Tidak hanya dapat dinikmati oleh turis lokal, budaya tari Indonesia telah dikenal hingga luar negeri. Sebagai contoh a tari pendet dari Bali.

SENJATA TRADISIONAL

Pada suatu kegiatan adat atau yang lainnya, sering diperlihatkan senjata dari daerah masing-masing. Sebagai Kujang dari Jawa Barat dan ada Panah dari Papua.

LAGU DAERAH

Contoh lagu daerah yang ada di Indonesia Bubuy Bulan (Jawa Barat), Piso Surit (Aceh), Apuse (Papua), Cublak-cublak Suweng (Jawa Tengah), Kicir-kicir (Jakarta), dan masih banyak lagi lagu daerah lainnya.

UPACARA ADAT

Salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia yang lainnya ialah upacara adat yang dimana akan ada di setiap daerah. Sebagai contoh upacara Rambu olok (Toraja), kegiatan Ngaben (Bali), upacara adat Dugderan (Jawa Tengah) dan lain lain.

Demikianlah artikel dengan pembahasan mengenai tentang Keberagaman. Semoga bermanfaat sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :