Rumah Adat Indonesia Lengkap

Posted on

Rumah Adat Indonesia Lengkap – Halo sobat dosenpintar.com pada kesempatan ini penulis membagikan artikel dengan pembahasan mengenai Rumah Adat Indonesia Lengkap. Mari sobat simak pembahasan terlengkapnya berikut ini.

Rumah Adat Indonesia Lengkap
Rumah Adat Indonesia Lengkap

35 Rumah Adat di Indonesia

Berikut dibawah ini pembahasan mengenai 45 rumah adat di Indonesia, antara lain.

  1. Rumah adat Sumatera Utara = Balon

Rumah balon adalah sebuah rumah khas dari  sumatera utara yang berasal dari suku batak. Ada juga jenis lain dari rumah balon dan mempunyai  gaya arsitektur rumah masyarakat atau orang batak.

  1. Rumah adat Sumatera Barat = Gadang

Rumah gadang adalah rumah adat dengan asal dari Minangkabau, yang sampai saat ini masih dapat dan banyak di temui di Provinsi Sumatra Barat. Rumah ini juga ada di Negara Malaysia, karena kebudayaan suku melayu dulu juga menyebar sampai ke Semenanjung Melaya.

  1. Rumah adat Nanggroe Aceh Darussalam = Krong Bade

Rumah adat Nangroe Aceh Darussalam dikenal dengan sebutan rumah adat kronge bade yang berasal dari Provinsi paling barat bagian di indonesia, yaitu Nangroe Aceh Darussalam.

  1. Rumah adat Bangka Belitung = Rakit Limas

Rumah adat dari  Bangka Belitung yang berada di daerah pulau, sehingga menambahkan aksen rakit, sebagai sebuah pembeda serta penanda, untuk menunjukan ciri khas dari bangka belitung bahwa banka belitung mempunyai rumah adat yang unik.

  1. Rumah adat Jambi = Panggung Kajang Leko

Rumah adat yang disebut panggung kajang leko, adalah rumah  adat di provonsi Jambi. Rumah ini ialah rumah adat yang sangat lengkap, karena didalamnya terdapat 8 ruangan dengan fungsi masing masing.

  1. Rumah adat Bengkulu = Rakyat

Rumah adat yang ada di Indonesia yang berada di Bengkulu adalah rumah rakyat, Rumah adat dari rumah adat yang cukup sangat kompleks. Namun tidak sekompleks dari rumah adat jambi.

  1. Rumah adat Sumatera Selatan = Limas

Rumah limas adalah rumah adat yang menarik, dimana bentuk atap dari rumah ini yang mempunyai atap dengan bentuk limas. Dengan gaya arsitektur yang ada di lantai depan, bertingkat serta berbentuk panggung.

  1. Rumah adat Lampung = Nowou Sesat

Rumah adat sowou sesat ini berasal dari Lampung yang artinya yaitu rumah ibadah, menurut dari cerita dari warga setempat. Rumah ini yang didirikan atas keinginan dari dalam kegiatan beribadah.

  1. Rumah Adat Banten = Badui

Rumah adat badui merupakan rumah yang sengaja di buat oleh suku badui yang telah tinggal di  banten. Ciri khas dari rumah adat badui ini yaitu sedikit lebih tinggi dari seperti rumah panggung namun tingginya tidak mencapai setengah meter.

  1. Rumah adat Madura = Tanean Lanjhan

Rumah tanean lanjhan adalah rumah adat yang dari Madura. Namun ketika dinilai dari aspek kebudayaan serta adat. Mempunyai kesan yang mencolok.

  1. Rumah adat Jawa Timur = Joglo Situbondo

Rumah adat Joglo di Jawa Timur adalah rumah yang memiliki bentuk hampir sama dengan rumah adat dari Jawa Tengah. Dapat kita lihat dari segi tampilan serta bentuk arsitektur yang hampir sama.

  1. Rumah adat Jawa Tengah = Joglo

Rumah joglo yang berasal dari jawa tengah, merupakan rumah adat suku jawa bagian tengah dari pulau jawa. Rumah adat yang memiliki beberapa bgaian ruangan yang terdapat di dalamnya.

  1. Rumah Adat Jawa Barat = Sunda

Rumah sunda adalah rumah adat yang ada di Indonesia berbentuk rumah panggung yang tidak tinggi. Pada bagian depan dari rumah adat sunda, terdapat juga tangga yang dapat disebut dengan golodog.

  1. Rumah Adat DKI Jakarta = Kebaya

Rubah kebaya adalah rumah adat yang dengan khas kekentalan dengan budaya suku betawi. Sehingga berbentuk desain rumah adat yaitu kebaya, cukup khas serta sangat mudah untuk dikenali.

  1. Rumah Adat DI Jogjakarta = Bangsal Kencono

Bangsal koncono merupakan rumah adat Indonesia di Provinsi Jogjakarta, Pada zaman dahulu, rumah ini hanya boleh dan bisa ditempat tinggali oleh raja-raja Jawa maksudnya hanya bangsawan kerajaan yang dapat menempati rumah ini.

  1. Rumah Adat Riau = Selaso Jatuh Kembar

Selaso jatuh kembar adalah rumah adat dari Provinsi Riau, rumah adat selaso jatuh kembar ini mempunyai dua selasar.

  1. Rumah Adat Kepulauan Riau = Belah Bubung

Belah bubung adalah rumah tradisional dari provinsi Kepulauan Riau. Rumah ini dengan ciri khas yang berbeda memiliki bentuk atap yang bervariasi.

  1. Rumah Adat Bali = Gampura Candi Bentar

Gapura candi sebutan dari rumah adat yang berasal dari Bali, Pura ini yang masih menganggkat sertamejunjung tinggi kebudayaan serta adat istiadat.

  1. Rumah Adat Kalimantan Barat = Panjang

Panjang merupakan salah satu rumah adat yang asalnyadari Kalimantan Barat, tepatnya suku dayak Borneo Barat. Rumah ini mirip dengan rumah panggung yang berbentuk memanjang.

  1. Rumah Adat Kalimantan Tengah =Betang

Betang adalah rumah adat dengan asalnya dari provinsi Kalimantan Tengah. Rumah batang ii sebenarnya memiliki arsitektur yang mitip dengan rumah panjang di Kalimantan Barat,

  1. Rumah Adat Kalimantan Timur = Lamin

Lamin adalah sebutan rumah adat yang berasal dari suku daya timur, Kutai, serta dari banjar. Rumah lamin ini berbentuk layaknya seperti rumah dayak yang panjang, serta rumah bentang.

  1. Rumah Adat Kalimantan Selatan = Bubungan Tinggi

Bubungan tinggi merupakan rumah adat tradisional yang merupakan asal suku dayak selatan, diamana dari gaya arsitektur. Rumah dayak ini sedikit berbeda dari rumah daya yang lainya.

  1. Rumah Adat Kalimantan Utara =Baloy
Baca Juga :  Implementasi : Pengertian, Tujuan dan Contoh

Beloy adalah rumah adat yang asalnya dari kalimantan utara, meski dari provinsi kalimantan utara ini ialah provinsi baru. Tetapi rumah adat serta kebudayaan telah ada sejak zaman dulu.

  1. Rumah Adat Sulawesi Utara = Pewaris

Pewaris merupakan jenis rumah adat dari minahasa, yang adalah suku asli dari Provonsi Sulawesi Utara. Rumah ini dari leluhur atau rumah welawangkoa, yang mirip rumah panggung.

  1. Rumah Adat Sulawesi Tengah = Tambi

Rumah adat tambi merupakan rumah adat tradisional dari Sulawesi Tengah, rumah ini mempunyai bentuk yaitu persegi panjang. dengan bentuk yang menyerupai rumah panggung.

  1. Rumah Adat Sulawesi Tenggara = Buton

Rumah adat buton rumah adat dar salh satu pulau di Indonesia yang berasal dari provinsi Sulawesi Sumatra Tenggara. Dari beragam bentuk seni konstruksi dari bangunannya yang cukup unik.

  1. Rumah Adat Sulawesi Selatan = Tongkonan

Rumah adat tongkongan adalah rumah adat yang asalnya dari suku toraja, rumah adat ini mempunyai ciri khas yang amat sangat mencolok terutama di bagian atapnya.

  1. Rumah Adat Gorontalo = Dulohupa

Rumah adat doluhupo merupakan rumah yang asalnya dari gorontalo, rumah adat yang ada di indonesia ini, mempunyai gaya atap yang berseni, dengan struktur dari bangunannya yang menyerupai rumah khas panggung.

  1. Rumah Adat Maluku = Baileo

Rumah baileo ini merumakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Maluku, Rumah adat ini menampilkan kemajemukan dari agama suku maluku, dimana terdapat juga aksen dari gabungan agama serta melambangkan aspek kebudayaan setempat.

  1. Rumah Adat Maluku Utara = Sasadu

Rumah adat sasadu ialah rumah adat dengan asalnya dari Maluku Utara, rumah adat ini yang berbentuk seperti bentuk rumah panggung. Dengan dekorasi bangunan yang dibuat sangat unik.

  1. Rumah Adat Nusa Tenggara Barat = Dalam Loka

Rumah dalam loka adalah rumah adat yang asalnya dari suku-suku asli yang mendiami daerah Nusa Tenggara Barat Suku diantaranya ialah suku sumbawa, suku dongu, suku sasak dan suku dompu.

  1. Rumah Adat Nusa Tenggara Timur = Musalaki

Rumah adat mulasaki adalah salah satu rumah adat dengan asalnya dari Nusa Tenggara Timur, rumah adat Nusa Tenggara Barat ini banyak perbedaan dari segi bentuk arsitektur dan filosofi.

  1. Rumah Adat Papua = Honai

Rumah honoi ialah rumah adat yang asalnya dari Provinsi Papua, rumah honoi ini dari provinsi papua. dibangun dengan kayu serta lalang, dilengkapi dengan dindingnya yang terbuat dari kayu, serta atap menggunakan ilalang.

  1. Rumah Adat Papua Barat = Mod Aki Aksa

Rumah mod aki aksa dapat dikatakan dengan rumah kaki seribu yang asalnya dari Papua Barat. Bentuknya yang hampir mirip rumah adat yaitu honai, namun rumah adat ini akan berbentuk rumah adat yaitu panggung.

  1. Rumah Adat Teluk Cendrawasih = Lgkojei

Rumah Lgkojei adalah rumah adat dari suku wamesa tepatnya terletak di Provinsi Teluk Cendrawasih. Rumah adat ini yang mirip dengan rumah mod aki aksa.

Baca Juga :  Lukisan dan gambar Pemandangan Alam yang sangat Menginspirasi

Demikianlah artikel kali ini, semoga artikel dengan pembahasaan Rumah Adat Indonesia Lengkap ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca Juga :