Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Posted on

Ceramah Singkat Tentang Sedekah – Halo sobat dosenpintar.com dikesempatan ini penulis hadir dengan berbagi sebuah artikel yang kali ini khusus membahas tentang Ceramah Singkat Tentang Sedekah. Nah jika sobat penasaran apa saja yang akan menjadi inti bahasan kali ini bisa langsung saja sobat simak dibawah ini.

Ceramah Singkat Tentang Sedekah
Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Ceramah Tentang Pentingnya Bersedekah 1

Jamaah yang dirahmati Allah,

Allhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kelebihan rezeki, sehingga pada kali ini dapat berkumpul bersama untuk mendengarkan kultum tentang pentingnya sedekah.

Setiap umat muslim sesungguhnya dianjurkan untuk bersedekah dan membantu orang yang kesulitan. Sedekah juga sebagai wujud rasa syukur kita kepada Allah karena telah diberikan kelebihan rezeki. Pastinya, semakin banyak harta yang disedekahkan, maka semakin banyak pula keutamaan yang akan diperoleh.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW riwayat Imam At-Tirmidzi berikut ini:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya, “Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadhan,’” (HR At-Tirmidzi).

Hasyiyatul Baijuri tentang sedekah:

ومبادرته لإكثار الصدقة لأنه صلى الله عليه وسلم كان أجود ما يكون في رمضان، وبالجملة فيكثر فيه من أعمال الخير لأن العمل يضاعف فيه على العمل في غيره من بقية الشهور

Artinya, “(Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di Bulan Ramadhan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan,” (Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri).

Semakin banyak sedekah yang dikeluarkan, semakin banyak pula keutamaan yang diperoleh. Sedekah sebaiknya dan seharusnya memang diniatkan hanya mencari ridha Allah.

Pada dasarnya, sedekah harus diniatkan semata-mata karena Allah SWT. Akan tetapi, banyaknya keutamaan yang didapatkan dari bersedekah juga tidak dapat kita pungkiri. Mengingat, hal tersebut telah dijelaskan dalam al-Qur’an dan hadist. Adapun keutamaan bersedekah yaitu sebagai berikut:

Baca Juga :  Ratib Al Haddad

Mensucikan Hati

Sedekah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang muslim untuk mensucikan hati. Allah swt berfirman,

“Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka…” (QS. At-Taubah ayat 103)

Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

Tidak sedikit firman Allah maupun hadist yang menerangkan tentang sedekah sebagai pembuka rezeki. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ ayat 39).
  2. “Sesungguhnya abu dzar bertanya: “Ya Rasulullah, apa itu sedekah?” Beliau menjawab: “sedekah adalah berlipat ganda dan pada sisi allah terdapat tambahan.” (HR. Ahmad dan tirmidzi).
  3. “Tiadalah seseorang yang membuka pintu pemberian dengan sedekah atau menyambung tali silaturahim kecuali allah akan menambah banyak dengannya. Dan tiada seseorang yang membuka pintu permintaan yang dengannya ia mengharapkan banyak kecuali allah akan menambahkan sedikit dengannya.” (HR. Al-baihaqi).
  4. Sebagai Penolak Bala’

Ada banyak jenis bala’ yang dapat menimpa manusia, entah itu bencana alam, musibah, kehilangan harta, bahkan kematian dirinya. Hal yang dapat dilakukan manusia hanyalah senantiasa waspada dan mengantisipasi bala tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memperbanyak sedekah. Allah berfirman,

“Sesungguhnya sedekah itu meredam kemurkaan tuhan dan mencegah kematian yang suul khatimah.” (HR. Tirmidzi).

Dari penjelasan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa sedekah merupakan suatu hal yang memiliki keutamaan begitu besar. Semoga Allah swt senantiasa memberikan hidayah untuk kita semua agar dapat lebih istiqomah bersedekah, terutama di bulan ramadhan ini.

Ceramah Sedekah 2

Assalamu’alaikum. Wr. Wb

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Baca Juga :  Kultum Singkat

Yang saya hormati…

Para ahli shodaqoh rohimakumulloh.

Awwalan, Segala puji bagi Allah, Dzat yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya.

Saniyan, Sholawat dan Salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Rosululloh Muhammad SAW, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan bagi umatnya.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan sedikit bahasan tentang “Keutamaan Bersedekah”. Sebagaimana dalam pribahasa “tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah”.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,

Perlu diketahui bahwa, tidak ada dalil al-Qur’an maupun Hadits yang menyatakan bahwa shodaqoh akan membuat kita menjadi miskin, namun sebaliknya shodaqoh akan menjadikan kita serba berkecukupan. Mengapa demikian? Karena Alloh SWT telah berjanji, barang siapa yang mau bershodaqoh maka akan dilipat gandakan sampai 700 x lipat.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,

Perihal shodaqoh ini, ada sedikit cerita dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad, Tatkala Allah menciptakan bumi, maka bumipun bergetar. Lalu Allah menciptakan gunung dan bumi pun hanya terdiam. Akhirnya para malaikat keheranan, kemudian para malaikat bertanya :

“Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada gunung?”

Allah menjawab : “Ada, yaitu besi”

Para malaikat bertanya lagi, “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada besi?”

Allah menjawab, “Ada, yaitu api”

Para malaikat kembali bertanya : “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada api?”

Allah menjawab, “Ada, yaitu air”

Para malaikatpun bertanya kembali : “Ya Rabbi, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih kuat daripada air?”

Allah menjawab, “Ada yaitu angin”

Akhirnya para malaikatpun masih penasaran dan bertanya lagi : “Ya Allah, adakah sesuatu dalam penciptaan-Mu yang lebih dahsyat dari itu semua?”

Allah menjawab : “Ada , yaitu amal anak Adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sementara tangan kirinya tidak mengetahuinya”.

(Subhanallah…ternyata yang paling dahsyat adalah SHO-DA-QOH)

Baca Juga :  Kaifa Haluk Artinya

Hadirin hadirot rohimakumulloh,

jika cerita tadi yang bertanya adalah malaikat, sekarang yang bertanya adalah manusia, pertanyaannya begini : “Lah…kalau orangnya miskin tidak punya uang/harta untuk disedekahkan bagaimana?” Jawabannya adalah… Dari Abu Huroirah Rodhiyallohu ‘anhu , ia berkata, “Rosulullah SAW bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya”

Lalu, apa sajakah dari persendian kita yang dihitung sebagai shodaqoh?

Pertama : تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ

“Engkau mendamaikan dua orang (yang bertikai/berselisih) adalah shodaqoh”

Kedua : وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِـيْ دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا ، أَوْتَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ

“Engkau membantu seseorang menaikkannya ke atas kendaraannya atau engkau menaikkan barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah shodaqoh”

Ketiga : وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ

“Ucapan yang baik adalah shodaqoh”

Keempat : وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَـمْشِيْهَا إِلَـى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

“Setiap langkah yang engkau jalankan menuju (ke masjid) untuk sholat adalah shodaqoh”

Dan Kelima : وَتُـمِيْطُ اْلأَذَىٰ عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

“dan engkau menyingkirkan gangguan (duri, dsb) dari jalan adalah shodaqoh”

Hadirin hadirot rohimakumullah,

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita termasuk orang-orang yang ahli shodaqoh. Akhirul qouli, ihdinasshirotol mustaqim…

Wassalamullaikum. Wr. Wb.

Demikianlah artikel mengenai tentang Ceramah Singkat Tentang Sedekah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga :