Cara Cek HP Samsung

Posted on

Cara Cek HP Samsung – Halo sobat kali ini penulis dosenpintar.com akan berbagi sebuah artikel yang akan membahas bagaimana cara Cara Cek HP Samsung. Untuk sobat yang tidak sabar dengan uraiannya dapat sobat simak pada artikel berikut ini.

Cara Cek HP Samsung

Cara Cek HP Samsung
Cara Cek HP Samsung

Pada saat ini, ponsel yang tersebar di pasaran bukan hanya produk dari pabrik yang resmi saja, banyak juga terdapat produk tiruan yang didesain sangat mirip aslinya, salah satunya ialah HP dari vendor Samsung.

Dengan adanya kasus seperti ini, maka sangat penting untuk mengetahui cara cek HP samsung untuk mengetahui asli atau replika (HDC). Khususnya untuk yang hendak membeli HP kondisi bekas.

Cara Mengecek HP Samsung Asli

Untuk mengecek HP Samsung, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kode Rahasia

Setiap ponsel pasti mempunyai kode rahasia yang sangat berbeda, termasuk Samsung. Kode rahasia ini yang sering digunakan untuk dapat mengecek HP Samsung apakah asli atau ponsel palsu.

Selain untuk untuk mengetahui HP Samsung yang asli, kode ini juga dapat digunakan mengecek komponen contohnya LCD, Sensor, Kamera, Getaran, Speaker, dan yang lainnya.

Berikut merupakan langkahnya:

  1. Pertama, silahkan sobat masuk ke aplikasi Telepon di HP.
  2. Setelah itu, sobat ketikkan *#0*#. Jika ponsel asli, maka secara otomatis sobat dibawa ke menu yang memperlihatkan fitur handphone.
  3. Selesai

Nomor IMEI

Sama halnya dengan penggunaan kode rahasia, setiap ponsel juga pasti memiliki IMEI dengan susuan berbeda. IMEI adalah nomor unik yang dapat digunakan untuk mengetahui identitas untuk setiap slot kartu yang telah diberikan produsen HP.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Pulsa Tersedot

Hal yang harus yang diperhatikan untuk mengetahui ponsel Samsung ori atau kw dengan memastikan IMEI di ponsel dan dus sama persis.

Berikut adalah cara cek IMEI Samsung:

  • Pertama, silahkan sobat masuk ke aplikasi Telepon di android.
  • Setelah itu, sobat ketikkan *#06#. Setelah itu, sobat akan melihat nomor IMEI, jika nomor sama dengan yang ada di dus. Maka tandanya ponsel sobat ori.

  • Selesai

Website IMEI

Cara ini ada juga kaitannya dengan cara yang kedua (menggunakan nomor IMEI). Setelah mengetahui berapa nomor IMEI, sobat dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan website resmi IMEI.

Cara ini nantinya yang akan menampilkan detail ponsel sobat seperti model, brand serta informasi basic yang lainnya. Dengan cara ini juga dapat digunakan untuk dapat mengecek ponsel selain Samsung.

Berikut ialah caranya:

  • Pertama, silahkan sobat kunjungi website info
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI HP Samsung sobat pada kolom yang disediakan, centang pilihan captcha lalu klik Check.

  • Setelah itu, sobat akan dihadapkan dengan berbagai informasi detail tentang HP sobat.
  • Selesai

Cek Spesifikasi

Percayalah, spesifikasi HP Samsung yang asli dengan replika akan sangat jauh berbeda. Untuk itu, sobat harus melakukan suatu pengecekan secara manual untuk dapat mengetahuinya. Jangan sampai sobat terperdaya dengan tulisan yang ada pada dus ataupun yang ada pada pengaturan ponsel.

Untuk cek spesifikasi dari HP Samsung sobat, dapat menggunakan beberapa aplikasi yang merupakan pihak ketiga. Namun, dalam artikel ini penulis akan mencontohkan dengan menggunakan aplikasi CPU-Z.

Berikut ialah caranya:

  • Pertama, buka Play Store serta sobat download aplikasi CPU-Z.
  • Tunggu proses download ini selesai lalu buka aplikasi yang telah terdownload tersebut.
  • Pada halaman aplikasi, sobat akan melihat dengan detail HP yang sobat gunakan dengan sangat jelas.
Baca Juga :  Cara Membuat Bootable Flashdisk

  • Silahkan sobat bandingkan spesifikasi yang tersebut dengan spesifikasi yang telah tertera pada website Samsung, pastikan ini menjadi sama.

Fisik HP

Perbandingan yang paling mencolok antara Samsung asli dengan keluaran replika ialah material yang dapat digunakan pada fisiknya. Kita semua pasti telah sepakat jika vendor Samsung akan menggunakan bahan yang sangat berkualitas untuk produknya.

Jadi, ketika sobat hendak membeli HP Samsung dengan melihat kondisi fisik aneh atau terlihat berbeda dengan HP Samsung yang pada umumnya, sobat perlu berhati-hati, atau bahkan harus curiga sekalipun.

Terkait dengan hal ini, ada baiknya sobat membeli pada penjual yang memang mereka sudah terpercaya, terlebih untuk pembelian HP bekas. Dengan begitu, sobat dapat dengan mudah mengajukan komplain jika HP tersebut adalah HP replika yang tentu jauh kuliatasnya dari yang asli.

Kualitas Kamera

Dari segi kualitas, kamera HP Samsung ini memang tidak perlu lagi diragukan. Hasil jepretan yang berhasil diambil sudah pasti tidak akan mengecewakan, karena hardware yang telah digunakan bukanlah hardware yang sembarangan.

Nah, hal tersebut dapat sobat jadikan patokan untuk dapat membedakan antara ponsel Samsung asli dengan ponsel Samsung replika. Apabila sobat bandingkan, hasil diantara kamera ponseltersebut akan sangat terlihat berbeda. Kamera ponsel replika tentu akan kalah mutlak.

Demikianlah pembahasan dari artikel ini mengenai Cara Cek HP Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Sekian artikel ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :