Cara Mematikan Windows Defender

Posted on

Cara Mematikan Windows Defender – Halo sobat dosenpintar.com kali ini penulis akan membagikan sebuah artikel yang membahas bagaimana Cara Mematikan Windows Defender. Nah jika sobat penasaran dengan pembahasan kali ini dapat sobat simak pada artikel berikut ini.

Cara Mematikan Windows Defender
Cara Mematikan Windows Defender

Pengertian Windows Defender

Windows Defender adalah sebuah software antivirus yang merupakan bawaan dari Windows yang dirancang untuk dapat mengamankan laptop dan komputer dari berbagai ancaman virus.

Secara default, Windows Defender ini langsung ada pada Windows 8 hingga Windows 10. Untuk Windows 7 sendiri, sobat diharuskan mengunduh dan harus menginstallnya secara manual supaya dapat menggunakan antivirus ini.

Terkadang, pada saat sobat hendak menginstall aplikasi, seringkali akan  terdapat file yang menjadi terhapus karena ini dianggap virus. Intinya, seluruh file yang dianggap sebgaai virus, pasti langsung otomatis dihapus oleh Windows Defender.

Mungkin hal di atas ialah salah satu alasan kenapa sobat ingin menonaktifkan program Windows Defender ini. Selain itu, ketika sobat ingin menggunakan antivirus yang lain, maka sobat juga harus mematikan Windows Defender terlebih dahulu supaya antivirus lain dapat digunakan.

Perlu sobat ketahui, aplikasi Windows Defender ini tidak dapat dihapus hanya dapat di nonaktifkan saja. Dengan permanen atau sementara.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Mematikan Windows Defender hanya untuk sementara biasanya dilakukan ketika sobat hendak menginstall aplikasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Windows Defender akan secara otomatis menghapus file yang dianggapnya sebagai jenis virus. Yang pernah penulis alami, sebagian besar file aplikasi akan dianggap sebagai bentuk virus.

Baca Juga :  Cara Membuat Barcode & QR Code

Untuk menonaktifkan program Windows Defender, sobat tidak memerlukan aplikasi yang merupakan pihak ketiga. Windows sendiri telah menyediakan fitur untuk dapat mematikannya.

Berikut caranya:

  • Pertama, sobat buka aplikasi Windows Defender. Untuk cara lebih cepatnya, klik Start lalu kemudian ketikkan Windows Defender atau dengan Windows Security.
  • Jika sudah diketik, pilih Virus & threat protection.

  • Di bagian Virus & threat protection settings, silahkan sobat pilih Manage settings.

  • Untuk cara menonaktifkannya, silahkan sobat klik toggle Real-time protection hingga akan berubah menjadi Off.

  • Selesai.

Dengan cara yang seperti ini, sobat sudah berhasil mematikan program Windows Defender. Dalam contoh tersebut penulis menggunakan Windows 10. Untuk tampilannya memang akan sedikit berbeda dengan versi yang sebelumnya.

Cara Mematikan Windows Defender Permanen

Bagi sobat yang ingin menonaktifkan program Windows Defender dengan permanen, di bawah ini akan penulis paparkan beberapa cara yang dapat sobat ikuti dan gunakan, baik tanpa menggunakan aplikasi tambahan maupun dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Local Group Policy

Group Policy Editor adalah sebuah fitur dari Windows yang sering digunakan untuk dapat melihat, membuat, serta memodifikasi group policy, termasuk untuk mematikan Windows Defender yang dapat dilakukan dengan menggunakan fitur ini.

Berikut caranya:

  • Pertama, sobat tekan Windows +R untuk dapat membuka RUN, lalu ketikkan gpedit.msc

  • Silahkan sobat mengunjungi Computer Configuration lalu pilih Administrative Templates kemudian Windows Components dan pilih Windows Defender Antivirus dan selanjutnya sobat cari Turn off Windows Defender Antivirus.

  • Double klik secara langsung pada Turn off Windows Defender Antivirus lalu kemudian pilih bagian Enable. Jika telah selesai, klik Apply lalu sobat klik Ok pada bagian bawahnya.
  • Restart Windows sobat.
  • Jika suatu ketika sobat ingin mengaktifkannya kembali, maka caranya akan sama saja. Bedanya, sobat pilih Not Configured di bagian Turn of Windows Defender Antivirus.
Baca Juga :  GB WhatsApp Apk

Registry Editor

Registry adalah pusat database dari pengguna OS Windows. Hampir seluruh fitur dari OS tersebut ini terletak pada Registry, tak terkecuali juga program Windows Defender. Nah, apabila ingin mematikan Windows Defender, sobat dapat menggunakan fitur ini.

Berikut caranya:

  • Pertama, sobat tekan Windows +R untuk dapat membuka RUN, lalu ketikkan tulisan regedit

  • Silahkan pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender.
  • Klik opsi kanan yang merupakan folder Windows Defender > New > DWORD (32-bit) value.

  • Beri nama DisableAntiSpyware lalu sobat tekan Enter.
  • Double klik pada DWORD (DisableAntiSpyware )yang telah dibuat, lalu ubah value data dari sehingga menjadi lalu klik Ok.
  • Selesai.
  • Silahkan reboot perangkat sobat dan lihat, Windows Defender ini berhasil dinonaktifkan.

Defender Control

Defender Control adalah sebuah aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk menjadi tool mematikan Windows Defender. Caranya lebih ringkas serta sangat mudah dipraktikkan.

Berikut caranya:

  • Sebelumnya, silahkan sobat unduh aplikasinya pada Google
  • Jika sudah, silahkan sobat buka aplikasi tersebut.
  • Untuk mematikan program Windows Defender, silahkan sobat klik Disable Windows Defender.

  • Selesai.

Sekadar memberikan info, jika Windows Defender dalam keadaan yang hidup, biasanya akan warnanya akan hijau. Namun, pada saat Windows Defender mati, maka warnanya akan menjadi berubah merah.

Demikianlah pembahasan mengenai tentang Cara Mematikan Windows Defender. Semoga dapat memberikan manfaat dan dapat sobat praktikkan. Sekian artikel pada kesempatan ini sampai jumpa dilain kesempatan.

Baca Juga :