Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad

Posted on

Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad – Assalamualaikum wr.wb sobat dosenpintar.com Apa kabar hari ini ? Semoga selalu baik. Oh iya dalam kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel sobat yang akan membahas tentang Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad. Jika sobat penasaran atau keliru dalam penulisan pas banget untuk sobat menyimak artikel berikut dibawah ini.

Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad
Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad

Arti Sholawat

Sholawat  memiliki banyak makna, ditinjau dari mana sholawat itu berasal, yang dimaksud disini sholawat terbagi menjadi tiga, ada Sholawat yang berasal dari Allah SWT, Malaikat-Nya serta dari ummat kepada Nabi Muhammad SAW.

Adapun sholawat yang berasal dari Allah, itu merupakan Rahmat, yang berasal dari para Malaikat untuk memohon ampunan bagi Rasul SAW, sedangkan dari ummat kepada Nabi dimana seperti pendapat ‘ulama yakni ada yang mengatakan do’a untuk Nabi ada juga yang mengatakan bahwa sholawat tersebut bertujuan untuk kita memohon kepada Allah supaya Allah Subhanahu wa Ta’ala memuji Rasulullah Sholallahu ‘Alayhi Wassallam.

Sebenarnya, sholawat dari ummat untuk Nabi Saw. ini akan “berbalik” kepada orang yang akan melantunkan sholawat itu sendiri. Maksudnya, dengan berkah sholawat yang tersebut kita juga secara tidak langsung mendoakan kesejahteraan, ketentraman yang lainnya yang itu akan kita rasakan sendiri.

Karena seperti yang kita yakini bahwa dimana Rasulullah Sholallahu ‘alayhi wasallam ini memang sudah berhasil menjadi makhluk yang terpuji dan mulia di sisi Allah Subahanahu wa ta’ala.

Fadhilah Serta Faedah Sholawat

Selain  melakukan perintah untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SWT dalam Al-qur’an Surat 33, Al Ahzab ayat 56, imbalannya mendapat keutamaan atau fadhilah dari sholawat yang telah kita baca itu sendiri. Untuk lebih jelasnya kalian mari kita lihat hadist berikut ini

Baca Juga :  Kaifa Haluk Artinya

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.”
(HR. An Nasa’i).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah menegaskan bahawasannya beliau akan memberi syafaat kepada umatnya yang senantisa memperbanyak bersholawat kepadanya, sebagaimana tercantum di dalam hadist di bawah ini :

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku”
(HR. Tirmidzi).

Manfaat Shalawat

  • Rasulullah SAW bershalawat untuk mereka yang senantiasa bershalawat kepadanya.
  • Mereka yang selalu bershalawat akan mendapatkan 10 catatan amal kebaikan.
  • 7. Shalawat itu menutupi berbagai kesalahan dengan kekhilafan mereka.
  • Shalawat itu yang mengangkat derajat mereka di sisi Allah SWT.
  • Shalawat itu menjadi alasan yang bisa mencukupi kepentingan duniawi dengan ukhrawi mereka.
  • Shalawat itu menjadi sebab dalam pengampunan dosa yang mereka perbuat.
  • Mereka yang bershalawat mempunyai kesamaan “aktivitas” dengan Allah SWT, yaitu sama sama bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW meski shalawat Allah dengan shalawat umatnya dengan makna yang berbeda.
  • Mereka yang bershalawat juga ada kesamaan aktivitas dengan malaikat, yaitu dengan bershalawat untuk Nabi Muhammad SAW.
  • Allah SWT secara mutlak selalu bershalawat untuk umat Islam yang telah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Allah SWT membalas 10 kali lipat shalawat kepada mereka yang telah  bershalawat atas sekali pembacaan lafal shalawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Berikut ini adalah tulisan Arab dari ucapan Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad lengkap dengan tulisan latin serta artinya:

Tulisan Arab : الَّلهـُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِـناَ مُحَمَّـدٍ

Latin : “Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad”

Artinya : “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad”

Sebenarnya, bacaan sholawat tersebut adalah versi paling pendek dari sholawat yang sering dibaca oleh umat muslim. Ucapan sholawat sendiri banyak variasi, baik yang bersumber berdasarkan hadits Nabi, maupun rangkaian sholawat hasil kreasi (ijtihad) dari umat muslim sendiri.

Baca Juga :  Doa Sebelum Belajar

Bacaan sholawat di atas bisa dikatakan sholawat yang pendek apabila dibandingkan dengan sholawat-sholawat yang kerap dilantunkan oleh ummat muslim. Sholawat ini sendiri itu sangat bervariasi, karena ada yang telah tercantum di hadits Nabi, ada juga yang bersumber dari hasil ‘ijtihad para ‘ulama yang mereka seluruhnya adalah para pewaris Nabi Shalallahu alayhi wasallam.

Termasuk salah satu yang telah menjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama mengenai perihal penggunaan kata “Sayyidina” sebelum kata Muhammad dalam redaksi sholawat.

Selanjutnya, di bawah ini akan penulis uraikan sholawat-sholawat dengan versi yang lebih panjang jika dibanding dengan sholawat yang telah penulis jelaskan di atas.

Tulisan Arab Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Alihi Washahbihi Ajma’in

Tak kalah mashyurnya, sholawat yang berikut sering kali dilantunkan oleh mereka yang mencintai Rasul dan seluruh sahabatnya. Sholawat ini berbeda dengan yang sebelumnya, dalam kalimat sholawat yang satu ini terdapat kata “Ajma’in”.

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ

Latin : “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala Alihi Washohbihi Ajma’in”

Artinya : ” Ya Allah berikanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga beliau serta para sahabat beliau seluruhnya”.

Dengan kita telah melantunkan sholawat diatas, itu artinya kita berharap supaya Allah Subhanahu wa ta’ala melimpahkan berbagai limpahan rahmat-Nya kepada seluruh keluarga serta seluruh sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW.

Tulisan Arab Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad

Lebih lengkap jika dibanding dengan bacaan sholawat yang pertama serta sedikit ada perbedaan arti dengan kumpulan sholawat yang kedua serta ketiga, yang mana sholawat ini hanya akan di tujukan kepada Nabi Muhammad SAW serta keluarganya saja. Berikut ini merupakan tulisan arab, latin dan artinya :

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin : “Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad”

Artinya : “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga Nabi Muhammad”.

Baca Juga :  Kultum Singkat

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّم

Latin : “Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim”

Artinya : “Ya Allah berikan rahmat beserta keselamatan kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad Dan Keluarga Serta Para Sahabatnya”

Selain untuk memohon rahmat, kesejahteraan serta keselamatan kepada Baginda Nabi Saw, kita juga harus meminta / memohon hal yang samajuga  seperti yang kita tujukan kepada Nabi pada keluarga dan para sahabat-sahabat beliau yang terdahulu.

Adapun sohabat utama Rasulullah ketika sedang berdakawah atau memperjuangkan agama Allah Subhanahu wa ta’ala, yang terkenal yaitu empat shohabat yakni Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab dan Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu ‘Anhum.

Demikianlah artikel yang telah membahas tentang Tulisan Arab Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad. Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan dalam ilmu yang telah kita terima. Sekian artikel kali ini sampai jumpa dilain kesempatan Wassalamualaikum wr. wb.

Baca Juga :