Pengertian Produksi

Pengertian Produksi – Halo sobat semua, kali ini dosenpintar.com mau menjelaskan artikel tentang pengertian produksi beserta penjelasan lengkapnya. Oleh karena itu langsung aja yuk sobat simak artikelnya di bawah ini.

pengertian produksi

Pengertian Produksi Secara Umum

Pengertian produksi yaitu suatu kegiatan atau proses untuk menciptakan ataupun menambah nilai guna terhadap suatu barang atau jasa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau bagi para produsen.

Pengertian Produksi Menurut Ahli

Sedangkan menurut beberapa ahli produksi diartikan sebagai berikut.

  • Menurut Hadiprodjo dan Soedarmo

    Menurut beliau, produksi merupakan sebuah proses guna menciptakan atau menambah manfaat, bentuk, waktu dan tempat atas suatu barang atau jasa sehingga hasil produksi tersebut dapat lebih bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan manusia.

  • Menurut Ahyari

    Sedangkan menurut Ahyari produksi diartikan sebagai suatu cara, metode ataupun teknik dalam menambah  nilai guna bagi suatu barang dan jasa dengan memanfaatkan dan menggunakan faktor produksi yang ada.

  • Menurut Harsono

    Harsono mendifinisikan produksi sebagai sebuah usaha manusia yang membawa benda ke dalam suatu keadaan sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan manusia lainnya dengan lebih baik dan juga bermanfaat.

  • Menurut Magfuri

    Adapun menurutnya produksi merupakan proses dalam mengubah barang agar memiliki kegunaan untuk dapat membantu manusia dalam memenuhi kebutuhannya.

 

Tujuan Produksi Secara Umum

Adapun secara umum, tujuan dari produksi antaralain :

  • Produksi dilakukan untuk menghasilkan suatu produk, baik barang ataupun jasa.
  • Produksi dilakukan guna menjaga keberlangsungan hidup bagi manusia ataupun untuk suatu perusahaan.
  • Produkis dapat memberikan nilai tambah atau value terhadap suatu produk.
  • Dengan melakukan produksi, seseorang atau suatu perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang membawanya ke tingkat kemakmuran yang diinginkan.
  • Produksi dilakukan guna mengganti sebuah produk yang rusak ataupun kadaluarsa.
  • Produksi dilakukan guna memenuhi permintaan pasar.

 

Fungsi Produksi Secara Umum

Terdapat dua tujuan produksi secara umum, antaralain :

1. Menciptakan Nilai Guna

Fungsi produksi yang bertama yaitu untuk menciptakan nilai guna bagi suatu barang. Barang yang awalnya hanya berupa bahan baku tidak bernilai, diproses sehingga menjadi barang yang memiliki nilai guna.

2. Menambah Nilai Guna

Sedangkan fungsi yang kedua yaitu menambah nilai guna bagi suatu barang. Barang yang sudah mempunyai kegunaan tertentu diproses lagi hingga memiliki nilai guna tambahan ataupun berubah menjadi fungsi yang baru.

Jenis-Jenis Produksi

Terdapat beberapa jenis produksi, antaralain :

1. Produksi Agraris

Yaitu jenis produksi yang befokus pada sektor tanah dan juga memiliki tujuan agar bisa memanfaatkan tanah dan mengolah alam guna menghasilkan barang-barang bermanfaat seperti peternakan, pertanian, perikanan maupun perkebunan.

2. Produksi Industri

Merupakan jenis produksi yang memanfaatkan lapangan pekerjaan dan mengolah bahan-bahan mentah menjadi barang jadi yang bisa digunakan untuk beragam keperluan. Contoh dari produksi industri antaralain makanan, pakaian, semen dan jenis lainnya.

3. Produksi Ekstraktif

Sedangkan jenis produksi ekstaktif menggunakan kegiatan seperti menggali atau mengumpulkan semua barang-barang yang bisa digunakan yang bersumber dari alam. Contohnya yaitu seperti penangkapan ikan yang dilakukan di laut, ataupun kegiatan penambangan.

4. Produksi Perdagangan

Jenis produksi ini tentunya memiliki aktifitas di bidang pemindahan hak milik dari produsen kepada konsumen. Contohnya dapat dilihat pada kehidupan sehari hari, seperti aktifitas jual beli yang dilakukan oleh beragam perantara sepeti dealer, pedagang kecil.

5. Produksi Jasa

Sedangkan jenis produksi jasa tidak memberikan suatu barang jadi, melainkan memberikan berupa aktifitas pelayanan terhadap berbagai kebutuhan masyarakat.

6. Produksi Pengangkutan

Adapun jenis produksi ini menggunakan aktifitas agar bisa mempercepat dan memperpendek jarak antara pembeli atau konsumen dan pedagang.

Faktor-Faktor Produksi

Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi proses produksi, antaralain :

Faktor Produksi Alam

Faktor ini merupakan faktor utama dalam proses produksi, sebab semua kekayaan yang terdapat di alam semesta ini digunakan dalam suatu proses produksi. Faktor produksi alam sendiri meliputi tanah, air, udara, sinar matahari, serta barang tambang.

Faktor Produksi Tenaga Kerja

Selanjutnya faktor tenaga kerja, faktor produksi ini baik secara langsung ataupun tidak langsung dapat menjalankan kegiatan atau aktivitas produksi. Meskipun mesin lebih sering digunakan dalam proses produksi, walaupun begitu tenaga manusia masih tetap digunakan demi tercapainya kegiatan produksi.

Faktor Produksi Modal

Modal menjadi faktor penting sekaligus sebagai penunjang untuk mendanai serta mempercepat kegiatan atau proses produksi.

Faktor Produksi Keahlian

Yang terakhir adalah faktor keahlian, yaitu suatu keahlian atau keterampilan (skill) yang ada di dalam individu untuk dapat berkonstribusi dalam mengelola faktor produksi untuk dapat menghasilkan barang serta jasa.

 

Itulah artikel mengenai Pengertian Produksi : Tujuan, Fungsi, Jenis, Proses. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat semua. Terus kunjungi dosenpintar.com untuk artikel-artikel edukasi lainnya.

 

(Visited 36 times, 1 visits today)
Baca Juga :  Pengertian Produk