Metamorfosis

Posted on

Metamorfosis Adalah – Pada kesempatan ini dosepintar.com akan kembali membagikan sebuah artikel mengenai tentang Metamorfosis dan pada pembahasan ini tentu akan penulis berikan uraian secara mendetail sebagai referensi bacaan bagi sobat sekalian, dan pada artikel metamorfosis ini akan membahas beberapa poin yang penting yaitu Pengertian Metamorfosis, Jenis – Jenis Metamorfosis, Penjelasan Metamorfosis, dan Contoh Metamorfosis, untuk itu mari simak artikel ini hingga bagian akhir.

Metamorfosis Adalah
Metamorfosis Adalah

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis merupakan sebuah struktur perubahan dari pertama hingga akhir dari sebuah hewan, bisa disebut sebuah proses perubahan dari kecil hingga proses pendewasaan dengan melalui proses tertentu.

Jenis – Jenis Metamorfosis

Adapun jenis dari metamprfosis ini terbagi menjadi dua, penulis akan membagikan uraian mendetainya hanya untuk sobat, berikut ini.

  1. Metamorfosis Sempurna

Metamorphosis sempurna adalah sebuah perkembangan hewan yang dimulai dari adanya tahap telur – larva – pupa -imago. Metamorfosis dengan jenis ini juga mendapat sebutan lain yaitu dengan sebutan holometabola. Hewan yang tergolong memiliki dan mempunyai metamorfosis sempurna  harus melewati 4 fase.

Untuk dapat mengetahui hewan memiliki metamorfosis yang sempurna, dapat kita lihat melalui dari fase kepompong atau juga pupa. Hewan yang memiliki metamorfosis yang sempurna, melalui sebuah fase pupa atau disebut kepompong. Sedangkan untuk bentuk pupa atau juga kepompong dengan bentuk imago berbeda.

Begitu juga bentuk dari berbagai fase. Setiap dari fase juga memiliki habitat dan juga cara hidup yang berbeda pula. Terkadang mereka memiliki cairan atau sel yang sangat beracun dan juga berbahaya.

  1. Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna merupakan sebuah fase dari perkembangan hewan atau juga makhluk hidup yang lainnya hampir tidak mengalami berbagai perubahan bentuk apa pun dalam setiap fase. Pada proses metamorphosis yang tidak sempurna, umumnya hanya akan mengalami 3 fase.

Baca Juga :  Metamorfosis Belalang

Hewan yang termasuk golongan ke dalam metamorfosis yang tidak sempurna memiliki beberapa karakter. Karakter yang akan sangat mencolok adalah tidak melalui adanya fase pupa atau yang umum disebut kepompong. Lalu dari perbedaan bentuk pada proses fase nimpha dan juga fase imago hanya terletak pada beda ukuran dan beda kematangan dari berbagai fungsi organ, seperti dari organ reproduksi. Ada juga beberapa jenis dari hewan yang akan mengalami fase molting.

 

Penjelasan Metamorfosis

Beberapa urutan dari proses metamorfosis beserta penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Telur

    Telur adalah prose fase pertama di dalam struktur metamorfosis. Telur memiliki bentuk yang bulat utuh dan juga oval, di dalam telur terdapat cairan yang merupakan bakal calon individu. Cairan ini dilindungi dengan sebuah cangkang keras dan juga selalu dapat dijaga ketat oleh induknya.

  2. Larva

    Larva merupakan seekor hewan yang baru menetas dari cangkang telur. Fase ini umumnya merupakan salah satu jenis mollusca atau disebut hewan lunak. Larva juga memiliki anatomi yang tidak atau belum lengkap dengan susunan struktur tubuh yang cukup sederhana.

  3. Pupa atau kepompong

    Pupa merupakan sebuah larva yang telah mengalami pengerasan. Fase ini adalah proses fase transisi yang dimana hewan akan mendapatkan dari bentuk tubuh yang sempurna. Serangga akan dapat mengalami berbagai masa seperti tidur di dalam kurun waktu dengan cukup lama. Larva itu akan mengalami diferensiasi dari sel yang akan menuju untuk membentuk sebuah organ utuh.
    Hampir mirip dan sama seperti hibernasi yang tidak mempunyai makanan untuk dimakan maupun untuk melakukan aktivitas apa pun. Hanya saja pada sebuah fase Pupa yang dikenal dengan fase kepompong ini bertujuan untuk proses dimana makhluk hidup akan bermetamorfosa menjadi dewasa.

  4. Nimpha

    Nimpha merupakan makhluk hidup dengan fisik  bentuk sempurna, namun masih memiliki ukuran tubuh yang kecil. Organ di dalam tubuh pun juga berukuran kecil dan belum memiliki fungsi yang sempurna. Pada hewan yang tertentu, setelahnya akan mengalami fase yang disebut masa molting atau imago.

  5. Molting

    Fase molting merupakan fase dimana proses pergantian dari kulit atau cangkang pada hewan tertentu yang mengalami metaforfosa. Setelah mereka mengalami fase dari molting, nimpha akan kembali berubah menjadi seekor makhluk hidup dewasa dengan mempunyai struktur tubuh sempurna. Pada fase ini bukan hanya dialami oleh fase nimpha, tetapi juga binatang yang cukup telah dewasa juga akan mengalami fase ini secara berulang kali.

  6. Imago

    Imago ialah makhluk hidup yang telah berkembang tumbuh menjadi dewasa. Fase ini merupakan fase yang akhir dari proses metamorfosis. Dalam fase ini seekor imago yang jantan maupun imago betina sudah dapat melakukan perkawinan dengan tujuan menghasilkan sebuah telur dan melakukan proses metamorfosis awal.

 

Contoh Metamorfosis

Berikut merupakan contoh metamorfosis yang terjadi pada hewan, antara lain.

metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
metamorfosis sempurna dan tidak sempurna
  • Metamorfosis Sempurna ( Nyamuk )

    Fase metamorposis pada nyamuk yaitu melalui fase dari telur, larva, pupa lalu menjadi imago. Larva dari telur disebut dengan sebutan jentik – jentik dan tidak memiliki unsur berbahaya sedikitpun. Dikatakan metamorposis sempurna karena nyamuk mengalami proses pupa atau disebut kepompong. Tetapi ketika nyamuk menjadi dewasa, sangat berbahaya karena dari nyamuk dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti contohnya demam berdarah dan juga malaria.

  • Metamorfosis Tidak Sempurna (Kecoa)

    Fase metamorphosis yang dilalui oleh hewan yaitu kecoak meliputi fase telur – nimpha – lalu imago. Dan pada fase nimpha, kecoak ini akan mengalami perkembangan yaitu pengerasan tubuh pada tubuh mereka untuk membentuk kulit yang lebih keras. Dikatakan metamorfosis tidak lengkap karena tidak mengalami fase pupa atau kepompong.

Demikianlah artikel yang penulis bagikan pada kesempatan ini dengan judul Metamorfosis, sama seperti sebelumnya harapan penulis semoga artikel ini membawa manfaat yang baik untuk kita semua dan semoga kita dapat menambah wawasan terbaru lagi dengan kembali membaca, sekian dulu sobat sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya.

Baca Juga :