Komponen Utama CPU

Posted on

Komponen Utama CPU – Halo sobat dosenpintar.com dalam kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel yang kali ini akan membahas berbagai komonen utama dalam perangkat CPU. Untuk pembahasan lengkapnya bisa sobat simak dibawah ini.

Pengertian Central Processing Unit (CPU)

Komponen Utama CPU
Komponen Utama CPU

Central Processing Unit (CPU) adalah suatu perangkat keras komputer yang akan melaksanakan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Istilah lainnya prosesor (processor), untuk merujuk ke perangkat CPU. Mikroprosesor merupakan CPU yang telah diproduksi dalam sirkuit yang terpadu. Sejak dari pertengahan 1970-an, satu mikroprosesor sirkuit terpadu ini telah umum digunakan serta menjadi aspek penting untuk pelaksanaan CPU.

Komponen CPU

Berikut ini terdapat berbagai komponen cpu, antara lain:

Unit Kontrol

Unit kontrol adalah bagian yang mengatur jalannya program. Komponen ini tentu terdapat di seluruh CPU. CPU bertugas untuk mengontrol komputer sehingga akan terjadi sinkronisasi yang terjadi antara komponen yang bekerja dalam menjalankan suatu fungsi operasi. termasuk bentuk tanggung jawab unit kontrol adalah dengan mengambil perintah, instruksi serta memori utama untuk menentukanberbagai  jenis instruksi.

Apabila instruksi dari aritmatika atau dengan perbandingan logika, unit kontrol akan segera mengirim instruksi ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa dengan unit kendali menuju memori utama untuk segera disimpan, dan waktu akan segera disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas unit yang di kendalikan ini adalah:

  1. Mengatur serta mengontrol alat input (masukan) serta juga output (keluaran).
  2. Mengambil instruksi atas memori utama.
  3. Mengambil data yang ada di memori utama (apabila dibutuhkan) untuk kemudian diproses.
  4. Mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika serta perbandingan logika, lalumengawasi kerja dari sistem ALU.
  5. Menyimpan hasil proses ke dalam memori utama.
Baca Juga :  Pengertian Data

Register

Register merupakan sebuah perangkat penyimpanan kecil yang mempunyai akses dalam kecepatan yang cukup tinggi, yang akan digunakan untuk menyimpan data serta instruksi yang akan diproses. Memori ini memiliki sifat sementara, biasanya akan digunakan untuk menyimpan data kemudian diolah untuk diproses lebih lanjut lagi.

Dengan sistem analogi, register ini bisa diumpamakan dengan memori dalam otak pada saat sobat melakukan pengolahan secara manual, sehingga otak bisa diibaratkan sebagai perangkat CPU, yang berisi berbagai kenangan, unit kontrol yang mengatur seluruh aktivitas tubuh serta memiliki tempat untuk dapat melakukan perhitungan serta perbandingan logika juga.

Unit ALU

Unit ALU memiliki fungsi sebagai sistem yang menjalankan operasi aritmetika serta operasi logika yang berdasar dari instruksi yang telah ditentukan. ALU sering disebut dengan bahasa mesin yang dikarenakan dalam bagian ini ALU terbagi menjadi dua bagian, arithmetika satuan serta kumpulan boolean unit logika, yang masing-masing dilengkapi spesifikasi pekerjaan sendiri.

Tugas utama dari sistem ALU adalah melakukan seluruh perhitungan aritmatika yang terjadi berdasarkan perintah program. ALU melakukan operasi aritmatika dasar penjumlahan sehingga membentuk sirkuit elektronik yang akan digunakan disebut dengan adder.

Tugas lain dari ALU ialah untuk menentukan keputusan operasi logika sesuai perintah program. Operasi logika yang meliputi perbandingan dua operand dengan cara menggunakan operator logika yang tertentu, seperti sama dengan (=) kemudian tidak sama dengan (¹), atau penggunaan kurang dari (<), penggunaan kurang dari atau sama dengan (£), ada juga lebih besar dari (>), serta lebih besar atau sama dengan (³).

CPU Interconnections

Adalah sebuah sistem koneksi serta bus yang akan menghubungkan komponen internal dari CPU, yaitu ALU, unit kontrol serta berbagai register-register dengan bus-bus eksternal CPU yang akan menghubungkan dengan system yang lainnya. Seperti dari memori utama, piranti masukkan serta keluaran.

Baca Juga :  Gambar Vektor : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan

Bagian-Bagian CPU

Berikut ini beberapa bagian-bagian dari perangkat cpu, terdiri atas:

Casing

Casing adalah hardware bagian paling luar dari perangkat komputer yang sering disebut CPU, fungsinya sebagai penutup serta tempat dudukan komponen lain yang di sertai sebagai pelindung komponen-komponen yang didalamnya dari kotoran serta debu.

Processor

Processor adalah otak dan induk dari seluruh pemrosesan komputer.

Motherboard

Motherboard merupakan suatu papan sirkuit yang mempunyai fungsi sebagai tempat dari dudukan komponen elektronik atau dari komponen kompter lainnya yang telah saling terhubung. Fungsi utama motherboard adalah untuk menghubungkan setiap komponen supaya bisa saling berkomunikasi serta bertukar data satu dengan yang lain.

RAM

RAM (Random Access Memory) adalah suatu memori utama komputer yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan data yang berhasil diproses oleh perangkat processor sebelum dilanjutkan pada bagian lain yang saling membutuhkan, oleh karena itu RAM disebut memori penyimpanan sementara.

Harddisk

Harddisk memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan konvensional yang umum akan digunakan. Umumnya harddisk pada saat ini mempunyai kapasitas penyimpanan yang benar sangat besar mulai dari ratusan GB lalu TB. Contoh data yang telah disimpan dalam harddisk adalah file musik, video, gambar, berbagai aplikasi dan sistem operasi.

VGA Card

VGA (Video Graphic Editor) Card adalah salah satu komponen yang berfungsi dalam mengolah data grafis untuk dapat ditampilkannya ke monitor. VGA Card adalah salah satu komponen yang paling penting saat akan menjalankan aplikasi dengan menampilkan grafis dalam monitor seperti game, foto dan video.

Sound Card

Sound Card memiliki fungsi dalam mengolah data keluaran audio atau suara dari untuk perangkat keras yang terkait seperti perangkat speaker dan mic.

Baca Juga :  Pengertian BIOS

Optical Disk Drive

Optical Disk Drive dengan sebutan lain CD/DVD Room merupakan komponen yang mempunyai fungsi untuk membaca serta menulis dalam piringan CD/DVD.

Power Supply

Power Supply berfungsi untuk dapat meneruskan serta mengalirkan listrik ke setiap komponen dari komputer supaya dapat beroperasi dengan baik.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Komponen Utama CPU. Beberapa bagian diatas dapat sobat pahami serta semoga dapat memberikan manfaat baik untuk sobat semua.

Baca Juga :