Arti Tabarakallah

Posted on

Arti Tabarakallah dan Jawabannya – Saat ini kita meihat banyak sekali artis artis yang kemudian hijrah di media sosial seperti Instagram, fenomena hijrah ini semakin banyak selebriti yang mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih Islami. Sering juga kita melihat beberapa teman mengungah kalimat di media sosialnya dengan kata kata “Masha Allah Tabarakallah” . 

Arti Tabarakallah
Arti Tabarakallah

Dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan umat Islam,ucapan doa atau sejenisnya bukanlah hal yang asing, seperti yang sering diucapkan oleh banyak orang.

Contoh:

“Bismillah semoga Abi dan Umi bisa selalu mendampingi dan bimbing kalian agar selamat dan berbahagia di dunia dan akhirat. Amin ya rabbal alamin. #MashaallahTabarakallah,” tulis pengguna pada salah satu fotonya yang diunggah di Instagram.

Jadi, pada kesempatan yang membahagiakan ini, dosenpintar.com akan membahas atau menjelaskan arti dan makna tabarakallahu serta penjelasan tentang makna Masya Allah tabarakallah, bagaimana cara menjawab atau balasannya dan hadist yang menganjurkan untuk kita mengucapkan kaliat Masya Allah Tabarakallahu.

Arti Tabarakallah (تبارك الله)

Arti dari Tabarakallah (تبارك الله) yang adalah “Semoga Allah memberkahimu”. Ada juga yang menafsirkan kata Tabarakallah dengan “Berkat Allah segala sesuatau hal dapat terjadi”. Ucapan kalimat tabarakallah ini sendiri biasanya akan dikaitkan dengan kata Masha Allah, yang menjadi Masha Allah Allah Tabarakallah.

Arti Masha Allah Tabarakallah?

Arti Allah Tabarakallah ( ماسيا الله تبارك الله): Inilah yang Tuhan inginkan atau kehendaki , semoga Allah memberkahimu. Ada juga yang menafsirkan kata-kata Tabarakallah dengan “berkat Allah semua terjadi”.

Menurut Tafsir Al Quranul Karim Surat Al Kahf, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin mengatakan bahwa Masha Allah memiliki dua makna. Arti pertama dari Masha Allah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah “. Sedangkan arti kedua dari Masha Allah adalah” apa yang allah kehendaki, maka itu yang akan terjadi “.

Baca Juga :  Kaifa Haluk Artinya

Dengan mengatakan pesan Allah tabarakallah, itu berarti bahwa kita sellalu diingatkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di bumi ini atas kehendak Allah Subhanahu wa ta’ala.

Selain itu, masya Allah tabarakallah yang kita katakan dapat mencegah munculnya “penyakit Ain. Mungkin sebagian dari kita sudah tahu tentang “penyakit Ain.”

Penyakit Ain Adalah

Merupakan penyakit hati yang dapat menyerang siapa saja, di mana penyakit ini disebabkan oleh pandangan seseorang yang disertai dengan rasa takut, kekaguman atau bahkan disertai dengan kecemburuan, kebencian dan iri hati kepada orang tersebut.

Menambahkan ungkapan Tabarakallah berarti berdoa untuk sesuatu yang kita anggap lebih sebagai berkah. Kata-kata Masha Allah Tabarakallah yang ditulis orang baik di media sosial adalah doa agar apa yang ditampilkan menjadi lebih berkah sambil mengungkapkan kekaguman akan kekuasaan Allah SWT.

Jawaban atau Balasan Tabarakallah

Mengenai Jawaban atau balasan terhadap kata-kata Tabarakallah, nyatanya tidak ada tanggapan khusus terhadap pernyataan ini. Tetapi alangkah baiknya, ketika kita datang untuk mengatakan Tabarakallah, kita membalasnya kembali dengan berdoa untuk orang itu, karena seperti yang dijelaskan di atas, pernyataan tabarakallah ini adalah doa yang sangat luar biasa.

Adapun seperti contoh yang pernah ‘Aisyah RA’ ucapkan kepada seseorang ketika mendapat ucapan Tabarakallah beliau menjawab ucapan Barakallah. yakni seperti berikut :

Wafiika barakallah berarti “semoga Allah memberkatimu juga” (untuk pria)

Wa fiiki barakallah berarti “semoga Allah memberkatimu juga” (untuk wanita)

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Tabarakallah, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga sesuai dengan apa yang kalian cari serta menjadi referensi kalian dalam memahami pengertian kalimat tersebut, jangan lupa baca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya.

Baca Juga :  Belajar Huruf Hijaiyah

Baca Juga :