Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Posted on

Yaa Mujibas Saailiin Artinya – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, Bagimana kabarnya sobat sekalian kali ini kita kembali lagi akan membahas mengenai arti dari doa, pastinya kalian pernah mendengar kalimat atau ucapan Yaa Mujibas Saailiin,bagi anda belum mengetahui apa maksud atau penggunaan kalimat tersebut. Anda tidak perlu bingung tentang arti dan makna kalimat. Karena pada kesempatan ini, dosenpintar.com akan membahas makna dan istilah dalam bahasa Arab yang umum atau umum digunakan secara lengkap dan mudah dipahami, oke langsung saja kita bahas dibawah ini.

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin
Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin

Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin (آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ)

Merupakan sebuah ungkapan atau doa dalam bahasa Arab yang memiliki arti ‘ Ya Allah Wahai Yang Maha Mengabulkan  Permintaan orang-orang yang meminta/memohon/berdoa atau ‘Kabulkanlah doa kami, Wahai Tuhan yang menunaikan permintaan orang-orang yang meminta’.

Jika kita uraikan dari kalimat diatas dari sisi liguistik adalah sebagai berikut :

Kata Aamiin (Bahasa Arab: امين) yang berarti adalah = kabulkanlah
Kata Yaa (Bahasa Arab يا) yang berarti adalah = Wahai
Kata Mujibasailiin (Bahasa Arab; مجيبالسائلين “Artinya = Yang Maha Mengabulkan/Menjawab
Kata Saailin: memiliki makna = orang yang meminta atau berdoa.

Kalimat Aamiin Ya Mujibassailin memiliki makna yang sangat luar biasa. Jika sebelumnya kita sudah mengetahui arti kalimat itu. Selanjutnya kita akan membahas makna dari kalimat tersebut.

Arti Aamiin Ya Mujibassailin (آمينَ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينَ)

Jika kita berbicara tentang kalimat ini, berarti kita berbicara tentang “Kesadaran”. Kesadaran seperti apa dan jenis apa? Untuk menjawabnya, kita harus menguraikan kalimat tersebut satu per satu.

Artinya “Aamiin Yaa Mujibas Saailiin” Adalah “Kabulkanlah doa-doa kami, Wahai Allah SWT, Yang Maha Mengabulkan (orang-orang yang berdoa)” atau “Terimalah doa-doa kami, Ya Allah Ya Tuhan Kami yang mengabulkan semua permintaan orang yang meminta . ”

Baca Juga :  Arti Biidznillah

Makna dari kata Aaminn yang berarti mengabulkan atau menerimanya, di sinilah kata Sadar dan berserah diri sebagai seorang hamba.

Yaitu untuk berserah diri tetapi tidak menyerah. Karena berbicara dari konteks “Menerima” kepada Allah SWT berarti bahwa kita telah ‘memberi atau melakukan sesuatu’, yang kita maksudkan adalah tidak menghamba dengan buta atau tidak melakukan apa-apa. Ini adalah perwujudan dari Kesadaran kita sebagai seorang hamba.

Berikutnya adalah Ya Mujibassailin. Yang berarti “Ya Allah Yang Maha mengabulkan orang – orang yang meminta”. meminta atau Memohon dengan permintaan/permohonan yang bijak, memohon setelah melakukan.

Bukan untuk meminta tetapi tidak melakukan apa pun atau tidak berikhtiar kemudian selayaknya hamba yang sedang memohon kemudian dikabulkan.
Dari kesimpulan diatas bisa diambil sebuah makna yaitu kesadaran untuk tetap berdoa kepada Allah SWT sembari berikhtiar semoga doa atau keinginan kita dikabulkan Amiin.

Jadi demikianlah uraian materi mengenai Arti Aamiin Yaa Mujibas Saailiin  , semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menjadi referensi untuk para pembaca dalam memahami pengertian serta makna dari kalimat tersebut dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan nantikan artikel berikutnya yang pastinya lebih menarik.

Baca Juga :