√Pengertian Fisika dan Hubungan Ilmu Fisika Dengan Ilmu Lain

Posted on
  1. Pengertian fisika

Fisika berasal dari bahasa yunani yang berarti alam. Fisika ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda dialam. Gejala-gejala ini pada mulanya ialah apa yang dialami oleh indra kita. Misalnya ialah pengelihatan menemukan optik atau cahaya, pendenganran menemukan pelajaran tentang bunyi, dan indra peraba y ang dapat merasakan panas.

√Pengertian Fisika  dan Hubungan Ilmu Fisika Dengan Ilmu Lain

Mengapa kalian perlu mempelajari fisika? Fisika ialah menjadi ilmu pengetahuan yang mendasar, kerana berhubungan dengan perilaku dan struktur benda, khususnya benda mati. Menurut sejarah, fisika ialah bidan ilmu yang tertua, karena dimulai dengan pengamatan pengamatan dari gerakan benda-benda langit. Bagaimana lintasanya, usianya, periodenya dan yang lainnya. Bidang ilmu ini telah dimulai berabad-abad yang lalu.

Pada zaman modern seperti ini, ilmu fisika sangat mendukung perkembangan teknologi, komunikasi, indurstri termasuk tekayasaan, biologi, kimia, kedokteran dan yang lainnya. Ilmu fisika dapat menjawab pertanyaan mengenai fenomena yang menarik. Mengapa bumi dapat mengelilingi matahari? Bagaimana udara dapat menahan pesawat terbang yang berat? Mengapa langit tampak berwarna biru: dan akhirnya pesawat dapat mendarat dibulan? Ini semua dipelajari dalam berbagai bidan ilmu fisika?

  1. Hubungan ilmu fisika dengan ilmu pengetahuan lain

Tujuan mempelajari ilmu fisika ialah agar kita bisa mengetahui bagian-bagian dasar dari benda dan mengerti interaksi antara benda-benda, juga mampu menjelaskan mengenai fenomena-fenomena alam yang terjadi. Meskipun fisika terbagi atas beberapa bidang, hukum fusika berlaku universal. Tunjauan suatu fenomena dari bidang fisika tertentu akan memperoleh hasil yang sama apabila ditinjau dari bidang fisika lain.  Selain itu konsep dasar fisika tidak saja mendukung perkembangan fisika sendiri, akan tetapi juga perkembangan ilmu lain dan teknologi. Ilmu fisika menunjang riset murni maupun terapan.

Baca Juga :  √Contoh Satuan Tidak Standar : Konversi dan Besaran Turunan

Ilmu fisika menunjang riset murni maupun terapan. Ahli-ahli gravimerti, listrik, akustik dan juga mekanika. Peralatan modern durumah-sakit menerapkan ilmu fiska . ahli-ahli astronomi memerlukan optik spektografi dan teknik radio. Demikian juga ahli-ahli meteologi, sismologi dan oseanologi juga memerlukan ilmu fisika.

  1. Pengukuran

Fisika dan berkembang dari hasil percobaan dan pengamatan. Percobaan dan pengamatan memerlukan pengukuran dengan bantuan alat-alat ukur, sehingga diperoleh data pengamatan yang bersifat kuantitatif. Sebagai contoh ialah hasil pengukuran pada suatu percobaan diperoleh panjang terukur 5 meter, volume air 10 cm3 pada suhu 150C. dalam fisika, panjang, volume, dan juga suhu ialah sesuatu yang dapt diukur. Sesuatu yang dapat diukur tersebut disebut besaran.

Besaran mempunyai dua komponen utama, diantaranya yaitu nilai dan satuan. Dalam ilmu fisika, perlu diingat bahwa tidak semua besaran fisika memiliki satuan,sebagai contoh indeks bias dan massa jenis relatif.

demikian artikel dari dosenpintar.com mengenai √Pengertian Fisika dan Hubungan Ilmu Fisika Dengan Ilmu Lain, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.