Ukuran Poster

Posted on

Ukuran Poster – Halo sobat dosenpintar.com di kesempatan ini penulis akan berbagi sebuah artikel yang kali ini akan membahas tentang Ukuran Poster. Bagaimana pembahasan dan uraian terlengkapnya ? Tentunya bisa dipahami dengan sobat simak artikel berikut dibawah ini.

Ukuran Poster Standar

Ukuran Poster Lengkap
Ukuran Poster Lengkap

Ukuran poster ketentuannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yang diinginkan. Misalnya bertujuan untuk promosi (iklan), atau untuk suatu kebutuhan pameran. Tidak heran jika ada poster kecil (seperti ukuran B5) sampai yang besar.

Namun, jika berbicara tentang standar ukuran tentu ini tetap ada. Dari satuan ISO (standar internasional) serta standar poster yang umum digunakan di negara Eropa.

Poster A00

Ukuran poster ‘raksasa’ berukuran panjangnmencapai 118.9 cm x 168.2 cm, yang jika direntangkan sudah dapat setara dengan tinggi orang dewasa. Poster A00 ini yang umumnya digunakan untuk kebutuhan promosi film atau dengan produk-produk terkenal.

Poster A0

Poster A0 mempunyai lebar serta panjang yang lebih kecil dari penggunaan poster A00. Ukuran poster ini yang bisanya digunakan untuk kebutuhan pameran lukisan, gambar atau kaligrafi dengan suatu gaya potrait. Untuk banyak penggunaan, lebih bervariasi. Misalnya dijadikan untuk promosi.

Poster A1

Poster ini dengan lebarnya 59.4 cm, dan dengan panjangnya yang mencapai 84.1 cm. Kegunaan umum untuk berbagai promosi acara atau event yang akan segera diadakan di sebuah tempat. Bukan itu saja, ukuran ini banyak digunakan untuk poster-poster yang berjenis penyampaian pesan di tempat-tempat umum.

Poster A2

Poster ini mempunyai panjang serta lebar setengah tinggi orang dewasa. Dari  42 cm x 59.4 cm. Jenis poster ini digunakan di sekolah, untuk keperluan pesan dari pengingat, maupun untuk kebutuhan umum dalam memamerkan gambar.

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa Ke Rekening Bank

Poster A3

Poster A3 panjang serta lebarnya 29.7 cm x 42 cm. Jenis poster ini sangat umum digunakan untuk dijadikan kertas sebagai tempat menggambar. Selain itu, untuk kemudian melukis dengan ukuran poster A3 telah terbilang cocok.

Poster A4

Poster A4 dengan lebarnya 21 cm dan ada juga yang lebarnya 29.7 cm. Setara dengan ukuran kertas skripsi serta yang paling kecil dari jenis poster lainnya. Tidak heran, jika ukuran jenis ini jarang untuk digunakan, kecuali tempat-tempat tertentu dengan luas rata-rata tidak besar.

Ukuran Kertas Poster Standar Eropa

Ukuran poster tadi dengan berdasarkan standar ISO (internasional). Dibagi empat jenis:

  • Poster besar
  • Poster sedang
  • Poster kecil
  • Dan jenis poster A4

Besar

Poster besar, di dalam bahasa Inggris disebut dengan Large Poster atau Architectural D Size. Ukuran poster ini sering dipakai untuk berbagai acara-acara outdoor, dan sebagian ada yang dengan untuk dipasang di Mal.

Meskipun disebut ‘besar’, namun ukurannya masih kurang pas untuk dijadikan sebagai iklan poster film. Karena dengan gambar yang ditampilkan akan menjadi kurang jelas, begitu juga dengan sebuah rincian pesan posternya.

Sedang

Nama lainnya ialah Architectural C Size. Desain poster ini dibuat minimalis, untuk memaksimalkan desain yang akan dicetak, karena memang ukurannya yang tidak besar serta tidak kecil.

Poster jenis in di taruh di tempat umum, seperti yang diletakkan dinding kantor, rumah sakit, kampus, dan lain sebagainya.

Kecil

Poster ini juga biasa disebut dengan Ladget, Tabloid atau ANSI B. Poster ini ialah standar Eropa yang paling kecil, karena itulah dengan penempatannya tidak dapat di sembarang tempat,

Ukuran poster 28x43cm yang disebut juga Ladger, Tabloid atau ANSI B. kedua bentuk ukuran tersebut memang yang dinilai paling terkecil. penempatannya harus benar-benar sangat tepat, misalnya berada pada ditempat yang biasanya tidak jauh dari berbagai pandangan.

Baca Juga :  Contoh Daftar isi

Seperti tempat lewat dengan pejalan kaki yang diantaranya ada di dinding. contohnya lorong, tempat menunggu dan lain sebagainya.

Ukuran Poster Di Photoshop

Standarnya dapat digunakan dnegan daftar ukuran dari tabel berikut (300 DPI):

Jenis Ukuran Lebar  Panjang 
A00  14043  19866
A0  9930 14040
A1  7020  9930
A2  4960 7020
A3  3510  4960
A4  2480  3510
Besar  7205  10748
Sedang  5433  7205
Kecil  3307  5079

Demikianlah artikel dengan pembahasan tentang Ukuran Poster. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Baca Juga :